√ 24 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 24 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Komitmen Organisasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Komitmen Organisasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 24 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 24 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli

 

1. Robbins

Komitmen organisasi merupakan salah satu sikap yang merefleksikan perasaan suka atau tidak suka dari karyawan terhadap organisasi.

 

2. Griffin

Komitmen organisasi yaitu sebuah sikap yang mencerminkan sejauh mana seseorang individu mengenal dan terikat pada organisasinya.

Seseorang yang memiliki komitmen tinggi pada peruasahaan kemungkinan akan melihat dirinya sebagai anggota sejati dalam organisasi.

 

3. McShane dan Von Glinow

Komitmen organisasi yakni suatu pengaruh yang paling kuat, dimana orang mengidentifikasi terhadap permintaan dan sangat termotivasi untuk melaksanakannya, bahkan ketika sumber motivasi tidak lagi hadir.

 

4. O’Reilly

Komitmen organisasi ialah semua ikatan kejiwaan seseoran terhadap organisasi yang mencakup keterlibatan kerja, kesetiaan dan perasaan percaya terhadap nilai-nilai organisasi.

 

5. Steers dan Porter

Komitmen organisasi adalah segala sikap dimana individu mengidentifikasikan dirinya terhadap tujuan-tujuan dan harapan-harapan organisasi tempat ia bekerja serta berusaha menjaga keanggotaan dalam organisasi untuk mewujudkan tujuan organisasi tersebut.

 

6. Greenberg dan Baron

Komitmen organisasi sebagai derajat dimana karyawan terlibat dalam organisasinya dan berkeinginan untuk tetap menjadi anggotanya, dimana didalamnya mengandung sikap kesetiaan dan kesediaan karyawan untuk bekerja secara maksimal bagi organisasi tempat karyawan tersebut bekerja.

 

7. Robbins dan Judge

Komitmen organisasi yaitu sejumlah keadaan dimana seorang pegawai memihak organisasi tertenu serta tujuan-tujuan pegawai tersebut dan keinginan untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut.

 

8. Richard M. Steer

Komitmen organisasi ialah berbagai rasa identifikasi (kepercayaan terhadap nilai-nilai organisasional sebagai rasa identifikasi (kepercayaan terhadap nilai-nilai organisasi), keterlibatan (kesediaan untuk beruasha sebaik mungkn demi kepentingan organisasi, dan loyalitas keinginan untuk tetap menjadi anggota yang bersangkutan) yang dinyatakan oleh seoang karyawan terhadap perusahaannya.

 

9. Mathis dan Jackson

Komitmen organisasi merupakan suatu tingkat kepercayaan dan penerimaan tenaga kerja terhadap tujuan organisasi dan mempunyai keinginan untuk tetap ada didalam organisasi tersebut yang pada akhirnya tergambar dalam statistik ketidakhardiran dan masuk keluar tenaga kejanya.

 

10. Salancik

Komitmen organisasi adalah segala sesuatu keadaan dimana perilaku karyawan menjadi terikat pada organisasi dan karyawan memiliki keyakinan untuk meneruskan perilaku dan keterlibatannya.

 

11. Wikipedia

Komitmen organisasi sebagai sebuah keadaan dimana seorang karyawan memihak organisasi tertentu serta tujuan-tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut.

 

12. Fred Luthan

Komitmen organisasi ialah

  • Keinginan kuat untuk tetap sebagai anggota organisasi tertentu;
  • Keinginan untuk berusaha keras sesuai keinginan organisasi; dan
  • Keyakinan tertentu, dan penerimaan nilai dan tujuan organisasi.
  • Dengan kata lain, ini merupakan sikap yang merefleksikan loyalitas karyawan pada organisasi dan proses berkelanjutan di mana anggota organisasi mengekspresikan perhatiannya terhadap organisasi dan keberhasilan serta kemajuan yang berkelanjutan

13. Dessler

Komitmen organisasi yaitu berbagai hubungan antara karyawan dengan perusahaan/organisasi yang merupakan orientasi karyawan pada perusahaan sehingga bersedia menyumbangkan energinya dan mengikatkan diri melalui aktivitas dan keterlibatan dalam perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.

 

14. L. Mathis-John H. Jackson

Komitmen organisasi yakni serangkaian tingkat sampai dimana karyawan yakin dan menerima tujuan organisasional, serta berkeinginan untuk tinggal bersama atau meninggalkan perusahaan pada akhirny tercemin dalam ketidakhadiran dan angka perputaran karyawan.

 

15. Mowday, Porter dan Steers

Komitmen organisasi merupakan sebuah keinginan yang kuat untuk tetap menjadi anggota organisasi, kemauan yang besar untuk berusaha bagi organisasi dan kepercayaan yang kuat dan penerimaan terhadap nilai dan tujuan organisasi.

 

16. Spector

Komitmen organisasi adalah salah satu komitmen yang melibatkan keterikatan individu terhadap pekerjaannya.

 

17. Zurnali C.

Komitmen organisasi sebagai keadaan psikologi yang mengkarakteristikan hubungan karyawan dengan organisasi atau impikasinya yang mempengaruhi apakah karyawan akan tetap bertahan dalam organisasi atau tidak, yang teidentifikasi dalam tiga komponen yakni komitmen afektif, komitmen kontinyu, dan komitmen normatif.

 

18. Allen dan Meyer

Komitmen organisasi merupakan semua kelekatan emosi, identifikasi dan keterlibatan individu dengan organisasi serta keinginan untuk tetap menjadi anggota organisasi.

 

19. Luthans

Komitmen organisasi yaitu segala keinginan kuat untuk tetap sebagai anggota organisasi tertentu, keinginan untuk berusaha keras sesuai dengan keinginan organisasi dan keyakinan tertentu juga penerimaan nilai dan tujuan organisasi.

 

20. Mathins dan Jackshon

Komitmen organisasi yakni suatu derajat dimana karyawan mempercayai dan menerima tujuan-tujuan organisasi serta tidak akan meninggalkan organisasi tersebut.

 

21. Mowday

Komitmen organisasi ialah sebuah komitmen kerja, ia berpendapat bahwa komitmen merupakan dimensi perilaku manusia yang digunakan untuk menilai loyalitas karyawan terhadap perusahaannya.

 

22. Lincoln

Komitmen organisasi adalah sesuatu yang mencakup anggota, kesetiaa anggota dan kemauan anggota pada organisasi.

 

23. Sri Kuntjoro

Komitmen organisasi sebagai rasa identifikasi, keterlibatan, dan loyalitas yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasinya.

 

24. Colquitt LePine & Wesson

Komitmen organisasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengingatkan seseorang mengenai keanggotaannya dalam suatu organisasi tertentu.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 24 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :