Pengertian dan 8 Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Diposting pada
Pengertian dan 8 Ciri-Ciri Makhluk Hidup – Manusia, hewan, dan tumbuhan adalah makhluk hidup yang ada dibumi. Ukuran, bentuk, kebiasaan, tempat, dan cara hidup berbagai makhluk hidup itu bermacam-macam. Meskipun demikian semua makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang membedakan dengan makhluk yang tidak hidup dan mati.  Untuk itu lebih jelas lagi mari simak ulasan dibawah berikut.


Pengertian Makhluk Hidup

kata organisme di ambil dari bahasa yunani yaitu organon yang berarti alat. makhluk hidup adalah suatu kumpulan molekul-molekul yang saling memengaruhi sedemikian sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. Istilah kata organisme kompleks mengacu pada organisme yang memiliki lebih dari satu sel. nama lainya yang sering disebut selain organisme adalah makhluk hidup Organisme terdiri dari manusia, tumbuhan, hewan, serta mikro organisme.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

1. Bernafas
Semua makhluk hidup melakukan proses pernapasan. Bernafas adalah proses mengambil udara (O2) dari luar dan mengeluarkan udara (CO2) dari dalam tubuh. Oksigen (O2) sangat diperlukan makhluk hidup untuk pembakaran makanan dalam tubuh dan menghasilkan energi yang diperlukan tubuh atau disebut juga oksidasi tubuh. energi ini digunakan tubuh untuk bergerak dan melakukan aktivitas lainnya. 

2. Memerlukan Makanan dan Minuman
Seluruh makhluk hidup memerlukan makanan. Makanan yang dimakan harus mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.  Bagaimana dengan tumbuhan, apakah memerlukan makanan juga ? Tumbuhan juga memerlukan makanan agar tubuhnya dapat tumbuh dengan baik. Tumbuhan tumbuhan berhijau daun mempunyai klorofil yang dapat digunakan untuk membuat makanan sendiri dengan fotosintesis. Fotosintesis memerlukan bahan-bahan berupa karbon dioksida, air, dan cahaya matahari. Dalam proses fotosintesie dihasilkan oksigen dan karbohidrat.

3. Bergerak
Bergerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Gerak pada manusia dan hewan jelas tampak terlihat. Kamu dapat berjalan, berlari, dan menggerakan tangan. Begitu juga dengan hewan. Untuk melakukan gerakan tersebut, manusia dan hewan dibantu oleh alat gerak. 

4. Tumbuh dan Berkembang
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Tumbuh merupakan perubahan ukuran tubuh akibat bertambah nya jumlah sel dan volume tubuh. Pertumbuhan bersifat ireversibel artinya tidak dapat kembali ke bentuk semula. Misalnya dari tubuhmu yang bertambah tinggi dan tidak akan kembali akan pendek kembali. Sedangkan berkembang merupakan proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif. Pertumbuhan pada manusia dan hewan bersifat terbatas. Artinya hanya tumbuh sampai usia tertentu dan sesudah itu pertumbuhannya akan berhenti. Sedangkan pertumbuhan pada tumbuhan umumnya tidak terbatas, artinya tumbuhan akan selalu tumbuh selama hidupnya.

5. Berkembang biak (Reproduksi)
Berkembang biak atau reproduksi adalah kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan. Perkembangbiakan  ini berguna untuk melestarikan jenisnya. 

6. Peka terhadap Rangsang
Salah satu ciri makhluk hidup adalah peka terhadap rangsangan. Kemampuan makhluk hidup memberi tanggapan terhdap rangasangan disebut iritabilitas. 

7. Menyesuaikan Diri Terhadap Lingkungan
Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan (adaptasi) supaya dapat bertahan hidup. contoh adaptasi pada tumbuhan adalah bentuk daun yang berbeda antara tumbuhan yang hidup didaerah lembab, berair, dan kering. Adaptasi juga berbentuk tingkah laku, contohnya kerbu berkubang ketiak udara panas. 
8. Mengeluarkan Zat Sisa (Ekskreasi)
Setiap makhluk hidup mengeluarkan zat sisa agar tidak membahayakan dan meracuni tubuhnya. Alat ekskreasi pada manusia berupa paru-paru, kulit, ginjal, dan anus. Pau-paru mengeluarkan zat sisa berupa karbon dioksida dan uap air. Kulit mengelurkan zat sisa berupa keringat yang terdiri dari air, urea dan garam. Ginjal mengeluarkan zat sisa berupa urin yang terdiri dari air, garam, dan urea. Anus merupakan proses sistem pencernaan yang mengeluarkan zat sisa berupa tinja, air, dn garam. Bagaimana dengan tumbuhan mengeluarkan zat sisa. pengeluaran zat sisa pada tumbuhan dialkukan dengan melalui stomata dan lentisel.

Itulah ulasan tentang Pengertian dan 8 Ciri-Ciri Makhluk Hidup . Semoga bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.



Baca Juga :  Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaat Lumut (Bryophyta)