Pengertian, 3 Bagian, Jenis, dan Fungsi Gigi Menurut Para Ahli Gigi Secara Lengkap

Diposting pada
Pengertian, 3 Bagian, Jenis, dan Fungsi Gigi Menurut Para Ahli Gigi Secara Lengkap – Gigi ?? mendengar kata gigi sudah tidak asing lagi bagi kita. karena gigi selalu kita gunakan pada saat makan yang kegunaan nya untuk menggigit, memotong, mengunyah, mencabik, dan menghaluskan yang kita makan. Agar lebih jelasnya lagi disini akan mengulas tentang pengertian, bagian, jenis, dan fungsi gigi secara lengkap. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut.

Pengertian Gigi

Gigi ialah suatu alat pencernaan mekanik yang terdapat pada rongga bagian mulut. Gigi ini memiliki fungsi untuk merobek, memotong dan mengunyah suatu makanan kita makan sebelum makanan tersebut akan masuk ke kerongkongan. Gigi jmempunyai struktur keras yang sehingga memudahkan untuk menjalankan fungsinya. 

Bagian Bagian Gigi

1. Puncak atau Mahkota Gigi
Puncak atau Mahkota Gigi ialah suatu bagian gigi yang terlihat dari luar, pada bagian ini dilapisi oleh lapisan pelindung yang disebut email gigi.
2. Leher Gigi
Leher gigi ialah suatu bagian gigi yang telah tertanam oleh gusi, pada bagian ini terdapat dibawah bagian mahkota gigi dan diatas bagian akar gigi.
3. Akar Gigi
Akar Gigi ialah suatu bagian gigi yang telah tertanam dibawah rahang dan tidak terlihat dari luar, masing-masing pada jenis gigi pada manusia mempunyai jumlah akar gigi yang berbeda-beda.

 

Gigi Mempunyai 4 Lapisan, yaitu :

1. Email Gigi
Email gigi ialah suatu lapisan yang melapisi pada bagian mahkota gigi. Email gigi ialah suatu bagian yang sangat keras karena telah tersusun oleh kasium dengan konsentrasi yang sangat tinggi. Pada bagian email gigi paling keras terletak pada suatu bagian mahkota yang memiliki fungsi sebagai pelindung, dan kemudian semakin ke bawah maka suatu email gigi semakin tipis sehingga akhirnya akan hilang ketika memasuki akar gigi.
2. Sementum Gigi
Sementum Gigi ialah suatu bagian gigi yang melapisi suatu akar gigi. Sementum memiliki fungsi untuk menghubungkan suatu gigi dengan rahang tempatnya tumbuh. Struktur Sementum tidaklah sekeras email pada mahkota gigi. ibarat Semen akan semakin tebal seiring bertambahnya usia.
3. Tulang Gigi (Dentin)
Tulang Gigi (Dentin) ialah suatu lapisan gigi yang terdapat pada setelah lapisan email gigi pada mahkota dan terdapat pada setelah lapisan sementum pada akar gigi. Dentin mempunyai struktur seperti tulang namun lebih keras, karena mempunyai konsentrasi kalsium yang lebih tinggi, dan karena itu sering disebut dengan Tulang Gigi. Dentin ialah struktur terluas pada gigi karena melapisi seluruh tubuh gigi, dari mahkota sampai akar.
4. Rongga Gigi (Pulpa)
Rongga Gigi (Pulpa) ialah suatu jaringan lunak pada tengah gigi yang berbentuk rongga dan terisi oleh suatu pembuluh darah dan pembuluh saraf. Pulpa memiliki fungsi untuk memberikan suatu nutrisi pada gigi karena mempunyai pembuluh darah, dan juga memiliki fungsi untuk mengidentifikasi apabila terdapat suatu zat asing dalam gigi karena mempunyai pembuluh saraf. Pulpa juga berfungsi untuk membentuk suatu lapisan dentin.

Jenis-jenis Gigi

 

1. Gigi Seri
Gigi Seri ialah jenis gigi yang memiliki satu akar dan memiliki fungsi untuk memotong atau mengerat pada makanan. Gigi seri berbentuk tegak dengan mahkota yang horizontal. Manusia dewasa mempunyai 4 gigi seri, masing-masing pada rahang bawah dan rahang atas terbagi 2.
2. Gigi Taring
Gigi Taring ialah jenis gigi yang mempunyai satu akar dan memiliki fungsi untuk merobek dan mengoyak pada sebuah makanan. Gigi taring memiliki bentuk tegak dan agak runcing. Manusia dewasa mempunyai 4 gigi taring, masing-masing pada rahang bawah dan pada rahang atas yang terbagi 2.
   
3. Gigi Geraham Depan (Premolar)
Gigi Geraham Depan (Premolar) ialah jenis gigi yang memiliki 2 akar dan memiliki fungsi untuk menggiling dan mengunyah pada sebuah makanan. Gigi Premolar memiliki bentuk rendah dan terdapat beberapa tonjolan pada bagian mahkotanya. Manusia Dewasa mempunyai 8 Gigi Premolar, masing-masing pada rahang bawah dan pada rahang atas yang terbagi 4.
4. Gigi Geraham Belakang (Gigi Molar)
Gigi Geraham Belakang (Gigi Molar) ialah sebuah jenis gigi yang memiliki 2 atau 3 akar yang memiliki fungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan, dan menghaluskan pada sebuah makanan yang kita makan. Gigi Molar mempunyai bentuk yang mirip dengan gigi Premolar diatas. Manusia dewasa mempunyai 12 gigi Molar permanen. yang Masing – masing pada rahang atas dan rahang bawah yang terbagi menjadi 6.

Berdasarkan Usia Gigi Terbagi Menjadi 2 Jenis, Yaitu :

1. Gigi Susu
Gigi susu ialah jenis gigi yang tumbuh pertama kali pada semua manusia, seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia manusia, gigi susu ini akan digantikan dengan gigi permanen. Biasanya jenis gigi susu mulai tumbuh pada usia 6, 7 atau 8 bulan, dan gigi yang pertama tumbuh ialah jenis gigi seri pada rahang bawah. secara berjalan nya waktu Gigi ini akan tumbuh lengkap ketika manusia berusia pada 2,5 – 3 tahun. selanjutnya akan copot satu per satu sejak pada usia 6 tahun dan mulai digantikan oleh jenis gigi permanen. Gigi susu mempunyai jumlah 20 buah yang terbagi menjadi yaitu 8 Gigi seri, 4 Gigi taring, dan 8 gigi premolar.
2. Gigi Permanen
Gigi Permanen ialah jenis gigi yang tumbuh untuk menggantikan gigi susu dan gigi ini tidak akan copot dengan sendirinya dan juga tidak akan digantikan oleh jenis gigi lain sepanjang kehidupannya. Gigi permanen seluruhnya berjumlah 32 buah, yang terbagi menjadi yaitu 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 Gigi Premolar, dan 12 Gigi Molar.

Pada saat makan manusia membutuhkan gigi untuk menggigit, mencabik, memotong, dan menghaluskan makanan agar makanan tercerna pada pencernaan manusia. Itulah ulasan tentang Pengertian, 3 Bagian, Jenis, dan Fungsi Gigi Menurut Para Ahli Gigi Secara Lengkap


Baca juga :

Pengertian, Bagian-Bagian, dan Fungsi Organ Pada Manusia dan Hewan.
Pengertian, Bagian-Bagian, dan Fungsi Organ Pada Tumbuhan



Baca Juga :  Pengertian, Tujuan, Fungsi-Fungsi Akuntansi Manajemen Secara Lengkap