Pengertian dan 6 Dampak Rotasi Bumi Secara Lengkap

Diposting pada

Pengertian dan 6 Dampak Rotasi Bumi Secara Lengkap– Anda setiap hari dapat menyaksikan matahari bergerak dari timur ke barat. Benarkah demikian? Sebenar nya bukan matahari yang bergerak, tetapi bumi yang bergerak, yaitu berputar pada porosnya. Kita yang berada di Bumi seolah-olah merasakan Matahari yang bergerak.

Pengertian Rotasi Bumi

Rotasi Bumi adalah perputaran bumi yang berputar ke arah timur pada porosnya. Apabila dilihat dari utara, gerakan bumi berlawanan dengan arah jarum jam. Kita yang berada di Bumi sebenarnya berputar dengan kecepatan 1.670 km/jam, tetapi tidak merasakan putaran tersebut karena pengaruh gravitasi Bumi dan benda-benda disekeliling kita juga ikut berputar bersama-sama. Rotasi bumi mengakibatkan panjang siang dan malam berbeda-beda. Masa rotasi bumi pada sumbernya dalam kaitannya dengan bintang adalah 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik. Masa rotasi dalam kaitannya dengan matahari adalah 24 jam. akan tetapi, perputaran ini perlahan terus melambat karena pengaruh gravitasi bulan. Hal ini bisa dilihat dari melambat nya satu hari pada masa kini sebesar 1,7 milidetik dibanding se abad yang lalu.

Dampak dari Rotasi Bumi

1. Peredaran Semu Harian Benda-Benda Langit
Benda-benda langit yang terlihat setiap hari, terutama malam hari, seolah-olah melintas dari timur ke barat. Pergerakan ini selanjutnya disebut pergerakan semu harian benda langit. Pergerakan semu ini terjadi karena ada nya rotasi bumi pada porosnya.

2. Peristiwa Siang dan Malam
Rotasi bumi menyebabkan bagian Bumi yang berhadapan langsung dengan Matahari akan mendapat sinar, sedangkan bagian disebaliknya tidak mendapatkan sinar. Bagian Bumi yang mendapat sinar Matahari mengalami siang, sebaliknya bagian yang tidak mendapat sinar matahari mengalami malam. Perubahan siang menjadi malam, atau malam menjadi siang berlangsung perlahan. Daerah yang berada diposisi sebelah timur dari daerah lain akan mengalami siang lebih dahulu. Waktu siang hari dimanfaatkan banyak penduduk untuk melakukan kegiatan. Sementara waktu malam hari dimanfaatkan banyak penduduk untuk beristirahat.

Baca Juga :  Teori Pembentukan Bumi Menurut Para Ahli

3. Perbedaan Waktu dan Pembagian Waktu Internasional
Rotasi bumi menyebabkan waktu diberbagai tempat Bumi berbeda-beda. Garis bujur (garis khayal yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan) digunakan untuk menentukan waktu di berbagai tempat di permukaan bumi. Garis bujur 0 derajat yang melawati Kota Greenwich Inggris sebagai dasar pembagian waktu internasional dipermukaan bumi. Daerh disebelah timur garis bujur 0 derajat disebut bujur Timur dan daerah disebelah barat garis bujur 0 derajat disebut bujur barat. Daerah barat dan timur yang sama besar dibatasi garis bujur 180 derajat. Perbedaan waktu dua wilayah berdampak pada waktu mulai dan berakhir kegiatan penduduk seperti waktu kerja dan waktu sekolah.

4. Pembelokan Arah Angin
Angin bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. Akan tetapi, arah angin tidak sama persis dengan arah gradien tekanan. Angin dari arah utara dibelahan bumi utara berbelok ke kanan sesampai didaerah ekuator. Sebalik nya angin dari arah selatan dibelahan bumi selatan akan berbelok kekiri sampai didaerah ekuator. Gejala ini disebabkan pengaruh gaya Coriolis. Gaya coriolis adalah gaya semu yang timbul akibat efek gerak rotasi bumi dan gerak benda relatif terhadap bumi. Pembelokan arah angin berdampak pada penyimpangan arah penerbangan sehingga pesawat perlu dipantau agar jalur nya sesuai tujuan.

5.Pembelokan Arus Laut
Arus laut digerakan oleh angin yang bertiup dipermukaan laut. Seperti arah angin, arah arus laut juga menyimpang karena rotasi bumi. Arus laut dipaksa membelok ketika sampai dibelahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan. Pembelokan arus laut berdampak pada penyimpangan arah pelayaran kapal-kapal yang melintasi samudra luas sehingga kapal perlu mengatur arah jalur tujuan.

Baca Juga :  Pengertian Para Ahli, Tugas Dan Komponen Beserta Manfaat Sistem Informasi Geografis Di Berbagai Bidang

6. Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi
Benda yang berotasi bumi menimbulkan gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal mengakibatkan Bumi tepat dibagian kutub. Gari tengah bumi dibagian kutub lebih kecil dibanding dibagian ekuator. Perbedaan garis tengah ini mengakibatkan percepatan gravitasi bumi berbeda. Sesuai hukum Newton, gravitasi di daerah kutub lebih besar dibanding didaerah ekuator, Gravitasi bumi berdampak pada penentuan kecepatan dan tinggi terbang satelit.

 Itulah ulasan tentang Pengertian dan 6 Dampak Rotasi Bumi Secara Lengkap, Semoga ilmu nya bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.

Baca juga :