Pengertian dan Dampak Tenaga Tektonik Lengkap

Diposting pada

Pengertian dan Dampak Tenaga Tektonisme

Pengertian Tektonik/Tektonisme

Tektonisme merupakan tenaga dari dalam bumi yang menimbulkan patahan (fault), dislokasi (perubahan letak), dan lipatan (fold) batuan kerak bumi. patahan/sesar dan dislokasi kerak bumi menyebabkan terbentuk nya graben/sleng dan horst. Lipatan batuan kerak bumi menyebabkan terbentuk punggung lipatan (antiklinal), lembah lipatan (sinklinal), depresi, dan elevasi. Tektonisme sangat berkaitan dengan diatorpisme, yaitu proses perubahan bentuk muka bumi seperti terbntuknya gunung, plato, serta lipatan dan retakan batuan. Tenaga tektonisme yang menyebabkan gerak naik dan turun lapisan batuan kerak bumi dibedakan menjadi 2, yaitu:

1. Gerak Epirogenesa
Merupakan gerakan tenaga tektonik yang sangat lambat dan meliputi wilayah sangat luas. gerak epirogenesa dibedakan menjadi gerak epirogenesa positif dan epirogenesa negatif.

2. Gerak Orogenesa
Merupakan gerak tenaga tektonik yang relatif cepat dan meliputi wilayah relatif sempit. Gerak orogenesa membentuk pegunungan, seperti pegunungan, Gerak orogenesa menimbulkan lipatan, patahan, dan retakan batuan.

  • Lipatan, Lipatan batuan terbentuk oleh tenaga dari dalam bumi. Tekanan yang tidak terlalu kuat dan berlangsung dalam waktu cukup lama menyebabkan lapisan batuan kerak bumi mengerut atau melipat. Pengerutan atau pelipatan batuan dapat membentuk pegunungan. Bagian puncak atau punggung lipatan disebut antiklinal dan bagian lembah disebut siniklinal.
  • Patahan, Selain melipat, batuan kerak bumi dapat patah. Patahan terjadi apabila tenaga yang menggerakan kerak bumi sangat kuat dan berlangsung singkat. Blok atau bagian permukaan bumi yang patah dan turun disebut graben/slenk. Sementara itu, bagian yang patah dan terangkat disebut horst. 

Dampak Tenaga Tektonik

Tenaga Tektonik dapat berdampak positif dan negatif bagi kehidupan.
1. Dampak positif
ditemukan nya kantong-kantong minyak dan gas alam dilipatan-lipatan dan sesar-sesar batuan pada kondisi tertentu.
2. Damapak Negatif 
Timbulnya bencana alam seperti gempa, dan tanah longsor.
Kesimpulan nya  Tektonisme atau tenaga tektonik merupakan tenaga geologi yang berasal dari dalam bumi dengan arah vertikal atau horizontal yang mengakibatkan perubahan letak lapisan batuan yang membentuk permukaan bumi. Proses ini menghasilkan lipatan dan patahan, baik dalam ukuran besar maupun ukuran kecil. dan mempunyai dampak positif dan negatif dari yang ditimbulkan tenaga tektonik.

Itu lah lebih kurang nya penjelasan dari pengertian dan dampak tenaga tektonik. Sekian dan terimakasih 🙂


Baca Juga :  Pengertian, Jenis-Jenis, Syarat, dan 11 Komponen Peta Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap