Kambium Adalah

Diposting pada

Kambium : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ciri Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kambium.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kambium? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Kambium : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ciri Terlengkap


Pengertian Kambium

Kambium merupakan salah satu lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah dan bertanggung jawab atas pertumbuhan sekunder tumbuhan. Kambium ditemukan pada bagian batang dan akar tumbuhan.

Kambium ini hanya ditemukan pada tumbuhan dikotil dan gymnospermae sedangkan pada tumbuhan monokotil tidak.

Tidak adanya kambium pada tumbuhan monokotil maka hal tersebut menyebabkan batang tumbuhan monokotil tidak dapat tumbuh membesar atau tidak mengalami pertumbuhan menebal sekunder.

Bentuk kambium ini berupa lendir yang terdapat pada kulit dan kayu batang. Pada batang berkayu tersebut, kambium berfungsi sebagai medium atau jalur lintas zat hara yang bergerak dari tanah menuju ke daun.


Ciri-Ciri Kambium

  • Dapat ditemui pada tumbuhan dikotil dan gymnospermae.
  • Aktivitasnya dapat menghasilkan jaringan gabus (cork atau phellem, felem) ke arah luar.
  • Dapat mengendalikan masuk dan keluarnya air.
  • Untuk mencegah serangan dari hama, dan juga fungsi mekanik yang lain.

Fungsi Kambium

  • Membentuk xilem dan floem.
  • Mengangkut sebuah hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tumbuhan.
  • Mengangkut air dari akar ke daun untuk suatu proses fotosintesis.

Jenis-Jenis Kambium

1. Jenis Kambium Berdasarkan Proses Terbentuknya

  • Kambium Primer merupakan salah satu jenis kambium yang berada antara floem dan xylem tumbuhan dikotil maupun tumbuhan Gymnospermae.
  • Kambium Sekunder atau Kambium Gabus ialah sebuah jenis kambium yang ada di permukaan batang dan akar yang pecah karena proses pertumbuhan sekunder. Fungsi kambium gabus ini sendiri, ke luar membentuk sel gabus yang menjadi pengganti dari epidermis. Sementara itu kedalam untuk membentuk sel feloderm yang hidup.

2. Jenis Kambium Berdasarkan Kemampuan Pembentukan Jaringannya

  • Kambium Vaskuler – Kambium yang ada di dalam berkas pengangkutan . Kambium fasikuler ini bilamana sel selnya kearah dalam membentuk Xilem dan ke arah luar membentuk floem, sedangkan ke samping membentuk jaringan meristematis yang berfungsi memperluas kambium. Pertumbuhan oleh kambium ini disebut pertumbuhan sekunder maksudnya terjadi pembelahan ke arah luar membentuk floem sekunder dan ke arah dalam membentuk xilem sekunder.
  • Kambium Intervaskuler – Kambium yang satu ini terdapat di antara 2 berkas pengangkutan atau di luar berkas pengangkutan. Adapun fungsinya yaitu untuk membentuk jari-jari empulur.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kambium : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ciri Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :