Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

√ 25 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli Terlengkap

√ 25 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Konflik.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Konflik? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 25 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

1. Lewis A. Coser

Konflik yaitu sebuah perjuangan nilai atau tuntutan atas status dan merupakan bagian dari masyarakat yang akan selalu ada, sehingga apabila ada masyarakat maka akan muncul konflik.


2. Robbins

Konflik yakni suatu proses sosial dalam masyarakat yang terjadi antara pihak berbeda kepentingan untuk saling memberikan dampak negatif, artinya pihak-pihak yang berbeda tersebut senantiasa memberikan perlawanana.


3. Taquiri dan Davis

Konflik ialah salah satu warisan kehidupan sosial yang terjadi dalam berbagai keadaan sebagai akibat dari bangkitnya keadaan ketidaksetujuan, kontroversi, dan pertentangan di antara dua pihak atau lebih secara terus-menerus.


4. Alabaness

Konflik merupakan berbagai keadaan masyarakat yang mengalami kerusakan keteraturan sosial yang dimulai dari individu atau kelompok yang tidak setuju dengan pendapat dan pihak lainnya sehingga mendorong terjadinya perubahan sikap, prilaku, dan tindakan atas dasar ketidaksetujuannya.


5. Soerjono Soekanto

Konflik adalah semua keadaan pertentangan antara dua pihak untuk berusaha memenuhi tujuan dengan cara menentang pihak lawan.


6. R.E Park

Konflik merupakan salah satu bentuk interaksi.


7. Zein

Konflik yaitu

  • Sebuah perdebatan atau pertandingan untuk memenangkan sesuatu.
  • Ketidaksetujuan terhadap sesuatu, argumentasi, pertengkaran atau perdebatan.
  • Perjuangan, peperangan atau konfrontasi.
    Keadaan yang rusuh, ketidakstabilan gejolak atau kekacauan.

8. Lacey

Konflik yakni suatu pertarungan benturan, perdulatan, pertengkaran kepentingan-kepentingan, opini-opini atau tujuan-tujuan, pergulatan mental, penderitaan batin.


9. Pace dan Faules

Konflik ialah sebuah ekspresi pertikaian antara individu dengan individu lain, kelompok dengan kelompok lain karena beberapa alasan.


10. Devito

Konflik merupakan beberapa komunikasi antara individu yang satu dengan yang lainnya, tidak dapat disangkal akan menimbulkan konflik dalam level yang berbeda.


11. Wikipedia

Konflik sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatny tidak berdaya.


12. Muchlas

Konflik adalah salah satu bentuk interaktif yang terjadi pada tingkatan individual, interpersonal, kelompok pada tingkatan organisasi.


13. Simmel

Konflik yaitu sebuah sosiasi, maka konflik juga wajib dianggap sebagai sosiasi.


14. De Moor

Konflik ialah segala sistem dapat dikatakan terdapat konflik apabila para penghuni sistem membiarkan dirinya dibimbing oleh tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang bertentangan dan terjadi secara besar-besaran.


15. Taman Dan Burgess

Konflik yakni semua bentuk yang berbeda dari kompetisi atau persaingan. Merupakan bentuk interaksi, kompetisi atau persaingan adalah perjuangan antara individu atau kelompok individu yang dilakukan tanpa melalui kontak dan komunikasi.


16. Max Weber

Konflik disebut juga dengan hubungan sosial apabila sepanjang tindakan yang ada didalamny secara sengaja ditujukan untuk melaksanakan kehendak satu pihak untuk melawan pihak lain.


17. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Konflik merupakan suatu percekcokan, perselisihan atau pertentangan.


18. Robert M.Z. Lawang

Konflik adalah beberapa perjuangan memperoleh status nilai, kekuasaan dimana tujuan mereka yang berkonflik tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi juga menundukkan saingannya.


19. James W. Vander Zanden

Konflik yaitu berbagai pertentangan mengenai nilai atau tuntutan hak atas kekayaan, kekuasaan, status atau wilayah tempat yang saling berhadapan, bertujuan untuk menetralkan, merugikan ataupun menyisihkan lawan mereka.


20. Folger dan Poole

Konflik dapat dirasakan, diketahui, diekspresikan melalui perilaku-perilaku komunikasi.


21. Minnery

Konflik sebagai interaksi antara dua atau lebih pihak yang satu sama lain berhubungan dan saling tergantung, namun terpisahkan oleh perbedaan tujuan.


22. A.W. Hijau

Konflik yakni sebuah upaya yang disengaja untuk melawan atau memaksa kehendak lain atua orang lain.


23. Gillin dan Gillin

Konflik ialah segala proses sosial yang dimana individu atau kelompok mencapai tujuan mereka secara langsung menantang pihak lain dengan cara kekerasan atau ancaman kekerasan, singkatnya dapat dikatakan bahwa konflik mengacu pada perjuangan di antara pihak yang besaingan, berusaha untuk mencapai, tujuan berusaha untuk menghilangkan lawan dengan membuat pihak lain tidak berdaya.


24. Berstein

Konflik merupakan semua pertentangan atau perbedaan yang tidak dapat dicegah, konflik ini mempunyai potensi yang memberikan pengaruh positif dan negatif dalam interaksi manusia.


25. Ariyono Suyono

Konflik adalah suatu proses atau keadaan dimana dua belah pihak berusaha menggagalkan tercapainya tujuan masing-masing disebabkan adanya perbedaan pendapat, nilai-nilai ataupun tuntutan dari masing-masing pihak.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 25 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */