Floem Adalah

Diposting pada

Floem : Pengertian, Fungsi, Unsur, Letak & Perbedaannya Lengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Floem.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Floem? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Floem : Pengertian, Fungsi, Unsur, Letak dan Perbedaan Terlengkap


Pengertian Floem

Floem merupakan sebuah jaringan pengangkut yang berfungsi mengantarkan hasil fotosintesis keseluruh bagian tumbuhan.

Floem biasanya disebut sebagai pembuluh tapis, karena ada sel sel tapis yang mirip dengan saringan. Pada batang tumbuhan dikotil, floem ada di sebelah luar dari xilem.


Unsur-Unsur Floem

1. Parenkim Floem

Parenkim floem ialah suatu jaringan pengangkut tapis, fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan karbohidrat, resin, tanin, lemak dan zat organik lainnya.


2. Sel Pengantar

Sel Pengantar yakni salah satu sel muda yang bersifat meristematis, bagian ini berfungsi sebagai pembawa hormon penyembuh luka dan penyalur fotosintat bagi sel-sel tapis.


3. Sel Albumin

Sel albumin merupakan sebuah sel jari empulur yang kaya akan zat putih telur. Sel ini merupakan sel mati yang berfungsi sebagai pelindung sel pengantar.


4. Serat-serat Floem

Serat floem adalah berbagai pembuat yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian floem primer dan floem sekunder.

Floem primer berada pada bagian organ tumbuhan yang masih mengalami pertumbuhan memanjang. Sedangkan floem sekunder berada dalam bagian sel-sel kambium.


5. Unsur-unsur Tapis

Unsur tapis memiliki ciri daerah yang tipis di bagian dinding dan intinya hilang dari protoplas. Daerah-daerah tapis ini merupakan noktah yang termodifikasi dengan tampak sebagai daerah cekung pada dinding nya yang berpori-pori.


Perbedaan Xilem dan Floem

  • Xilem terbuat dari sel mati. Sedangkan floem kebalikan dari xilem, yakni sel hidup.
  • Arah aliran jaringan Xilem keatas. Sedangkan pada jaringan floem, arah aliran ke atas ataupun kebawah.
  • Xilem berdinding sel tipis. Sedangkan pada jaringan floem, tebal.
  • Dinding sel xilem terbuat dari lignin. Sedangkan pada jaringan floem, dinding sel terbuat dari selulosa.
  • Fungsi dari jaringan xilem merupakan mengangkut unsur hara mineral atau air dari akar ke daun tumbuhan. Sedangkan pada jaringan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan tersebut.
  • Pada jaringan xilem tidak terdapat sitoplasma. Sedangkan pada jaringan floem terdapat sitoplasma.
  • Permeabilitas dinding sel jaringan xilem adalah impermeabel. Sedangkan pada jaringan floem adalah permeabel.

Fungsi Floem

  • Untuk menyimpan zat-zat tepung, lemak, dan zat organik lainnya.
  • Tempat akumulasi beberapa zat, misalnya tanin dan resin.

Letak Xilem dan Floem

Letak Xylem dan Floem yaitu pada akar dan batang Pada tumbuhan monokotil, berkas pengangkutnya tersebut kolateral tertutup yang akan ditutup oleh sklerenkin dan bersifat menyeluruh.

Dan pada mikroskop, akan kelihatan jika xilem itu bentuknya bulat besar, sementara floemnya itu yang kecil di sekeliling xilem.

Di dalam tumbuhan dikotil jelas terlihat perbedaannya antara floem dan juga xylem yang akan dipisahkan oleh kambium, serta berkas pengangkutnya kolateral terbuka dimana xilem tersebut ada di dalam kambium, dekat dengan empulur sementara floem ada di luar kambium.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Floem : Pengertian, Fungsi, Unsur, Letak dan Perbedaan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :