Komponen Biotik Secara Lengkap

Diposting pada

Komponen Biotik Secara Lengkap-. Makhluk hidup yang ada di sekitar kita dan sangat beraneka ragam itu disebut sebagai komponen biotik. Lalu, apa yang dimaksud dengan komponen biotik? dan apa saja yang termasuk ke dalam komponen biotik? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Komponen biotik adalah komponen yang meliputi semua makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme. Pada pokoknya makhluk hidup dapat digolongkan berdasarkan jenis-jenis tertentu, misalnya golongan manusia, hewan dan tumbuhan. Makhluk hidup berdasarkan ukurannya digolongkan menjadi mikroorganisme dan makroorganisme. Manusia merupakan faktor biotik yang mempunyai pengaruh terkuat di bumi ini, baik dalam pengaruh memusnahkan dan melipatkan atau mempercepat penyebaran hewan dan tumbuhan. Setiap makhluk hidup hanya dapat hidup dan berkembang biak pada lingkungan yang cocok atau biasa disebut dengan habitat.
Berdasarkan peranannya, komponen biotik dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu, produsen (penghasil), konsumen (pemakai) dan dekomposer (pengurai).

1. Produsen (Penghasil)

Produsen (penghasil) dalam pengertian biologi adalah makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanannya sendiri. Atau makhluk hidup yang mampu menghasilkan bahan organik dari bahan anorganik melalui proses fotosintesis. Contoh : tumbuhan.

2. Konsumen (Pemakai)

Konsumen (pemakai) adalah makhluk hidup yang tidak mampu membuat bahan organik dari bahan anorganik. Oleh karena itu, makanannya bergantung pada organisme lain. Organisme ini disebut juga organisme heterotrof. Komponen yang tergolong heterotrof adalah: manusia, hewan, jamur, dan mikroba. Organisme konsumen dibedakan berdasarkan atas jenis makanannya menjadi golongan herbivor (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging) dan omnivora (pemakan segala). Berdasarkan tingkatannya, konsumen dibagi menjadi:
  1. Konsumen primer, yaitu pemakan langsung produsen. Contohnya adalah semua bangsa herbivora serta omnivora seperti : sapi, kambing, ulat, tikus dan lain sebagainya. 
  2. Konsumen sekunder, yaitu pemakan konsumen primer. Contohnya ialah sebagian karnivora dan omnivora seperti : ayam, katak, ular, trenggiling, harimau, cheetah dan lain sebagainya. 
  3. Konsumen tersier, yaitu pemakan konsumen sekunder. Contohnya ialah sebagian karnivora dan omnivora seperti : hiu, gurita, elang dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Pengertian, Kalsifikasi dan Manfaat Tumbuhan Paku (Pterydophyta)

3. Dekomposer (Pengurai)

Dekomposer (pengurai) adalah makhluk hidup yang menguraikan zat yang terdapat di dalam makhluk mati. Adanya perombak ini memungkinkan zat-zat organik terurai dan mengalami daur ulang kembali menjadi hara. Yang termasuk kelompok perombak adalah bakteri dan jamur.

  1. Detrivora adalah organisme yang memakan partikel-partikel organik (detritus). Detritus merupakan hancuran jaringan hewan atau tumbuhan yang melapuk. Yang termasuk golongan ini adalah cacing tanah, siput, lipan, keluwing, dan teripang


Itulah ulasan mengenai Komponen Biotik Secara Lengkap-. Semoga apa yang telah diulas dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih. 


Baca Juga :