Pengertian Kartografi Menurut Para Ahli dan Jenis

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Jenisnya Terlengkap – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kartografi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kartografi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 5 Pengertian Kartografi Menurut Para Ahli dan Jenis


Pengertian Kartografi

Kartografi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang peta, mulai dari sejarah, pembuatan hingga perkembangan peta.


Pengertian Kartografi Menurut Para Ahli

1. International Cartografhic Association (ICA)

Kartografi yakni suatu perpaduan seni, ilmu dan teknik membuat peta, termasuk pengertian peta sebagai karya seni.


2. Rystedt B

Kartografi yakni disiplin ilmu yang menyatakan antara peta dan pemetaan. Kartografi menyatukan tampilan atau representasi dari dua fenomena geografi yaitu geografi dan virtual.


3. UN pada Tahun 1949

Kartografi adalah salah satu ilmu yang mempelajari tentang cara menyiapkan segala jenis peta dan chart, mulai dari lapangan hingga pencetakan akhir.


4. Taylor

Kartografi sebagai sebuah organisasi, presentasi, komunikasi dan penggunaan geo-informasi dalam bentuk grafis, digital atau format nyata.


5. Prihandito

Kartografi merupakan salah satu ilmu dan teknik pembuatan peta.


Jenis – Jenis Kartografi

  • Peta yaitu suatu gambaran objek tertentu yang dibuat pada bidang datar dan digambar berdasarkan perhitungan kebenaran dari ukuran proyeksi kedudukan serta arah mata angin.
  • Sketsa yakni sebuah gambar keadaan pada suatu wilayah sempit yang dibuat dalam bentuk garis besar dan menyimpan sedikit informasi. Faktor kebenaran ukuran dan bentuk dari obyek sketsa tidak terlalu diutamakan.
  • Peta Timbul ialah salah satu gambaran suatu wilayah yang dibuat pada bentu 3 dimensi sehingga terlihat bentuk-bentuk relief.
  • Maket atau Miniatur merupakan beberapa gambaran pada daerah yang dibentuk 3 dimensi dan biasanya memiliki skala besar. Maket atau miniatur juga menggambarkan suatu daerah sempu dengan detail yang memiliki kemiripan dengan objek aslinya. Banyak maket atau miniatur menggunakan model yang dibuat untuk melengkapi objek seperti pohon hingga mobil.
  • Atlas adalah sebuah buku yang berisikan peta-peta negara dengan gamar dan data statistik, diagram, dll yang dijelaskan serta diberi warna pada berbagai jenis-jenis atlas yang tersedia.
  • Peta Digital yaitu suatu jenis peta yang dihasilkan dari teknik penginderaan yang dilakukan dari luar angkasa atau dari udara. Pada peta jenis ini tidak terjadi seleksi karena objek yang terlihat dan tidak ditutupi oleh objek lain yang bisa terekam.
  • Globe yakni berbagai gambaran yang menjelaskan bentuk permukaan bumi dan struktur bumi yang biasanya berbentuk bola. Globe berbeda dengan peta, karena globe merupakan sebuah model dari bola bumi.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Pengertian Kartografi Menurut Para Ahli dan Jenisnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :