Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli

Diposting pada

25 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Persepsi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Persepsi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 25 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli

1. Philip Kotler

Persepsi yakni semua proses dimana individu melakukan seleksi, mengatur, dan menginterpretasikan masukan-masukan informasi untuk menciptakan gambaran keseluruhan yang berarti.


2. Khairani

Persepsi ialah segala sesuatu proses interpretasi yang didahului oleh stimulus yang diterima oleh individu melalui alat reseptor, yaitu indera.


3. James H. Donelly Jr. dan James Gibson

Persepsi yaitu berbagai proses pemberian arti terhadap lingkungan yang dilakukan oleh seorang individu.


4. Robbins, S.P

Persepsi merupakan sebuah proses dimana setiap individu mengorganisasikan dan menafsirkan kesan indera mereka sehingga memberi makna pada lingkungan mereka.


5. Triato Dan Titik Triwulan, T

Persepsi adalah suatu proses identifikasi atau pengenalan sesuatu dengan menggunakan panca indera manusia.


6. Robert Kreitner dan Angelo Kinicki

Persepsi yaitu semua proses kognitif yang memungkinkan individu dapat menafsirkan dan memahami lingkungan sekitarnya.


7. Desirato

Persepsi adalah segala pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.


8. Purwodarminto

Persepsi yakni suatu tanggapan langsung dari suatu serapan atau proses seseorang dalam mengetahui beberapa hal melalui pengindraan.


9. Asrori

Persepsi merupakan berbagai proses individu dalam menginterprestasikan, mengorganisasikan dan memberi makna terhadap stimulus yang berasal dari lingkungan dari individu berada, hal ini merupakan hasil dari proses belajar dan pengalaman.


10. Slameto

Persepsi ialah salah satu prose yang berkaitan dengan masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia.


11. Irwanto

Persepsi sebagai segala proses diterimanya rangsang (objek, kualitas, hubungan antar gejala, maupun peristiwa) sampai rangsang itu disadari dan dimengerti.


12. Eysenck dalam Asrori

Persepsi yakni sebuah proses belajar dan pengalaman. Hasil proses belajar dan interaksi seseorang akan memberikan pengalaman bagi dirinya untuk dapat membandingkan keadaan yang dihadapi.


13. Joseph A. Devito

Persepsi ialah semua proses menjadi sadar akan banyaknya stimulus yang mempengaruhi indera kita.


14. Robbins

Persepsi merupakan suatu kesan yang diperoleh individu melalui panca indera kemudian dianalisa, diinterprestasikasn, dan kemudian dievaluasi, sehingga individu tersebut memperoleh makna.


15. Wirawan Sarwono

Persepsi adalah salah satu kemampuan seseorang untuk mengorganisir suatu pengamatan. Kemampuan tersebut antara lain, kemampuan membedakan, mengelompokkan, dan memfokuskan.


16. Rahmat

Persepsi yaitu suatu pengalaman tentang objek, peristiwa dan hubungan-hubungan yang dipreoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.


17. Maramis

Persepsi sebagai sumber daya mengenal barang, kualitas atau hubungan dan perbedaan melalui proses mengamati, mengetahui dan mengartikan setelah panca indera mendapat rangsangan.


18. Kamus Besar Psikologi

Persepsi yakni berbagai proses pengamatan seseorang terhadap lingkungan dengan menggunakan indra-indara yang dimiliki sehingga ia menjadi sadar akan segala sesuatu yang ada dilingkungannya.


19. Thoha

Persepsi ialah semua proses kognitif yang dialami oleh setiap orang dalam memahami setiap informasi tentang lingkungannya baik melalui penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan dan penciuman.


20. Bimo Walgito

Persepsi merupakan segala proses yang didahului oleh penginderaan yaitu merupakan proses yang berwujud diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indera atau juga disebut proses sensoris.


21. Kreitner Dan Kinicki

Persepsi adalah serangkaian proses kognitif yang memungkinkan kita dapat menafsirkan dan memahami lingkungan sekitar kita.


22. Suranto Aw

Persepsi yaitu sejenis proses internal yang diakui individu dalam menyeleksi, dan mengatur simuli yang datang dari luar.


23. Verderber

Persepsi sebagai proses menafsirkan informasi indrawi.


24. Young

Persepsi ialah semua kegiatan mengindra, mengintegrasikan dan memberikan penilaian pada obyek-obyek fisik maupun obyek sosial, dan pengindraan tersebut tergantung pada stimulus fisik dan stimulus sosial yang ada dilingkungannya.


25. Gibson

Persepsi yakni berbagai proses kognitif yang dipergunakan oleh individu untuk menafsirkan dan memahami dunia sekitarnya.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 25 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :