Pengertian, Ciri, Dan Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) Beserta Contohnya Secara Lengkap

Diposting pada
Pengertian, Ciri, Dan Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) Beserta Contohnya Secara Lengkap – Dalam kehidupan sehari-hari kita jarang menemukan contoh dari gerak lurus beraturan karena gerak lurus beraturan adalah gerak yang lintasan nya lurus dan dengan kecepatan yang tetap. Untuk lebih jelasnya mengenai gerak lurus beraturan disini akan membahas tentang pengertian gerak lurus beraturan, ciri gerak lurus beraturan, rumus gerak lurus beraturan, dan contoh gerak lurus beraturan secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan (GLB) merupakan gerak sebuah benda yang kecepatannya tetap. Yang artinya, dalam beberapa selang waktu yang sama, perpindahan benda juga sama. Pada gerak ini biasanya terjadi pada suatu benda yang melalui lintasan lurus yang datar (horisontal). Pada gerak lurus beraturan berlaku dengan persamaan kecepatan tetap.

Dalam kehidupan sehari-hari, jarang sekali kita jumpai contoh dari benda yang bergerak lurus beraturan dalam jangka waktu yang relatif lama. Misalnya, pada sebuah motor yang sedang bergerak dengan kecepatan 80 km/jam terpaksa harus mengurangi kecepatanya ketika di depannya ada kendaraan lain. Atau, motor tersebut harus menambah kecepatannya ketika akan mendahului kendaraan lain di depannya. Dengan demikian, kecepatan motor tidak selamanya tetap, tetapi berubah-ubah. Tapi, untuk jangka waktu tertentu, kecepatan motor tersebut dapat dikatakan tetap, sehingga dikatakan motor bergerak lurus beraturan

Ciri-Ciri Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Suatu benda dikatan bergerak lurus beraturan jika menunjukan ciri-ciri sebagai berikut ini :
  • Pada sebuah lintasannya berupa garis lurus atau masih bisa dianggap sebagai lintasan yang lurus
  • Pada kecepatan suatu bendanya tetap atau konstan
  • Tidak memiliki percepatan (a=0)
  • Pada panjang lintasan yang ditempuh sama dengan luas grafik v-vs-t
  • Pada suatu kecepatannya berbanding lurus dengan perpindahan dan berbanding terbalik dengan waktu.

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB)

S = v x t
V = s/t

Baca Juga :  8 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli, Beserta Macam-Macam Gerak dan Contohnya Secara Lengkap

Keterangan:
V = kecepatan
s = jarak
t = waktu

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Sebuah motor bergerak di jalan jendral soedirman dengan kecepatan tetap 80 km/jam  selama 15 menit. Berapakah jarak yang ditempuh motor selama 15 menit?
Penyelesaian:
Diketahui :
Kecepatan (v) = 80 km/jam
Waktu (t) = 15 menit = 1/4 jam
Ditanya jarak (s) ?? 
jawab :
s=v x t
s= (80 km/jam).(1/4 jam) = 20 km
Jadi, jarak yang ditembuh motor dijalan jendral soedirman selama 15 menit sejauh 20 km.
Itulah ulasan tentang Pengertian, Ciri, Dan Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) Beserta Contohnya Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.
Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :