Sejarah Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Sejarah.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Sejarah? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Sejarah : Pengertian, Sumber, Konsep, Unsur dan Kaitannya Dengan Ilmu Terlengkap


Pengertian Sejarah

Istilah sejarah secara etimologi berasal dari kata Arab yaitu sajaratunyang berarti pohon.

Dan dalam bahasa Yunani Sejarah yakni “Historia” yang memiliki arti “Ilmu atau Orang Pandai”.

Bahasa Inggris berubah menjadi history yang berarti masa lalu manusia. Dan geschichte dalam bahasa Jerman yang berarti sudah terjadi.

Sejarah merupakan salah satu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lalu dan dapat diketahui melalui peninggalan-peninggalan pada masa itu.


Aspek Sejarah

  • Masa Lalu yaitu suatu gambaran mengenai kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau. Melalui gambaran masa lalu maka generasi berikutnya akan dapat merumuskan hubungan sebab akibat terjadinya suatu peristiwa. Dan tidak semua peristiwa atau kejadian dapat tercatat dalam sejarah.
  • Masa Kini yakni sebuah masa dimana manusia mengalami masa yang terbaru dan merupakan masa yang sangat penting karena dapat menentukan masa depan. Manusia di masa kini memakai sumber pemahaman dari peristiwa di masa lalu sebagai cerminan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Masa Depan merupakan salah satu masa yang akan datang dimana segala sesuatu itu belum terjadi, dan segala sesuatu yang dilakukan pada masa kini akan mempengaruhi masa depan.

Sumber Sejarah

1. Sumber Sejarah Berdasarkan Wujudnya

  • Sumber Lisan ialah suatu keterangan mengenai sejarah yang didapatkan dari pelaku sejarah atau saksi sejarah secara langsung. Contohnya yakni keterangan dari seorang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang pernah ikut bertempur.
  • Sumber Tulisan yakni sebuah hasil peninggalan orang-orang di masa lalu. Beberapa contoh sumber sejarah berbentuk tulisan misalnya naskah, surat kabar, dokumen, babad, rekaman, dan lain sebagainya.
  • Sumber Benda yaitu sebuah artefak peninggalan kebudayaan manusia di masa lalu. Misalnya perhiasan, candi, gerabah, kapak, patung, dan lain sebagainya.

2. Sumber Sejarah Berdasarkan Urutan Penyampaiannya

  • Sumber Primer yaitu salah satu sumber sejarah yang berasal dari peninggalan asli sejarah. Contohnya candi, prasasti, piagam, dan lainnya.
  • Sumber Sekunder yakni suatu tiruan dari benda aslinya atau sumber pustaka dari para ahli sejarah yang menjelaskan tentang sejarah suatu peradaban. Contoh laporan penelitian, terjemahan kitab-kitab kuno, dan lainnya.
  • Sumber Tersier ialah berbagai buku sejarah yang dibuat berdasarkan laporan berbagai penelitian para ahli tanpa dengan melakukan penelitian langsung.

Konsep Sejarah

Konsep sejarah merupakan salah satu bentuk kemampuan logika dalam menciptakan gambaran baru yang bersifat abstrak berdasarkan kajian.

Yang termasuk konsep sejarah ialah sebagai berikut :

  • Sejarah sebagai Kisah yaitu suatu narasi yang menjelaskan mengenai cerita berdasarkan tafsiran, ingatan, atau kesan manusia.
  • Sejarah sebagai Ilmu yakni sesuatu hal yang mempelajari sejarah dengan melakukan penelitian dan kajian terhadap cerita sejarah.
  • Sejarah sebagai Seni merupakan salah satu proses penulisan sejarah yang memerlukan imajinasi, gaya bahasa, intuisi, dan emosi.
  • Sejarah sebagai Peristiwa ialah sebuah kajian tentang suat kejadian, kenyataan, atau aktualisasi sejarah yang terjadi di masa lalu.

Unsur-Unsur Sejarah

  • Ruang merupakan salah satu tempat dimana terjadinya suatu kejadian yang menjadi bukti sejarah yang nyata.
  • Waktu yaitu suatu unsur sejarah yang berkaitan dengan waktu terjadinya peristiwa bersejarah dan dapat menjelaskan kronologis dalam kajian sejarah.
  • Manusia yakni sebuah unsur terpenting dalam sejarah karena setiap peristiwa sejarah sangat berkaitan dengan manusia.

Kaitan Sejarah Dengan Ilmu

  • Persamaan Sejarah dengan Ilmu ialah keduanya mengandung dasar teori dan metode dimana dalam prosesnya dilakukan berdasarkan pengamatan, pengalaman, dan penyerapan.
  • Perbedaan Sejarah dengan Ilmu yakni sejarah terikat oleh waktu, tempat, dan kekhususan. Sedangkan ilmu pengetahuan tidak terikat oleh hal-hal tersebut.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Sejarah : Pengertian, Konsep, Aspek, Unsur & Sumbernya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :