Pengertian Logistik

√ Logistik : Pengertian, Faktor, Tujuan, Manfaat dan Aktivitas Terlengkap

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Logistik.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Logistik? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


√ Logistik : Pengertian, Faktor, Tujuan, Manfaat dan Aktivitas Terlengkap


Pengertian Logistik

Logistik merupakan salah satu ilmu yang mencakup beberapa hal seperti penyimpanan, pemeliharaan, penyaluran dan juga penghapusan pada alat dan barang tertentu.

Logistik ini berasal dari bahasa Yunani “Logos” yang berarti “Rasio, kata, kalkulasi, alasan, pembicaraan, orasi”, selain itu kata logistik juga berasal dari bahasa Perancis yaitu “Loger” ialah “Untuk menginapkan atau menyediakan”.

 


Faktor yang Mempengaruhi Logistik

  • Faktor Pelayanan (Service) ialah suatu tingkat pelayanan perusahaan pada konsumen.
  • Faktor Biaya (Cost) yakni sebuah biaya yang dihabiskan perusaaan untuk menangani pelayanan pada konsumen.

 


Tujuan Logistik


1. Tujuan Operasional

Persediaan barang harus mencukupi untuk kebututuhan beberapa hari ke depan.

Jadi, setiap logistik memiliki stock yang disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga barang tidak mengalami kekurangan atau kelebihan saat berada di pasar.

Oleh karena itu banyak sekali distributor produk yang melakukan logistik, terutama untuk daerah-daerah dengan jangkauan yang sangat jauh.

Hal ini untuk menghindari tidak tersedianya barang di lokasi yang diinginkan.


2. Tujuan Keuangan

Selain itu ada juga yang namanya tujuan keuangan, pastinya setiap produsen ingin mencapai keuntungan yang maksimal dan kerugian seminimal mungkin.

Logistik umumnya menyediakan pengiriman yang lebih terjangkau dari pada jenis lainnya, apalagi ia juga memiliki sistem perawatan sehingga barang bisa sampai dengan tingkat kerusakan yang sangat rendah.


3. Tujuan Pengamanan

Keamanan barang menjadi prioritas setiap pengiriman produk ataupun barang, pada dasarnya di era modern ini logistik telah memiliki standar keamanannya masing-masing.

Baik dari pengemasan, penyimpanan, hingga pengiriman sangat diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan pada barang tersebut.

Terlebih lagi logistik mempunyai tempat penyimpanan yang aman dan tertata secara rapi, hal ini bisa membuat barang terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Alat transportasi juga tidak luput dari perhatian, setidaknya alat transportasi yang digunakan wajib memenuhi standar dari perusahaan logistik yang ada tersebut.

 


Manfaat Logistik


1. Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan

Logistik memang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam sistem pengiriman barang, dimana ia memiliki jadwal serta pengaturan yang sangat tepat.

Hal inilah yang membuatnya sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan yang ada, bahkan setiap harinya sudah terdapat jadwal pengiriman untuk memenuhi kebutuhan tersebut.


2. Sebagai Tempat Simpan

Salah satu sistem yang ada di dalam logistik ialah sebagai tempat penyimpanan, hal ini sangat wajar mengingat logistik memiliki gudang di setiap daerah.

Umumnya setiap barang yang masuk dan keluar diberi jadwal masing-masing, tentu saja selama barang tersebut belum dikirim maka ia akan tetap disimpan dengan baik di gudang penyimpanan.


3. Memelihara Kualitas Barang

Setiap aktivitas logistik selalu terdapat pemeriksaan kualitas, mulai dari penerimaan, penyimpanan, hingga pengiriman.

Setiap saat kondisi barang akan selalu dicek dan diperiksa sesuai dengan prosedur yang berlaku, hal tersebut dilakukan agar barang tidak mengalami rusak atau cacat sebelum diterima oleh pelanggan.


4. Efektivitas dan Efisiensi Distribusi

Sebelum adanya logistik pengiriman barang di zaman dahulu menggunakan cara one time, disini barang akan dikirim hanya sekali waktu saja dari tempat asal ke tempat tujuan dengan menggunakan satu transportasi saja.

Sehingga sangat tidak efektif ataupun efisien untuk dilakukan, apalagi cara ini juga menelan biaya yang cukup besar.

Namun dengan adanya logistik sistem pengiriman menjadi estafet, dimana dalam satu pengiriman barang melalui beberapa tahapan dan alat transportasi.

Sehingga dalam hal efektivitas atau efisiensi lebih baik dari pada menggunakan one time.


5. Manajemen Anggaran

Aktivitas logistik yang baik sangatlah memerhatikan manajemen anggaran, tentunya anggaran yang dikeluarkan untuk pengiriman barang menggunakan cara ini sangatlah maksimal.

Hal ini dikarenakan pengiriman bisa berfokus untuk satu area saja, sehingga pengiriman menjadi lebih cepat dan sangat terjangkau.

Sistem gudang yang dimilikinya juga sangat membantu penyediaan barang secara real time, sangat cocok untuk sebuah perusahaan yang memiliki produk di pasaran.

Dimana perusahaan tersebut bisa menyediakan produknya terus menerus, hal ini bisa membuat penjualan dapat meningkat drastis.

 


Aktivitas Logistik

  • Pelayanan Pelanggan (Customer Service)
  • Prediksi Permintaan (Demand Forecasting)
  • Manajemen Persediaan (Inventory Management)
  • Komunikasi Logistik (Logistic Communication)
  • Penanganan Material (Material Handling)
  • Proses Pemesanan (Order Precessing)
  • Pengemasan (Packaging)
  • Komponen-komponen dan Pelayanan Pendukung (Parts and Service Support)
  • Seleksi Lokasi Pabrik dan Tempat penyimpanan/ Gudang (Plant and Warehouse Site Selection)
  • Procurement atau Purchasing
  • Reverse Logistics
  • Transportasi (Transportation)
  • Pergudangan dan penyimpanan (Warehousing & Storage)

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Logistik : Pengertian, Faktor, Tujuan, Manfaat dan Aktivitas Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :

/* */