Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kurikulum.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kurikulum? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 30 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Kurikulum yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.


2. J. Lloyd Trump dan Delmas F. Miller

Kurikulum yakni segala hal yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran, termasuk metode mengajar, cara mengevaluasi murid, progam studi, bimbingan dan penyuluhan, supervisi dan administrasi, serta hal-hal struktural terkait dengan waktu, jumlah ruangan serta kemungkinan memilih mata pelajaran.


3. J. Galen Saylor dan William M. Alexander

Kurikulum merupakan semua upaya sekolah untuk mempengaruhi pembelajaran, baik di ruang kelas, di taman bermain, atau di luar sekolah.


4. John Foxton Kerr

Kurikulum adalah salah satu pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara individu ataupun berkelompok, baik di sekolah maupun di luar sekolah.


5. Harold B. Albertsycs

Kurikulum ialah suatu kegiatan yang disediakan oleh sekolah untuk siswa. Dalam hal ini, kurikulum tidak terbatas pada mata pelajaran saja, tetapi termasuk berbagai kegiatan lain di dalam dan di luar kelas yang diselenggarakan oleh sekolah.


6. Wikipedia

Kurikulum berasal dari bahasa inggris yaitu kata curriculum yang berarti rencana pelajaran.


7. Hassibuan

Kata Curriculum sendiri berasal dari kata “Currere yang berarti berlari cepat, tergesa gesa, menjelajahi, menjalani, dan berusaha.


8. Kamus Webster’s

Kurikulum yaitu sebuah rancangan sejumlah mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa untuk naik kelas atau mendapatkan ijazah (menyelesaikan studinya).


9. Soedijarto

Kurikulum yakni serangkaian pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan untuk diatasi oleh siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh suatu lembaga pendidikan yang berwenang.


10. Romine

Kurikulum ialah segala sesuatu yang di dalamnya sudah terdapat seluruh temu pembelajaran, kegiatan dan juga pengalaman yang nantinya akan diikuti oleh para pelajar dengan petunjuk dari sekolah, hal tersebut dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas.


11. Hilda Taba

Kurikulum merupakan salah satu rancangan pembelajaran, yang mana telah disusun dengan mempertimbangkan beberapa hal tentang proses dari pembelajaran dan juga perkembangan individunya.


12. Daniel Tanner dan Laurel Tanner

Kurikulum adalah suatu pengalaman dari pembelajaran yang sudah terarah dan juga terencana, yang mana sebelumnya telah disusun melewati proses dari rekonstruksi pengalaman dan pengetahuan yang sistematin dan berada pada bawah pengawasan lembaga pendidikan.


13. Murray Print

Kurikulum sebagai sesuatu yang menjadi seluruh ruang pembelajaran yang telah direncanakan dan diberikan kepada pelajar oleh lembaga pendidikan dan juga pengalaman yang akan dinikmati oleh siswa pada saat kurikulum tersebut diterapkan.


14. Smith

Kurikulum ialah sebuah rangkaian pengalaman yang secara potensial dapat diberikan kepada anak , jadi dapat disebutkan potential curriculum.


15. Grayson

Kurikulum sebagai suatu perencanaan dalam memperoleh pengeluaran yang diinginkan dari suatu pembelajaran yang sudah diajarkan.


16. Beauchamp

Kurikulum ialah salah satu dokumen tertulis yang berisikan mata pelajaran yang akan diajarkan kepada anak didik melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, dan juga rumusan masalah dalam kehidupan anak didik tersebut.


17. Crow and Crow

Kurikulum merupakan segala rancangan dalam pengajaran yang tersusun secara sistematis untuk menyelesaikan program dalam mendapatkan ijazah.


18. Saylor

Kurikulum yaitu satu dari keseluruhan usaha dari pihak sekolah untuk proses belajar mengajar baik itu dilaksanakan secara langsung didalam kelas, maupun di luar sekolah.


19. Donald E. Orlasky, Peter F. Olivva (1982) & Othanel Smith

Kurikulum yakni berbagai bentuk perencanaan atau program dari pengalaman peserta didik yang diarahkan dan juga dikembangkan di sekolah.


20. Inlow

Kurikulum adalah berbagai usaha menyeluruh yang dibuat dan dirancang secara khusus untuk membimbing peserta didik dalam mendapatkan hasil belajar dari pembelajaran yang telah ditetapkan.


21. David Praff

Kurikulum ialah seperangkat organisasi dari pendidikan formal atau pusat-pusat pelatihan pembelajaran.


22. William B. Ragam & Robert S. Flaming

Kurikulum sebagai pengalaman peserta didik yang menjadi tanggung jawab pihak sekolah atau lembaga pendidikan.


23. Drs. Cece Wijaya, dkk

Kurikulum merupakan keseluruhan program serta kehidupan didalam sekolah.


24. H. Hasan

Kurikulum itu bersifat fleksibilitas. Yakni menjadi pemikiran kependidikan oleh diklat. Dalam posisi teoritik, perlu ditingkatkan dalam kurikulum sebagai sesuatu yang terencana serta dianggap sebagai kaidah pengembang kurikulum.


25. Neagley & Evans

Kurikulum sebagai sebuah pengalaman yang dirancang dari pihak sekolah guna membantu para anak didik dalam mencapai hasil belajar yang memuaskan.


26. Kerr, J.F

Kurikulum adalah segala bentuk pembelajaran yang dirancang dan dilakukakan secara individu maupun kelompok, baik itu di sekolah maupun diluar sekolah.


27. Prof.Dr. Henry Guntur Tarigan

Kurikulum yaitu suatu formulasi pedagogis yang paling utama dan juga menjadi yang terpenting dalam konteks proses belajar mengajar.


28. Harsono

Kurikulum ialah suatu gagasan pendidikan yang dinyatakan melalui praktik. Selain itu, kurikulum itu tidak hanya sebagai gagasan pendidikan, akan tetapi seluruh program pembelajaran yang terencana dari institusi pendidikan nasional.


29. Dr. H. Nana Sudjana

Kurikulum yakni semua niat atau harapan yang dituangkan kedalam bentuk rencana atau program pendidikan yang diselenggarakan oleh para pendidik di sekolah.


30. Prof. Drs. H. Darkir

Kurikulum adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Selain itu kurikulum merupakan program pendidikan dan bukan hanya program pengajaran, sehingga program tersebut direncanakan dan dirancang sebagai bahan ajar serta pengalaman belajar.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 30 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :