Manajemen Pemasaran

√ Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Tujuan & Fungsinya [LENGKAP]

SeputarIlmu.Com – Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sering memakai ilmu dalam manajamen pemasaran. Apalagi perusahaan dalam bidang bisnis penjualan, karna manajemen pemasaran sangat penting dalam melakukan pemasaran usaha yang dijalani nya. Untuk itu disini akan menjelaskan tentang ilmu manajemen pemasaran. Mari simak ulasan yang ada dibawah berikut.

√ Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Tujuan & Fungsinya [LENGKAP]


Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran merupakan suatu proses yang di pakai oleh suatu perusahaan atau orang yang melakukan usaha dalam mengenalkan produk atau usaha yang akan di pasarkan, dan untuk mempertahankan suatu kelangsungan kegiatan perusahaan tersebut dan untuk mendapatkan suatu keuntungan atau laba.


Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Suparyanto dan Rosad

Menurut Suparyanto dan Rosad menyatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan Peroses penganalisisan, perencanaan, pengatran, dan pengelolaan program yang mengenai pengonsepan, penetapan harga, promosi dan distribusi produk atau jasa yang dirancang agar penciptaan dan pemeliharaan pertukaran menguntungkan dengan pasar yang menjadi sasaran untuk pencapaian tujuan perusahaan.


2. Kotler dan Keller

Menurut Kotler dan Keller menyatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan Proses yang dilakukan untuk penganalisaan, perancanaan, pengkoordinasian program yang menguntungkan,. Selain itu manajemen pemasaran dapat diartikan ilmu yang memilih pangsa pasar dapat menciptakan nilai pelanggan yang tinggi.


3. Dharmmesta dan Handoko

Menurut Dharmmesta dan Handoko menyatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan Kegiatan dilakikan perusahaan dengan tujuan mempertahankan kelangsungan usahanya. Proses manajemen pemasaran dimulai sebelum produksi dan berakhir saat penjualan.


4. John W. Mullins

Menurut John W. Mullins menyatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan Peroses penganalisisan, penerapan, pegkoordinasian, dan pengendalian program yang melibatkan konsep, menetapkan harga, promosi, dan distribusi produk yang sudah dirancang untuk penciptaan dan pemeliharaan pertukaran yang menguntungan denga pasar agar tujuan perusahaan tercapai.


Tujuan Manajemen Pemasaran

  • Untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen
  • Untuk memperkenalkan produk atau usaha yang dijalani
  • Untuk mendapatkan keuntungan atau laba
  • Untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain
  • Untk meningkatkan pelanggan atau konsumen

Fungsi Manajemen Pemasaran

  • Untuk melakukan riset konsumen
  • Untuk mengembangkan produk
  • Untuk melakukan distribusi
  • Untuk menetapkan harga
  • Untuk pemeberian service terhadap pelanggan


Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep manajemen pemasaran diartikan sebagai falsafah bisnis dimana pemuasan kebutuhan konsumen adalah syarat ekonomi dan sosial untuk kelangsungan pertahanan perusahaan. Tujuannya adalah untuk memberi kepuasan terhadap apa yang diinginkan konsumen (Stanton, 1978).

Oleh karena itu setiap kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus diarahkan untuk tujuan tersebut. Ada 3 elemen penting yang termasuk konsep manajemen pemasaran yaitu:

1. Orientasi Pada Konsumen (Market Oriented)

Konsep pemasaran yang paling baik adalah dengan menjadikan konsumen sebagai prioritas utama. Itulah sebabnya mengapa dalam strategi marketing selalu mengedepankan konsumen.

Dalam pemasaran biasanya konsumen dianggap raja, dan produsen adalah pelayan yang memberikan kebutuhan raja. Pelayanan produsen dilakukan dengan memberikan berbagai penawaran yang menarik, mulai dari produk terbaik hingga cara pelayanan konsumen.


2. Perencanaan Kegiatan Pemasaran

Pengaturan secara dinamis sebagai bentuk penyusunan berbagai kegiatan pemasaran secara menyeluruh. Semua aktivitas pemasaran, mulai dari strategi, implementasi, analisis, pengawasan, dan kegiatan lain yang terkait dengan pemasaran harus disusun secara terperinci.

Dengan begitu, maka proses analisis dan pengawasan terhadap hasil pemasaran dapat dilakukan dengan baik. Hal ini pada akhirnya akan memudahkan dalam melakukan evaluasi dan tindakan perbaikan terhadap kegiatan pemasaran.


3. Kepuasan Konsumen

Unsur paling penting di dalam pemasaran adalah kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen ini tidak hanya diukur dari kualitas produk saja, tapi juga dari bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan.


Itulah ulasan tentang √ Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Tujuan & Fungsinya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */