Pengertian, Klasifikasi, Ciri-Ciri, dan 8 Manfaat Mamalia Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Biologi Terlengkap

Diposting pada
Pengertian, Klasifikasi, Ciri-Ciri, dan 8 Manfaat Mamalia Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Biologi Terlengkap – Semua nya pasti sudah tau apa itu mamalia, ya karna disekeliling kita banyak sekali hewan mamalia, salah satu contohnya yaitu kucing. Untuk lebih jelasnya lagi disini akan mengulas tenang pengertian mamalia, kalisifikasi mamalia, ciri-ciri mamalia, dan peranan mamalia beserta contohnya. 

Pengertian Mamalia

Kata Mamalia berasal dari bahasa Latin, yaitu “Mammae” yang artinya menyusui. setiap hewan yang menyusui merupakan hewan mamalia.
Mamalia yaitu hewan yang menyusui anaknya. Pada umumnya mamalia ini berkembang biak dengan cara melahirkan, dan tubuhnya yang tertutupi oleh rambut. Mamalia ialah kelas tertinggi dalam kasta hewan, bayangkan saja, ia bisa hidup diberbagai tipe habitat yang ada dibelahan bumi, mulai dari kutub khatulistiwa, dari dasar laut sampai dengan hutan lebat dan gurun pasir.

Klasifikasi Mamalia

Jenis hewan mamalia ini terdapat sekitar 4.000 spesies Mamalia yang masih hidup hingga sekarang yang pada saat ini dikelompokkan atau diklasifikasikan dalam beberapa ordo. Klasifikasi Mammalia yaitu sebagai berikut :
 
1. Monotremata (Mammalia bertelur)
famili Tachyglossidae (landak semut), contohnya : Tachyglossus aculeatus dan famili Ornithorhynchidae (paltipus, hewan berparuh bebek), contohnya Ornithorhynchus anatinus.
    
2. Marsupialia (Mammalia berkantong)
Contohnya : kuskus (Phalanger sp), kanguru merah raksasa (Megaleia rufa), dan koala (Phascolarctos cinereus).
    
3. Insectivora (pemakan serangga)
Contohnya : tikus mondok (Talpa europea) dan celurut rumah (Crocidura russula).
    
4. Tupaioidea (tupai) 
Contohnya tupai ekor jambul (Dendrogale melanura). Tupai panah (Dendrogale murina).
    
5. Rodentia (hewan pengerat)
Contohnya bajing merah (Sciurus vulgaris), dan tikus rumah (Mus musculus).
    
6. Edentata (kukang, armadilo)
Contohnya pemakan semut (Myrmecophaga tridactyla) dan tubuh berperisai sisik (Daypus novermcincius)
    
7. Phalidota (trenggiling)
Contohnya : trenggiling berekor panjang (Manis tetradactyla) dan trenggiling jawa (Manis javanica)   
8. Carnivora (Pemakan daging)
Contohnya serigala (Canis lupus), singa (Panthera leo), kucing (felis silvestris).
    
9. Primata
dibagi menjadi beberapa famili seperti Lemuridae contohnya lemur kerdil ekor gemuk (Cheirogaleus medius), Cercopithecidae contohnya monyet rhesus (Macaca mulatta), Pongidae contohnya gorila (Gorilla gorilla), simpanse (Pan troglodytes), orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus). Hominidae contohnya manusia (Homo sapiens).

Ciri-Ciri Mamalia

Mamalia mempunyai ciri-ciri agar bisa membedakan hewan mamalia apa tidak. Ciri-ciri tersebut yaitu sebagai berikut :
 

1. Tubuh mamalia terdiri atas bagian kepala, leher, badan dan ekor. 
Pada anggota gerak mamalia dimana pada sebuah bagian depan dan belakang mempunyai jari-jari yang terdapat kuku dan cakar. Pada anggota gerak depan termodifikasi yang difungsikan sebagai berlari, menggali lubang, berenang, dan terbang.
    
2. Mempunyai kelenjar susu (glandula mammae)
pada bagian anggota badan seperti dada, perut, atau ketiak. Kelenjar susu betina bisa keluar sesudah kelahiran anaknya. Pada Marsupialia (mammalia berkantong) dan Placentalia mempunyai puting, sedangkan pada Monotremata (mammalia bertelur) tidak mempunyai puting. Pada mamalia jantan tidak dapat menghasilkan kelenjar susu
    
3. Mempunyai rambut
Sedikitnya dalam satu fase siklus hidupnya. Pada setiap helai rambutnya akan tumbuh didalam sebuah kantong yang akan mengeluarkan minyak pada kulit. Dari berbagai suatu kantong-kantong rambut itu terletak pada suatu posisi yang miring yang sehingga rambut mempunyai arah tertentu. Rambut bisa berdiri karena otot-otot dalam suatu kulit.
    
4. Mamalia yang sifatnya homoiotern (berdarah panas)
Mamalia dapat mempertahankan suhu tubuh yakni 36°C. Dari sebagian spesies mamalia yang melakukan hibernasi. Hibernasi yaitu tidak aktif atau tidur selama pada musim dingin. Pada saat udara yang sangat panas, kelebihan panas tubuh mamalia akan dibuang melalui keringat. Ruas tulang belakang leher pada Mamalia jumlahnya tujuh buah
Mamalia memiliki sekat yang bisa mengatasi sebuah rongga dada dengan rongga perut, yang disebut dengan diafragma.
    
5. Mempunyai sistem pencernaan yang lengkap
Dalam sistem pencernaan mamalia mulai dari mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar (kolom), dan anus. Pada rahang bawah mulut dibentuk oleh satu tulang tungga dan yang dipinggir rahang terdapat sebuah gigi. Pada umumnya terdapat empat tipe gigi pada mammalia yakni gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan, dan gigi geraham belakang. Mamalia hanya akan berganti gigi satu kali. Mamalia mempunyai sebuah sekum (usus buntu) pada pertemuan usus halus dengan kolon.
    
6. Bernapas dengan paru-paru
Mamalia bernapas dengan paru-paru yang terdiri dari dua buah lobus dan terdapat didalam sebuah ruang pleura serta terdapat sebuah pita suara pada laring.
    
7. Pada Sistem ekskresi  Mamalia memiliki ginjal metanefros 
Pada sistem ekskreasi dengan dua ureter yang mengalirkan urine ke kandung kemih (vesika urinaria).
    
8. Mempunyai Alat indra yang berupa mata, telinga, lidah, dan hidung. 
Pada sebuah Mata dilindungi oleh suatu kelopak mata atas dan kelopak mata bawah yang bisa dipejamkan. Mamalia mempunyai tiga tulang pendengaran, yakni martil (maleus), landasan (incus), dan sanggurdi (stapes) yang akhirnya organ pendengar berbentuk gelung yang disebut dengan koklea. Lidah memiliki papila-papila pengecap rasa. Pada hidung berhubungan dengan suatu lubang tunggal di tengkorak.
    
9. Mamalia memiliki otak Besar
Mamalia mempunyai otak yang berukuran besar dan berkembang baik yang berpengaruh pada suatu pendaian atau intelektualnya.
    
10. Mempunyai sebuah alat kelamin yang terpisah antara jantan dan betina. 
Fertilisasi yang terjadi secara internal dan yang sifatnya vivipar. Pada mamalia jantan mempunyai suatu alat kopulasi yang berupa sebuah penis dan spermatozoid yang diproduksi oleh testis yang tersimpan di skrotum. Pada mamalia betina, embrio yang berkembang didalam uterus dan pada pertukaran metabolisme (misalnya respirasi dan nutrisi) antara embrio dengan induk menjadi terpisah melalui suatu plasenta. Lubang genital pada Mammalia terpisah dengan anus.


Manfaat Mamalia Bagi Manusia

Mamalia memiliki banyak keuntungan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Peranan Mammalia adalah sebagai berikut.
  • Bisa digunakan dalam bertani yaitu dengan membajak tanah sawah, contohnya kerbau
  • Untuk sebagai bahan wol, misalnya pada rambut domba
  • Bisa untuk memberantas sebuah serangga (nyamuk), contohnya kelelawar.
  • Dapat Dikonsumsi sebagai sumber gizi yang banyak khususnya pada protein misalnya susu dan daging, contohnya sapi, kambing, dan kuda.
  • Bisa dijadikan untuk menjaga rumah dan pelacak jejak, contohnya anjing
  • Untuk sebagai alat transportasi. contohnya kuda penarik soda, sapi penarik gerobak dan unta
  • Bisa dijadikan Barang kerajinan, contohnya pada tanduk yang dibuat sendok, gantungan kunci, sisir, dan tusuk konde.
  • Bisa menjadi Hiburan, seperti permainan sirkus, contohnya pada kuda, singa, gajah, harimau dan lumba-luma
Hewan mamalia mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia ditubuhnya maupun tenaga nya. Itulah ulasan tentang Pengertian, Klasifikasi, Ciri-Ciri, dan 8 Manfaat Mamalia Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Biologi Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Manusia Purba di Zaman Pra aksara

Baca Juga :