√ 15 Pengertian Bakat Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 15 Pengertian Bakat Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Bakat.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bakat? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 15 Pengertian Bakat Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 15 Pengertian Bakat Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Bakat Menurut Para Ahli

 

1. Suganda Pubakawatja

Bakat yaitu sebuah benih yang berasal dari suatu sifat yang mana baru akan tampak nyata jika seseorang tersebut mendapat sebuah kesempatan dan kemungkinan untuk dapat mengembangkannya.

 

2. S.C Utami Munandar

Bakat yakni salah satu kemampuan bawaan dari seseorang yang mana sebagai potensi yang masih perlu untuk dikembangkan lebih lanjut dan dilatih agar dapat mencapai impian yang ingin diwujudkan.

 

3. M. Ngalim Purwanto

Bakat merupakan suatu kecakapan pembawaan, yang mana mengenai kesanggupan dan potensi tertentu yang dimiliki oleh seseorang.

 

4. William B. Michael

Bakat adalah berbagai kapasitas yang ada dalam diri seseorang yang mana dalam melakukan tugas serta melakukannya dipengaruhi oleh latihan yang sudah dijalaninya.

 

5. Kartini Kartono

Bakat ialah sesuatu hal yang mencakup segala faktor yang ada di dalam diri individu yang dimiliki sejak awal pertama kehidupannya dan kemudian menumbuhkan perkembangan keahlian, ketrampilan, dan kecakapan tertentu. Bakat ini sifatnya laten potensial, sehingga masi bisa tumbuh dan dikembangkan.

 

6. Crow dan Crow

Bakat yaitu semua kualitas yang dimiliki oleh setiap orang yang mana dalam tingkatan yang sangat beragam satu sama lainnya.

 

7. M. Ngalim Purwanto

Bakat yakni segala kecakapan pembawaan, yang mana mengenai kesanggupan dan potensi tertentu yang dimiliki oleh seseorang.

 

8. Woodworth dan Marquis

Bakat ialah sebuah prestasi yang mana dapat diramalkan serta diukur dengan melalui sebuah tes khusus. Oleh karena itu, bakat bisa dikategorikan sebagai sebuah kemampuan atau ability.

 

9. Sarwono

Bakat merupakan suatu kondisi yang ada di dalam diri seseorang yang mana memungkinkannya dengan latihan latihan khusus dalam mencapai pengetahuan, ketrampilan khusus, serta kecakapan.

 

10. Guidford

Bakat adalah segala hal yang memiliki corak yang berbeda, bakat merupakan kemampuan kinerja yang mana mencakup dimensi psikomotor, dimensi intelektual, serta dimensi perseptual.

 

11. Brigham

Bakat sebagai sesuatu yang menjadi titik berat yang sudah dimiliki setiap manusia yang sudah didapatkan dari latihan latihan tertentu dari peforma ataupun kinerjanya.

 

12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Bakat merupakan dasar “kepandaian, sifat dan pembawaan” yang dibawa sejak lahir.

 

13. Freeman

Bakat ialah segala sifat – sifat yang dapat memberi petunjuk akan adanya kemampuan yang dimiliki seseorang, yang dengan melalui latihan – latihan dapat direalisir menjadi kemampuan – kemampuan yang nyata, terutama dalam bidang – bidang khusus, misalnya dalam bidang bahasa, seni musik dan bidang teknik.

 

14. Conny Semiawan dkk.

Bakat yakni sebuah kemampuan bawaan yang merupakan potensi (potensial ability) yang masih perlu dikembangkan atau dilatih.

 

15. Notoatmodjo

Bakat yaitu salah satu kemampuan manusia (achievement, capacity, dan aptitude).

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 15 Pengertian Bakat Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :