Macam-Macam Sedimentasi

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan sedimentasi ?? Sedimentasi merupakan kelanjutan dari suatu proses pelpukan dan erosi. untuk lebih jelasnya lagi apa itu sedimentasi mari kita simak ulasan dibawah ini.

√ Sedimentasi : Pengertian, Macam, Penyebab & Dampaknya Lengkap


Pengertian Sedimentasi

Sedimentasi merupakan peristiwa-peristiwa pengendapan material batuan yang diangkut oleh tenaga air atau angin. Setelah batuan terkikis, hasil pengikisan terbawa aliran air sungai, danau, dan akihr nya sampai di laut. Pada saat kekuatan pengangkut berkurang atau melemah, material hasil pengikisan diendapkan. Pengendapan bisa berlangsung di sungai, danau, dan dilaut.

Sedimentasi adalah salah satu operasi pemisahan campuran padatan dan cairan (slurry) menjadi cairan beningan dan sludge (slurry yang lebih pekat konsentrasinya). Sedimentasi adalah suatu proses pemisahan suspensi secara mekanik menjadi dua bagian, yaitu slurry dan supernatant. Slurry adalah bagian dengan konsentrasi partikel terbesar, dan supernatant adalah bagian cairan yang bening, pada suhu seragam untuk mencegah pergeseran fluida karena konveksi. Proses ini memanfaatkan proses gravitasi, yaitu dengan mendiamkan suspensi hingga membentuk endapan terpisah dari beningan (foust, 1980). Pemisahan dapat berlangsung karena adanya gaya gravitasi yang terjadi pada butiran tersebut.


Macam-Macam Sedimentasi

1. Sedimen Fluvial

Pengendapan hasil Erosi yang terjadi di sungai membentuk sedimen  fluvial. Hasil pengendapan sungai biasanya berupa batu giling, pasir, krikil, dan lumpur yang menutupi air sungai. Sedimen fluvial dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan atau pengaspalan jalan. Banyak penduduk bermata pencaharian sebagai pengumpul asir, krikil, atau batu hasil sedimen fluvial.


2. Sedimen LimnisSediemen Limnis merupakan pengendapan hasil erosi terjadi didanau membentuk sedimen limnis. Hasil pengendapan di danau biasa nya berbentuk delta, lapisan batu krikil, pasir, dan lumpur.


3. Sedimen MarinSedimen Marin Merupakan pengendapan hasil erosi terbanyak terjadi dilaut. Pengendapan hasil erosi dilaut membentuk sedimen marin. Salah satu bentuk sedimen marin adlah gumuk pasir (sand dunes). Gumuk pasir berasal dari pasir yang terangkat ke udara saat ombak terpecah dipantai landai. Selanjutnya pasir terbawa angin ke arah darat dan terendapkan membentuk timbunan pasir.


Penyebab Sedimentasi

Proses endapan memerlukan waktu lama dan dipengaruhi oleh faktor-faktor abiotik. Berikut ini adalah penyebab terjadinya sedimentasi, yakni sebagai berikut :

  • Material yang menjadi bahan mengendap, contohnya debu, pasir, tanah, dan lainnya
  • Terdapat suatu lingkungan pengendapan, baik berupa daratan, laut dan transisi
  • Perpindahan material sedimen bisa disebabkan oleh air, angin, es atau gletser
  • Pengendapan terjadi karena adanya perubahan atau perbedaan arus dan gaya
  • Terjadi sebuah replacement atau penggantian serta rekristalisasi atau perubahan material
  • Diagenesis, adalah suatu perubahan yang terjadi ketika pengendapan, secara kimia atau fisika
  • Kompaksi, adalah adanya gaya berat dari material sedimen sehingga volume sedimen berkurang
  • Litifikasi, adalah adanya kompaksi atau pemadatan yang terus menerus sehingga sedimen mengeras

Dampak Sedimentasi

√ Sedimentasi : Pengertian, Macam, Penyebab & Dampaknya Lengkap

1. Delta

Delta terbentuk di muara sungai yang laut nya dangkal dan aliran sungai nya membawa banyak bahan endapan. Daerah delta biasa nya subur. Berdasarkan bentuk fisik, delta dapat berbentuk kaki burung, busur segitiga, dan kapak. Lahan delta dapat dimanfaatkan untuk kegitan pertanian, peternakan, dan perikanan. Selengkapnya kamu bisa lihat materi tentang delta secara lengkap.


2. Tanggul Alam

Tanggul alam terbentuk ditepi sungai akibat timbunan material yang terbawa saat terjadi banjir. Material tersebut terendapkan dikanan kiri sungai. Timbunan tersebut semakin tinggi menyerupai tanggul.


3.Meander

Meander adalah kelokan-kelokan alur sungai. Meander terbentuk melalui proses pengikisan dan pengendapan yang terjadi dibagian dalam maupun luar lekukan sungai. Pada bagian sungai yang alirannya cepat akan terjadi pengikisan. Bagian sungai yang aliran nya lambat akan terjadi pengendapan. Proses ini berlangsung terus-menerus sehingga terbentuk meander.


4. Danau Tapal Kuda (Oxbow Lake)

Oxbow Lake terbentuk akibat proses sedimentasi yang terus menerus di meander sungai. Akibat proses pengendapan, material sedimen akan memotong alur sungai sehingga menjadi lurus. Cekungan alur sungai yang terpotong akan membentuk genangan air yang menjadi danau.


5. Gumuk Pasir

Gumuk pasir terbentuk dari hasil pengendapan oleh angin. Tiupan angin yang kuat didaerah gurun maupun pantai akan membentuk gumuk pasir. Gumuk pasir terdapat di sepanjang pantai barat Belanda yang menjadi tanggul laut negara tersebut dan dipantai Parangtritis Yogyakarta.


Itulah ulasan Tentang Sedimentasi : Pengertian, Macam, Penyebab & Dampaknya Lengkap. semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :