Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Bangsa. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bangsa? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 20 Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

1. Hans Kohn

Bangsa yaitu sekelompok manusia yang majemuk dan bersatu sebagai hasil proses perjuangan sejarah. Suatu bangsa terbentuk dan memiliki ciri khas, seperti persamaan ras, bahasa, wilayah, adat istiadat, dan agama.

2. Benedict Anderson

Bangsa merupakan salah satu komunitas politik yang berada di dalam suatu wilayah yang jelas batasnya dan memiliki kedaulatan.

3. Joseph Stalin

Bangsa yakni sebuah komunitas rakyat yang stabil yang terbentuk atas dasar kesamaan wilayah, bahasa, ekonomi, serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya bersama.

Baca Juga : 4 Pilar Kebangsaan Indonesia

4. Otto Van Bauer

Bangsa ialah suatu bentuk persatuan sekelompok manusia yang memiliki karakter atau perangai yang sama dan terbentuk karena adanya faktor perasaan senasib.

5. Ernest Renant

Bangsa adalah sejumlah kelompok manusia yang merasa dirinya bersatu karena adanya perasaan senasib dan sependeritaan di masa lalu, serta memiliki cita-cita yang sama tentang masa depan.

6. Ki Bagoes Hadikoesoemo

Bangsa merupakan bersatunya orang dengan tempat ia berada, persatuan antara orang dengan wilayah.

7. F. Ratzel

Bangsa yaitu sebuah ebuah bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu.

Hasrat atau keinginan tersebut muncul karena adanya perasaan kesatuan antara manusia dan lingkungan tempat tinggalnya.

Baca Juga : Identitas Nasional

8. Wikipedia

Bangsa yakni sekelompok manusia yang dianggap nasional memiliki identitas bersama dan memiliki kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya dan sejarah.

Mereka umumnya dianggap memiliki asal-usul keturunan yang sama.

9. Kranenburg

Bangsa ialah suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusai yang disebut bangsa.

10. Jacobsen dan Lipman

Bangsa merupakan berbagai kelompok manusia yang lahir karena adanya satu kesatuan budaya “cultural unity” dan satu kesatuan politik “Political Unity”.

11. Benedict Anderson

Bangsa adalah semua komunitas politik yang dibayangkan “imagined community” dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

12. Lothrop Stoddard

Bangsa sebagai kepercayaan yang dimiliki oleh orang yang cukup banyak bahwa mereka merupakan suatu bangsa.

Baca Juga : Pengertian Bangsa

13. Anthony D. Smith

Bangsa yaitu sebuah komunitas manusia yang memiliki nama, menguasai suatu tanah air, memiliki mitos-mitos dan sejarah bersama, budaya politik bersama, perekonomian tunggal danhal serta kewajiban nersama bagi semua anggotanya.

14. Soekarno

Bangsa sebagai suatu bangsa disamping memuliki ciri-ciri tertentu juga harus ditandai oleh adanya kesamaan rasa cinta tanah air.

15. Guibernau

Bangsa yakni berbagai negara kebangsaan memiliki unsur-unsur yang penting sebagai pengikat diantaranya psikolog, kebudayaan, teritorial, sejarah, politik serta masa depan yang sama.

16. Rudolf Kjellen

Bangsa ialah salah satu analisis atau analogi yang membandingkan antara bangsa dan suatu organisme biotik dengan cara menyemakan dari jiwa bangsa berdasarkan nafsu hidup organisme tersebut.

Baca Juga : Pengertian Negara

17. Rawink

Bangsa merupakan sekumpulan dari manusia yang bersatu padu atas sebuah wilayah dan juga memiliki keterikatan terhadap wilayah tersebut, bagi kumpulan manusia tersebut, batas teritorial tertentu adalah hal yang paling penting dapat dilihat dari letaknya dalam geografis atas wilayah tertentu.

18. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Bangsa adalah beberapa individu yang tinggal didalam sebuah ikatan batin dan dipersatuan karena sama-sama memiliki persamaan sumber sejarah serta cita-cita.

Baca Juga : Kewarganegaraan

19. Ahli Ilmu Sosiologis Dan Antropologis

Bangsa sebagai beberapa persekutuan kehidupan yang dapat berdiri sendiri, di mana setiap anggota dari persekutuan kehidupan tersebut akan merasa satu agama, bahasa, ras, serta istiadat.

20. Muhammad Hatta

Bangsa ialah sebuah persatuan yang ditentukan oleh keinsyafan, sebagai suatu persekutuan yang tersusun menjadi satu yaitu terbit karena percaya atas persamaan nasib dan tujuan.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.