Perpustakaan Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Perpustakaan.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Perpustakaan? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Perpustakaan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Peranan dan Jenis Terlengkap


Pengertian Perpustakaan

Perpustakaan merupakan salah satu tempat untuk dapat memperoleh dan mengembangkan informasi ataupun pengetahuan yang dikelola oleh lembaga pendidikan, dan juga menjadi sarana edukatif yang membantu memperlancar cakrawala pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Pustakawan ialah seorang yang bekerja di sebuah lembaga perpustakaan atau yang sejenis dan memiliki pendidikan perpustakaan secara formal.

Kepustakaan yaitu suatu bahan yang menjadi acuan dalam menghasilkan atau menyusun tulisan baik berupa artikel, karangan, buku, laporan, dan sejenisnya.

Ilmu Perpustakaan yakni salah satu bidang ilmu yang mempelajari dan mengkaji hal yang berkaitan dengan perpustakaan baik dari segi organisasi koleksi, penyebaran dan pelestarian ilmu pengetahuan teknologi dan budaya serta jasa- jasa lainnya kepada masyarakat, hal lain yang berkenaan dengan jasa perpustakaan dan peranan secara lebih luas.


Tujuan Perpustakaan

  • Bisa mendidik dirinya sendiri secara berkesinambungan
  • Bisa tanggap dalam kemajian pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik
  • Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang membangun supaya menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik.
  • Bisa mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan bisa memakai kemampuannya supaya dapat menghargai seni dan budaya manusia.
  • Untuk peningkatan taraf hidup sehari-hari dan lapangan pekerjaan.
  • Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina rasa saling pengertian antar bangsa
  • Bisa memanfaatkan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat untuk kehidupan pribadi dan sosial

Peranan Perpustakaan

  • Sebagai media antara pemakai dengan koleksi sebagai sumber informasi pengetahuan.
  • Sebagai forum pengembangan minat dan budaya membaca serata pembangkit kesadaran pentingnya belajar.
  • Sebagai biro perubahan, pembangunan dan kebudayaan manusia
  • Sebagai motivator, perantara dan fasilisator bagi penggunakan dalam mencari dan berbagi ilmu pengetahuan dan juga pengalaman.
  • Sebagai pengembang komunikasi antara penggguna dengan penyelenggara.

Fungsi Perpustakaan

  • Fungsi Penyimpanan yaitu perpustakaan dapat menyimpan koleksi namun tidak semua koleksi dapat dijangkau oleh perpustakaan.
  • Fungsi Perpustakaan ialah salah satu perpustakaan menyajikan banyak sekali informasi yang dibutuhkan masyarakat melalui buku, majalah dan yang lainnya.
  • Fungsi Pendidikan yakni sebuah perpustakaan merupakan tempat yang menyediakan sarana untuk belajar baik dilingkungan formal maupun non formal.
  • Fungsi Rekreasi merupakan semua perpustakaan berisikan berbagai sumber informasi hiburan seperti cerita rakyat, sejarah, puisi, dan lain-lain sehingga masyarakat dapat meningkatkan rekreasi kultural dengan membacanya.
  • Fungsi Kultural adalah suatu perpustakaan yang berfungsi untuk mendidik dan juga mengembangkan apresiasi budaya masyarakat dengan berbagai aktivitas, contoh misalnya pameran, seminar, pertunjukan dan lain-lainnya.

Tugas Perpustakaan Nasional

  • Mengumpulkan dan mengatur serta menyediakan karya tulisan yang diterbitkan di Indonesia
  • Sebagai pusat terbitan Indonesia, baik pemerintah maupun swasta
  • Menetapkan standar dari sistem, organisasi dan pelayanan, serta mutu koleksi perpustakaan di Indonesia
  • Mengadakan kursus tingkat nasional bagi pegawai perpustakaan
  • Memprakarsai kerjasama dengan lembaga luar negeri, dalam pertukaran publikasi, peminjaman antar perpustakaan
  • Menyusun & menerbitkan bibliografi nasional
  • Menyusun katalog induk

Jenis-Jenis Perpustakaan

1. Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan Nasioal berkedudukan di Jakarta yang memiliki jangkauan dan ruang lingkup secara Nasional dan merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen yang bertanggung jawab kepada Presiden.


2. Badan Perpustakaan Daerah

Badan perpustakaan daerah atau lembaga lain yang sejenis berkedudukan di setiap provinsi di Indonesia yang mengelola perpustakaan.


3. Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum ialah sebuah jenis perpustakaan yang menjadi lembaga pendidikan bagi masyarakat umum.


4. Perpustakaan Perguruan Tinggi

Perpustakaan yang berada di Perguruan Tinggi, baik berbentuk Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi, ataupun Institut.

Fungsi perpustakaan ini yaitu untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggiyang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


5. Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah berada di sekolah, dikelola sekolah, dan berfungsi sebagai sarana kegiatan belajar mengajar, penelitian sederhana, menyediakan bahan bacaan, dan tempat rekreasi.


6. Perpustakaan Khusus

Perpustakaan khusus berada pada lembaga pemerintahan dan swasta. Perpustakaan tersebut diadakan sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan instansi induknya.


7. Perpustakaan Lembaga Keagamaan

Perpustakaan ini dimiliki dan dikelola oleh lembaga keagamaan.


8. Perpustakaan Internasional

Perpustakaan Internasional Merupakan perpustakaan internasional yang memiliki koleksi yang menyangkut negara anggota atau negara yang berafiliasi pada lembaga dunia tersebut. Perpustakaan ini dikelola dan diselenggarakan lembaga internasional.


9. Perpustakaan Kantor Perwakilan Negara Asing

Perpustakaan ini dimiliki dan diselenggarakan oleh lembaga perwakilan Negara masing-masing.


10. Perpustakaan Pribadi atau Keluarga

Perpustakaan ini yang dimiliki dan dikelola oleh perorangan atau orang tertentu bersama anggota keluarganya.


11. Perpustakaan Digital

Perpustakaan digital yaitu salah satu jenis perpustakaan yang merupakan pengembangan dalam sistem pengelolaan dan layanan perpustakaan.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Perpustakaan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis & Peranannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :