Konsep Geografi Dalam Kehidupan Manusia

Diposting pada

Konsep Geografi

Berdasarkan pengertian geografi yang telah dikemukakan oleh para ahli, Geografi merupakan ilmu yang mempelajari fenomena geosfer yang terjadi dalam ruang (space) dan waktu (time) tertentu. Fenomena geosfer dapat dipahami melalui konsep geografi. Melalui konsep geografi dapat diketahui gambaran dari objek atau proses fenomena geosfer. Dengan demikian, konsep geografi merupakan unsur penting dalam memahami fenomena atau kejadian geografi, baik yang ditimbulkan oleh faktor alam maupun non alam. Konsep geografi berkaitan dengan persebaran, hubungan, fungsi, bentuk, pola, dan proses terjadinya fenomena. Konsep geografi bermanfaat untuk mengkaji geosfer yang terjadi dalam kehidupan manusia sehari-hari. 


Konsep-Konsep Geografi

1. Konsep lokasi
Konsep lokasi menkaji letak suatu objek dipermukaan bumi. Contoh nya anda dapat mengetahui letak wilayah berdasarkan konsep lokasi. Lokasi suatu tempat dpermukaan bumi dapat dibedakan sebagai berikut :
  • Lokasi Absolut, yaitu suatu tempat dipermukaan bumi berdasarkan garis lintang, dan garis bujur.
  • Lokasi Relatif, yaitu lokasi suatu temapat yang dilihat dari tempat lain disekitarnya.
2. Konsep Jarak
  • Jarak Absolut, yaitu jarak antar wilayah yang diukur menggunakan satuan panjang.
  • Jarak Relatif, yaitu jarak antar wilayah yang mempertimbangkan rute, waktu, atau biaya.
3. Konsep Keterjangkauan
Mengkaji aksebilitas suatu tempat, konsep ini menunjukan kemudahan mencapai suatu tempat yang tidak selalu ditentukan jarak, tetapi lebih ditentukan medan.
4. Konsep Pola
Konsep Pola mengkaji susunan keruangan objek dipermukaan bumi. kegiatan manusia dalam memanfaatkan alam membentuk pola-pola tertentu. 
5. Konsep Morfologi
Konsep morfologi berkaitan dengan bentuk-bentuk permukaan bumi. bentuk-bentuk permukaan bumi dhasilkan oleh ativitas dari dalam dan luar permukaan bumi.
6. Konsep Aglomerasi 
Konsep aglomerasi berkaitan dengan pemusatan atau pengkelompokan fenomena dipermukaan bumi.
7. Konsep Nilai Guna
Konsep nilai guna berkaitan dengan kegunaan suatu wilayah berdasarkan potensi yang dimiliki.
8. Konsep Diferensiasi Area
Konsep diferensiasi area berkaitan dengan perbedaan karakteristik berbagai wilayah. Perbedaan karakteristik dapat berupa bentang alam, kependudukan, pembangunan, atau perekonomian.
9. Konsep Keruangan 
Konsep keruangan menunjukan tingkat saling membutuhkan dari dua wilayah. Keterkaitan keruangan didasari perbedaan potensi berbagai wilayah.
10. Konsep Interaksi dan Interdependensi 
Konsep ini menunjukan hubungan timbal balik antar wilayah. Hubungan ini didasari perbedaan potensi dan karakteristik setiap wilayah. Hubungan timbal balik berupa pergerakan barang, jasa, ide, informasi, atau penduduk.
Itulah penjelasan Konsep geografi dalam kehidupan manusia, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂 

Baca Juga :  Pengertian dan 12 Dampak Tenaga Vulkanik