Pengertian, 12 Bagian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Bunga Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
Pengertian, Bagian-bagian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Bunga Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap – Bunga ?? Mendengar kata bunga pasti akan terlintas dengan keharuman dan keindahan bunga, wajar apabila bunga banyak yag menyukai terutama para wanita, selain keharuman dan keindahan bunga, bunga juga melambangkan dengan rasa kasih sayang terhadap seseorang. Pada kesempatan kali ini seputarilmu.com akan membahas tentang pengertian bunga, bagian-bagian bunga, ciri-ciri bunga, dan fungsi bunga. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut. 

Pengertian Bunga 

Bunga (flos) ialah suatu organ pada tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya suatu perkembangbiakan generatif melalui suatu proses penyerbukan dan pembuahan. Bunga sebenarnya merupakan ialah suatu modifikasi tunas batang atau tunas daun yang berwarna, bentuk, serta susunannya di sesuaikan dengan kepentingan tumbuhan itu sendiri. Modifikasi tersebutlah yang akan membentuk beberapa bagian bunga yang masing-masing mempunyai fungsinyamasing-masing.

                  

Bagian-Bagian Bunga

1. Bagian tangkai induk bunga
Bagian tangkai induk bunga, berasal dari bahasa latin yaitu Rachis Pedunculus yang merupakan suatu bagian awal dari sebuah bunga. Bagian tangkai induk bunga ini adalah suatu cabang kelanjutan dari sebuah batang atau ranting pohon dan tanaman untuk menuju bunga.

2. Bagian tangkai bunga
Tangkai bunga berasal dari bahasa latin yaitu pedicellus yang artinya suatu bagian cabang terakhir antara tangkai induk bunga sampai suatu bagian dasar bunga. Tangkai bunga ini yang sering kita jadikan sebagai bagian bunga yang di petik dari pohonnya. Biasanya suatu bunga yang dijual sebagai hiasan dan juga koleksi akan mengikut sertakan bagian tangkai bunga nya.

3. Bagian dasar bunga
Bagian dasar bunga atau dalam bahasa ilmiahnya yaitu  receptacle yang artinya adalah suatu bagian bunga yang menjadi bagian dari ujung tangkai bunga, yang memiliki fungsi sebagai tempat melekatnya suatu mahkota bunga.

4. Bagian daun pelindung
Bagian lain dari sebuah bunga ialah bagian daun pelindung bunga. Bagian pelindung bunga ini berbeda dengan kelopak bunga, karena bagian yang sering dikenal dengan nama Brachtea ini ialah suatu daun terakhir yang merupakan lokasi tumbuhnya sebuah bunga. oleh karena itu pada bagian ketiak daun ini, sang bunga akan tumbuh dan berkembang.

5. Daun tangkai bunga
Brachteola atau yang sering kita kenal dengan daun tangkai bunga. daun tangkai bunga ialah suatu bagian yang berupa daun yang memiliki fungsi sebagai daun pelindung. Daun tangkai bunga ini tampak di luar bunga dan bisa terlihat. Daun ini berada pada suatu bagian pangkal dari suatu tangkai bunga.

6. Kelopak bunga
Kelopak bunga ialah salah satu bagian yang sangat penting pada sebuah bunga. Bagian bunga yang bernama sepal ini ialah suatu bagian bunga yang memiliki bentuk kuncup saat bunga belum mekar. kelopak bunga mempunyai fungsi untuk membantu dalam menjaga bunga yang belum mekar. Ketika sebuah bunga sudah mulai mekar, maka kelopak bunga akan ikut membuka, dan membiarkan sebuah bunga tersebut mekar. Ketika sebuah bunga sudah mekar sempurna, kelopak bunga akan membentuk seperti bagian dasar dari sebuah bunga, dengan warna hijau daun.

7. Mahkota bunga
Corolla yang biasa sering kita kenal yaitu mahkota bunga. Mahkota bunga ialah salah satu bagian bunga yang seringkali direpresentasikan sebagai bunga itu sendiri. karna mahkota bunga ialah suatu bagian paling luar dari sebuah struktur keseluruhan bunga, yang biasanya mempunyai warna yang cerah dan juga menarik. Mahkota bunga juga mempunyai susunan dan juga bentuk yang berbeda – beda setiap bunga, sehingga menjadi salah satu indikator utama dari sebuah kecantikan dan juga keindahan dari suatu bunga.

8. Benang sari
Bagian stamen yang biasa disebut dengan benang sari. Stamen ialah suatu bagian yang dikenal sebagai alat kelamin jantan pada sebuah bunga. Benang sari memiliki fungsi untuk membantu suatu proses reproduksi dan juga perkembangbiakan pada sebuah bunga, sehingga dapat menumbuhkan tanaman baru.

Benang sari terdiri atas tiga bagian utama yaitu :
  • Antheral  atau yang sering kita sebut dengan kepala sari
  • Polen atau yang sering kita sebut dengan serbuk sari
  • filament  atau yang sering kita sebut dengan Tangkai sari

Bagian pendukung dari kepala sari :
  • Putik Bunga
  • Carpel

 

Jenis-Jenis Bunga 

1. Berdasarkan Kelengkapan Bagian Bunga
Berdasarkan kelengkapan bagian bunga, yaitu perhiasan bunga dan alat kelamin bunga. Jenis-Jenis bunga dibagi menjadi bunga lengkap dan bunga tak lengkap. seperti yang ada dibawah ini.

a. Bunga Lengkap
Bunga lengkap ialah suatu bunga yang memiliki kelopak, mahkota, benang sari,dan putik. Bunga lengkap mempunyai dua macam alat kelamin,oleh karena itu disebut dengan bunga berkelamin ganda (hermafrodit). Akan tetapi pada bunga berkelamin ganda atau berkelamin lengkap belum tentu merupakan sebuah bunga lengkap. Contohnya yaitu bunga sepatu, tembakau, mawar, melati, dan terung
b. Bunga Tidak Lengkap
Bunga disebut bunga tidak lengkap jika tidak mempunyai salah satu atau beberapa bagian bunga baik perhiasan maupun alat kelamin bunga. Bunga tidak lengkap dibedakan menjadi dua kelompok yaitu 
  • Perhiasan Bunga Tidak Lengkap, perhiasan bunga tidak lengkap yaitu yang tidak mempunyai mahkota atau kelompak. Bunga yang yang tidak mempunyai perhiasan bunga disebut dengan bunga telanjang. Contohnya bunga rambutan, bunga kelapa, dan jepung bali
  • Alat Kelamin Tidak Lengkap, alat kelamin tidak lengkap ialah sebuah bunga yang hanya memiliki salah satu alat kelamin yang disebut dengan bunga berkelamin tunggal. bunga berkelamin tunggal terdiri dari bunga jantan dan bunga betina. Contohnya bunga mentimun dan bunga salak. Atau jika bunga tidak mempunyai alat kelamin disebut dengan bunga mandul (bunga tidak berkelamin),contohnya pada bunga pita dan pada bunga matahari.
2. Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin
Dilihat dari kelengkapan alat kelaminnya, bunga dibedakan menjadi 2 yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.
  • Bunga Sempurna, bunga sempurna ialah jika memiliki dua macam alat kelamin, yaitu benang sari dan putik. Perhiasan bunga nya berupa kelopak dan mahkota bunga tidak selalu harum ada pada bunga sempurna. contohnya : bunga mawar, alamanda, kamboja, matahari
  • Bunga Tidak Sempurna, Bunga disebut bunga tidak sempurna apabila hanya memiliki satu macam alat kelamin, benang sari saja atau putik saja. Ada juga dikatakan monoesis dan diesis, monoesis ialah sebuah bunga yang mempunyai suatu alat kelamin jantan, dan bunga yang mempunyai suatu alat kelamin betina terdapat pada satu tumbuhan, contohnya : tumbuhan jagung dan mentimun sedangkan diesis ialah sebuah bunga jantan dan bunga betina terdapat pada suatu individu tumbuhan yang berlainan, maka disebut tumbuhan berumah dua. Contohnya : tumbuhan salak dan siwalan. 

 

Fungsi Bunga 

  • Sebagai organ seksual,karena bunga ialah tempat menyatunya suatu gamet jantan dan juga gamet betina pada suatu tumbuhan.
  • sebagai alat reproduksi dan juga untuk penyebarannya melalui bunga tersebut.
  • Sebagai organ untuk bertahan pada kondisi yang kurang menguntungkan. Hal ini terjadi, misalnya pada suatu tanaman yang biasa tumbuh pada lokasi kering, yang dimana tumbuhan tesebut akan membentuk sebuah bunga ketika mangalami suatu kondisi kekurangan air.
  • Untuk menarik serangga, agar mau hinggap dan membantu suatu proses penyerbukan pada bunga
  • Untuk meneruskan suatu proses perkembangbiakan, karena bunga ada juga yang berproses menjadi suatu biji, yang kemudian bisa ditanam kembali.

 Bunga merupakan salah satu bagian dari tumbuhan yang memiliki peranan yang tidak kalah penting dari bagian lainnya. Itulah penjelasan tentang Pengertian, 12 Bagian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Bunga Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.

Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, dan Macam-Macam Pengendalian di Dalam Manajemen