Tulang Belikat

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Tulang Belikat.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tulang Belikat? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Tulang Belikat : Pengertian, Fungsi, Struktur, Bagian dan Batas Terlengkap


Pengertian Tulang Belikat

Tulang belikat atau scapula, shoulder blade atau dalam bahasa Latin “omo” merupakan tulang yang menghubungkan tulang lengan dan tulang selangka.

Tulang belikat terletak di daerah bagian bahu atau bagian tubuh atas, tepatnya di belakang tulang rusuk atas. Tulang belikat manusia berbentuk pipih dan secara anatomi berbentuk seperti segitiga.

Tulang belikat ini menjadi penghubung antara tulang klavikula atau tulang belikat dengan tulang lengan atas atau tulang humerus.


Fungsi Tulang Belikat

  • Sebagai penghubung antara otot antendon pada bagian lengan dan punggung, yang memungkinkan adanya gerakan antara kedua bagian tersebut seperti saat sedang merenggangkan tubuh atau mengangkat tangan jauh ke atas hingga tulang pungung ikut terangkat ke atas.
  • Berperan dalam pergerakan organ gerak atas seperti tangan dan membantu melakukan pergerakan pada bagian tersebut serta di dalamnya terdapat otot sehingga memiliki permukaan yang kuat dan lentur.
  • Sebagai tempat melekatnya tenden yang ada di bagian leher, tendon yang ada di bagian dada, serta tempat melekatnya beberapa otot tubuh yang lain.
  • Berperan dalam pergerakan pada bagian bahu dan tempatnya otot menempel sehingga tulang belikat bisa memiliki permukaan yang solid.

Bagian-Bagian Tulang Belikat

1. Permukaan Anterior

Permukaan anterior atau disebut juga fossa subs-kapularis merupakan permukaan tulang belikat yang letaknya paling dekat dengan iga dan juga sebagai tempat melekatnya otot subscapiluralis.


2. Permukaan Posterior

Permukaan posterior terdiri atas beberapa belebas yang disebut sebagai “spina” dari scapula yang bisa berjalan menyebrangi permukaan spina hingga berakhir menjadi proses akronium yang bisa menutupi sendi bahu.

Belebas dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

  • Proseus Akronium
    Bagian ini bisa menutupi sendi bahu, belebas ini dibagi menjadi beberapa bagian yakni fossa suprapinosus dan fossa infraspinosus. Pada manusia dan hewan pemakan daging (karnivora) memiliki sedikit perbedaan mengenai tulang scapulannya yaitu pada ujungnya terdapat acroniom.
  • Processus Coracoideus
    Bagian ini merupakan tonjolan yang berasal dari bagian utama scapula itu sendiri, bagian ini juga ditempeli oleh beberapa otot, salah satunya yaitu otot coracobrachialis. Di dekat bagian bawah processus coracoideus terdapat angulus lateralis, dan sebuah bagian seperti cekungan yang disebut cavitas glenoidales. Di cavitas inilah tempat melekatnya bonggol kepala dari humerus.

Pergerakan Tulang Belikat

1. Acromiom

Acromiom memili bentuk yang lumayan besar serta persegi panjang dimana bagian tersebut menjadi sambungan dari tulang belikat yang berkaitan dengan artikulasi klavikula agar mampu membentuk sendi acromioclavicular yang bisa membentuk ujung bahu.


2. Coracoid

Coracoid yaitu suatu pergerakan yang dapat melengkung baik ke arah atas maupun melengkung ke arah bawah.


Pelekatan Otot Pada Tulang Belikat

  • Otot Pectoralis Minor yaitu sebuah otot dada yang bisa menaikan otot tulang belikat dan menekan bahu.
  • Otot Coracobrachialis yakni suatu otot terkecil dari dua otot yang lainnya yang melekat pada processus coracoideus yaitu otot pectroralis minor dan otot biceps. Otot ini terletak pada bagian atas dan medial lengan.
  • Otot Subscapularis ialah salah satu otot rotator cuff yang merupakan otot terkecil pada bagian lengan atas.
  • Otot Rhomboideus Major merupakan semua otot yang dapat menyebabkan terjadinya retraksi pada bagian scapula. Otot rhomboideus major ini melekat pada tulang scapula pada bagian lengan atas.
  • Otot Rhomboideus Minor adalah berbagai otot yang melekat pada bagian lengan atas.
  • Otot Levator Scapulae yaitu semua otot yang melekatnya pada bagian punggung dan leher.
  • Otot Trapezius yakni sebuah otot yang berfungsi sebagai penyusun struktur pada punggung manusia.
  • Otot Serratus Anterior ialah salah satu otot yang biasanya disebut sebagai otot gergaji depan yang berpangkal di bagian iga I-IX lalu menuju pada iga sisi tengah tulang belikat.
  • Otot Triceps Brachii merupakan beberapa otot yang berorigo pada tiga tempat yakni caput longum, medial dan juga lateralis sehingga disebut dengan otot berkepala tiga.
  • Otot Biceps Brachii adalah sejenis otot besar yang memiliki kepala dua karena otot ini berorigo pada 2 tempat yang sangat berbeda yaitu capus longum dan caput brevis. Perbedaan untuk keduanya yaitu panjang dan pendeknya.
  • Otot Teres Minor yaitu sebuah otot yang terletak berdekatan dengan otot teres major dan otot ini melekat pada bagian bahu.
  • Otot Teres Major yakni suatu otot yang melekat pada bagian lengan atas.
  • Otot Omohyoideus ialah salah satu otot yang melekat pada pinggir atas bagian scapula, fungsi otot ini yaitu menarik dan menekan ke bawah pada bagian hyoid.
  • Otot Deltoideus merupakan berbagai otot yang memberikan bentuk bulat pada struktur tubuh manusia. Otot ini disusun oleh beberapa serat seperti serat anterior(clavikula),serat media(pinggir lateral) dan serat posterior.
  • Otot Supraspinatus adalah semua otot berukuran yang kecil dan melekat pada lengan atas.
  • Otot Infraspinatus atau Otot Pemutar yang terjadi pada sendi bahu dan melekat pada adductor lengan dalam scapula.

Batas Tulang Belikat

1. Perbatasan Vertebralis

Perbatasan ini ialah yang sangat panjang serta terdiri atas 3 perbatasan scapula didalamnya.


2. Perbatasan Unggul

Yaitu perbatasan dimana mempunyai ciri lebih tipis serta tajam, dimana berfungsi akan menstabilkan sendi di bahu.


3. Perbatasan Lateral

Perbatasan yang terakhir ini berhubungan dengan bentuk lekukan yang memanjang dari sudut lateral sampai ke sudut inferior.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Tulang Belikat : Pengertian, Fungsi, Bagian, Batasan & Pergerakannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :