Pengertian, Bagian-bagian,Ciri-Ciri dan 5 Fungsi Akar Beserta sifat Akar Menurut Ahli Biologi Secara Lengkap

Diposting pada
Pengertian, Bagian-bagian,Ciri-Ciri dan 5 Fungsi Akar Beserta sifat Akar Menurut Ahli Biologi Secara Lengkap  – Akar ?? Para sahabat sekalian pasti sudah melihat akar, ya akar merupakan salah satu bagian dari tumbuhan yang tidak kalah penting dari bagian yang lain dari tumbuhan. Pada kesempatan kali ini seputarilmu.com akan membahas pengertian akar, bagian-bagian akar, ciri-ciri akar besera sifatnya. Untuk itu mari lah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Akar 

Akar adalah salah satu bagian dari tumbuhan dan tumbuhnya di dalam tanah. Pada dasarnya akar berada di dalam tanah. Akar memiliki warna yang biasanya berwarna putih atau kuning. Bentuk akar pada suatu tumbuhan rata-rata meruncing pada bagian ujungnya. Bentuk runcing pada suatu akar bisa memudahkan akar untuk menembus tanah.

Akar ialah salah satu organ tumbuhan yang mempunyai fungsi utama yaitu untuk menghisap air dan garam mineral dari dalam tanah. Air dan mineral tersebut akan digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh. Akar memiliki bagian luar yang terdiri dari daerah pertumbuhan akar, tudung akar, serta bulu akar. Pada bagian-bagian akar yang paling dalam bisa untuk diamati dengan cara memotong akar tersebut secara melintang.


Jenis-Jensi Akar

1. Akar Serabut
Akar serabut terdapat pada suatu tumbuhan monokotil. Tetapi ada saja tumbuhan dikotil juga bisa memilikinya (tumbuhan dikotil tersebut dikembang biakkan dengan dua cara yaitu cangkok atau dengan stek). Fungsi utama dari akar serabut yaitu untuk dapat memperkokoh berdirinya pada suatu tumbuhan.
 
2. Akar Tunggang
Akar tunggang biasanya terdapat pada suatu tumbuhan dikotil. Akar tunggang memiliki fungsi utama yaitu untuk menyimpan suatu makanan. Contohnya : wortel, ubi dan lain sebagainya.
 
Jenis akar lainnya yakni akar adventif antara lain:
1. Akar Gantung
Akar gantung ialah suatu akar yang tumbuh dari mulai pada bagian atas batang serta tumbuh ke arah tanah. Posisi Akar gantung terlihat menggantung di udara. Akar gantung tersebut memiliki fungsi yaitu untuk menyerap uap air serta sebuah gas yang ada di udara. Namun, jika akar gantung telah mencapai tanah, maka akar gantung tersebut akan masuk ke dalam tanah serta berguna untuk menyerap air dan sebuh garam mineral di dalam tanah. Tumbuhan yang memiliki akar gantung contohnya pohon beringin.
2. Akar Napas
Akar napas adalah salah satu jenis akar yang tumbuh keluar dari batang pada bagian bawah. Akar napas biasanya sebagian muncul di sebuah permukaan tanah dan juga ada sebagian lagi yang berada di dalam tanah. Akar tersebut bisa terlihat seperti sedang menopang tegaknya pada suatu batang. Akar napas mempunyai banyak celah tempat untuk masuknya suatu udara. Sehingga pada akar napas memiliki fungsi yaitu untuk bernapas. Tumbuhan yang memiliki akar napas contohnya yaitu pada tumbuhan bakau dan pandan.
3. Akar Pelekat
Akar pelekat adalah salah satu jenis akar yang tumbuh di sepanjang batang. Akar pelekat ini ada pada suatu tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar pelekat memiliki fungsi guna untuk melekatkan batang pada suatu tembok atau tumbuhan yang lainnya. salah satu contoh tumbuhan yang mempunyai Akar pelekat ialah pada tumbuhan sirih.

Bagian-Bagian Akar

1. Epidermis
Epidermis ialah salah satu Sel yang memiliki sebuah bentuk yang pipih dengan dinding yang tipis, yang dimana didekat ujung akar, sel epidermis ini akan mengalami suatu perubahan yaitu berbentuk rambut-rambut akar yang mana mempunyai fungsi untuk memperluas suatu bidang untuk menyerap air dan mineral.

2. Korteks Akar
Salah satu Sel dari akar ini mempunyai suatu bentuk dan vakuola yang besar. Plastida yang ada didalam sel korteks ini biasanya akan menyimpan pati. oleh karena itu, pada umumnya pada suatu tumbuhan yang menyimpan suatu cadangan makanan, akarnya akan menjadi lebih dominan jika dibandingkan dengan jaringan lainnya.
 
3. Endodermis
Sel endodermis ini salah satu sel dari akar yang mempunyai suatu kandungan selapis suberin ataupun suatu gabus yang mana sering disebut dengan pita caspary, Pita tersebut ialah satu kesatuan antara lamela tengah dengan suatu dinding primer. Dibagian ini yang akan yang mengalami suatu penebalan sekunder, jaringan endodermis ini akan tanggal bersamaan dengan sel korteks.
 
4. Silinder pusat
Silinder pusat ialah yang terdapat didalam suatu sel endodermis yang mana terdiri atas suatu jaringan xylem dan juga floem. Pada suatu lapisan luar silinder pusat terdapat perikambium ataupun perisikel. Pada bagian tengah biasa nya jika tidak diisi dengan jaringan pembuluh maka bagian tersebut akan diisi dengan parenkim empulur. 

Fungsi Akar 

  • Berguna untuk penyokong dan untuk memperkuat serta memperkokoh berdirinya suatu tumbuh-tumbuhan dimana ia hidup.
  • Berguna untuk penyerapan air & zat-zat hara dari dalam tanah.
  • Berguna sebagai tempat untuk menyimpan sebuah makanan, seperti pada tumbuhan wortel dan ubi.
  • Berguna untuk mengangkut air & membawa zat-zat yang sudah terserap ke bagian tubuh tumbuh-tumbuhan
  • Pada tumbuhan bakau, akar memiliki fungsi berguna sebagai alat respirasi.

Ciri-ciri Akar

  • Akar ialah salah satu bagian tumbuhan yang biasanya ada di dalam tanah, pertumbuhan akar mengarah ke arah dalam tanah. Pada umumnya akar menjauhi suatu cahaya agar dalam pertumbuhannya akan menjadi lebih cepat.
  • Akar tidak seperti bagian tumbuhan yang lainnya seperti batang dan juga daun yang memiliki warna hijau karena pada daun mengandung suatu klorofil, warna akar yaitu keputih-putihan atau kekuning-kuning.
  • Pertumbuhan terjadi di ujung akar yang merupakan suatu titik pertumbuhan primer yang dimana disana terdapat suatu jaringan meristimatik, serta mekanisme dominasi apikal yang terjadi pada sebuah akar.
  • Ujung akar memiliki suatu bentuk yang meruncing dan memiliki fungsi berguna untuk menembus tanah serta memecahkan bebatuan.

Sifat Akar

Akar adalah salah satu bagian tumbuhan yang posisinya di dalam tanah yang dapat terus menerus tumbuh. Arah gerak pertumbuhan akar dipengaruhi oleh suatu gravitasi (geotropi) atau oleh air (hidrotropi). Akar bisa tumbuh menembus tanah karena memiliki yang ujungnya yang berbentuk runcing. Pada sebug akar tidak terlihat buku-buku yang membentuk ruas-ruas. Akar umumnya yang berwarna pucat dan tidak berklorofil sehingga tidak bisa melakukan fotosintesis.

Baca Juga :  Pengertian, Macam-Macam, dan Beserta Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan

Akar yaitu salah satu bagian terpenting didalam tumbuhan yang mempunyai fungsi tidak kalah dengan bagian lainnya. Itulah penjelasan tentang Pengertian, Bagian-bagian,Ciri-Ciri dan 5 Fungsi Akar Beserta sifat Akar Menurut Ahli Biologi Secara Lengkap. Semoga apa yang dijelaskan diatas bermanfaat bagi pembaca dan yang membutuhkannya. Sekian dan terimakasih.



Baca Juga :