√ 9 Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 9 Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Keterampilan.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Keterampilan? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 9 Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 9 Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Keterampilan

Keterampilan merupakan salah satu kemampuan dan kapasitas yang diperoleh melalui usaha yang disengaja, sistematis, dan berkelanjutan untuk secara lancar dan adaptif melaksanakan berbagai kegiatan yang kompleks atau fungsi pekerjaan yang melibatkan ide-ide (keterampilan kognitif), hal-hal (keterampilan teknikal) dan hubungan dengan orang lain (keterampilan interpersonal).

 


Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli

 

1. Gordon

Keterampilan merupakan salah satu kemampuan dalam mengoperasikan pekerjaan secara lebih mudah dan tepat. Definisi keterampilan menurut Gordon ini cenderung mengarah pada aktivitas psikomotor.

 

2. Nadler

Keterampilan juga harus dilakukan dengan praktek sebagai pengembangan segala kegiatan.

 

3. Dunette

Keterampilan yakni sesuatu yang juga dapat dikembangkan pengetahuan yang didapatkan melalui training dan pengalaman dengan melaksanakan beberapa tugas.

 

4. Hari Amirullah

Keterampilan istilah dari kata terampil dapat diartikan sebagai suatu perbuatan atau juga tugas.

 

5. Muzni Ramanto, Soemarjadi, dan Wikdati Zahri

Pada kata keterampilan dapat disamakan dengan kata kecekatan. Orang yang bisa dikatakan sebagai orang terampil adalah orang yang dalam mengerjakan atau juga dapat menyelesaikan pekerjaannya itu dengan secara cepat dan benar.

Namun, apabila orang itu mengerjakan atau melesaikan pekerjaanya dengan cepat namun hasilnya itu tidak sesuai dalam artian salah. Maka orang itu belum bisa dikatakan sebagai orang yang terampil.

Apabila orang itu dapat melakukan pekerjaan dengan benar serta sesuai apa yang diperintahkan, walau lambat didalam menyelesaikannya. Maka orang itu bisa disimpulkan ialah sebagai orang yang terampil.

 

6. Singer

Keterampilan yaitu sebuah derajat keberhasilan yang konsisten didalam mencapai suatu tujuan itu dengan efektif.

 

7. Nana Sudjana

Keterampilan ialah segala pola kegiatan yang bertujuan, yang memerlukan manipulasi dan koordinasi informasi yang dipelajari.

Keterampilan ini dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu keterampilan fisik dan keterampilan intelektual.

 

8. Muhibin Syah

Keterampilan merupakan semua kegiatan yang berhubungan dengan urat syaraf dan otot-otot yang lazimnya tampak dalam kegiatan jasmaniah.

 

9. Rusyadi

Keterampilan adalah berbagai kemampuan seseorang terhadap suatu hal yang meliputi semua tugas-tugas kecakapan, sikap, nilai dan kemengertian yang semuanya dipertimbangkan sebagai sesuatu yang penting untuk menunjang keberhasilannya didalam penyelesaian tugas.

 


Jenis – Jenis Keterampilan

  • Kesadaran komersial, ialah memiliki naluri bisnis yang tajam.
  • Komunikasi, baik verbal atau juga tertulis.
  • Kerja tim, kita diharuskan untuk dapat mengelola serta bisa bertanggung jawab didalam sebuah tim.
  • Negosiasi serta persuasi.
  • Memecahkan masalah.
  • Kepemimpinan.
  • Organisasi.
  • Ketekunan dan juga motivasi.
  • Kemampuan untuk dapat bekerja di bawah tekanan serta dapat tetap tenang dalam menghadapi krisis.
  • Kepercayaan diri.

 


Kategori Keterampilan

  • Basic Literacy Skill ialah suatu keahlian dasar yang dimiliki oleh tiap-tiap orang, misalnya seperti menulis, membaca, mendengarkan, atau juga kemampuan dalam berhitung.
  • Technical Skill merupakan salah satu keahlian yang didapat itu dengan melalui pembelajaran didalam bidang teknik, misalnya seperti menggunakan komputer, memperbaiki handphone, serta lain sebagainya.
  • Interpersonal Skill yakni sebuah keahlian tiap-tiap orang dalam melakukan komunikasi antar sesama, contohnya seperti mengemukakan pendapat serta bekerja bersama dalam tim.
  • Problem Solving ialah segala keahlian seseorang di dalam memecahkan sebuah masalah dengan menggunakan logikanya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 9 Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :