Pengertian, dan Komponen-Komponen Ekonomi Mikro

Diposting pada
Sebelum menerangkan tentang ekonomi mikro, saya akan menjelaskan  dikit tentang ilmu ekonomi, kegiatan ekonomi manusia dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memerlukan panduan yang digunakan untuk mengarahkan kegiatan ekonomi nya. Ilmu ekonomi digunakan manusia sebagai panduan dalam melakukan kegiatan ekonomi nya. ilmu ini memberikan gambaran perilaku manusia agar dapat mencapai kemakmuran. Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari gejala dan prilaku manusia dalam mencapai kemakmuran, dari permaslahan ekonomi salah satu nya ekonomi mikro, dan pembahasan yang akan saya terangkan tentang ekonomi mikro.

Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro merupakan salah satu ilmu ekonomi yang mempelajari bagian kecil dari kegiatan perekonomian. Kegiatan ekonomi mikro umumnya mengacu pada ruang lingkup yang lebih kecil, seperti rumah tangga.
Secara Umum, Ekonomi mikro membahas perilaku ekonomi dalam lingkup individu,  rumah tangga, perusahaan, dan pasar. pembahasannya meliputi pemanfaatan sumber daya ekonomi bagi kehidupan masyarakat serta prilaku produsen dan konsumen dalam melakukan interkasi dipasar. Dalam mempelajari ekonomi mikro terdapat beberapa komponen yang dibahas sebagai berikut.

Komponen Ekonomi Mikro

1. Interaksi Di Pasar Barang
Kegiatan tawar menawar barang dilakukan antara penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen dipasar. kegiatan ini dilakukan untuk membentuk harga sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. pembentukan harga terjadi melalui proses interaksi permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli.kesepakatan harga akan akan mengahsilkan harga keseimbangan . Dengan mempelajari ilmu ekonomi mikro dapat diketahui permasalahan yang terjadi dalam interaksi dipasar.

2. Interkasi di Pasar Faktor Produksi
Pasar faktor produksi menyidakan faktor-faktor produksi yang dibutuhkan oleh rumah tangga produsen untuk melakukan kegiatan produksi. Faktor produksi meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan kewirausahaan. Faktor-faktor produksi tersebut disediakan oleh rumah tangga konsumen. Atas penyedian faktor-faktor produksi, rumah tangga konsumen akan memperoleh balas jasa. 
3. Perilaku Produsen dan Konsumen
Kegiatan produsen dan konsumen dalam kegaiatan ekonomi didasari oleh tujuan masing-masing. Pada ekonomi mikro akan dibahas mengenai upaya konsumen dalam memenuhi kebutuhan nya dengan pendapatan yang terbatas, semetara itu, pada prilaku produsen akan dibahas mengenai upaya produsen dalam memperoleh keuntungan sebesar-besar nya. anggapan-anggapan ysng digunakan untuk menganalisa prilaku produsen dan konsumen dalam kegiatan ekonomi sebagai berikut :
  • Produsen dan konsumen melakukan kegiatan ekonomi secara rasional.
  • Konsumen berusaha untuk memperoleh kepuasan maksimal dengan dana yang terbatas.
  • Produsen berusaha untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan pengorbanan tertentu. 

Itulah penjelasan tentang pengertian dan komponen-komponen ekonomi mikro, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂


Baca Juga :  Pengertian, Jenis-Jenis, Cara-Cara, dan Lembaga Pengendalian Sosial Lengkap