Pengertian, manfaat, Sifat Dan Macam-Macam Gelombang Beserta Contohnya Terlengkap

Diposting pada
Pengertian, Manfaat, Sifat Dan Macam-Macam Gelombang Beserta Contohnya Terlengkap – Pernahkah anda melihat gelombang air laut ?? sudah pasti semua nya pernah melihat gelombang air laut. gelombang air laut terjadi karena angin yang bertiup melintasi permukaan air laut. Untuk lebih jelasnya lagi tentang gelombang marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.


Pengertian Gelombang

Gelombang ialah suatu bentuk dari getaran yang merambat pada suatu medium. Pada gelombang yang merambat ialah gelombangnya, bukan zat medium perantaranya. Satu gelombang bisa dilihat panjangnya dengan menghitung pada jarak antara lembah dan bukit (gelombang tranversal) atau menhitung pada jarak antara satu rapatan dengan satu renggangan (gelombang longitudinal). Cepat rambat gelombang ialah suatu jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu detik.

Manfaat Gelombang

Pemanfaatan dari gelombang dengan mempertimbangkan dari berbagai sifat gelombang yang ada di sekitar kita. Beberapa diantaranya misalnya yaitu  :
  • Pada gelombang TV dan Radio untuk komunikasi.
  • Pada gelombang Micro yang dimanfaatkan untuk memasak makanan atau yang sering kita kenal dengan microwave
  • Pada gelombang bunyi yang sangat membantu pada bidang kesehatan, yakni Ultrasonik pada peralatan USG untuk memeriksa ada tidaknya suatu penyakit.

Sifat-Sifat Gelombang

1. Dipantulkan (Refleksi)
Dalam pemantulan suatu gelombang berlaku hukum pemantulan gelombang, yakni :
  • Besar sudut datangnya suatu gelombang sama dengan sudut pantul gelombang.
  • Gelombang datang, gelombang pantul, dan garis normal terletak pada satu bidang datar.
2. Dibiaskan (refraksi)
Pembiasan gelombang ialah suatu pembelokan arah rambat gelombang karena melalui medium yang berbeda pada kerapatannya.
 
3. Dipadukan (interferensi)
Perpaduan pada gelombang terjadi jika terdapat gelombang dengan frekuensi dan beda fase saling bertemu. Hasil dari interferensi gelombang akan ada 2, yakni konstruktif (saling menguatkan) dan destruktif (saling melemahkan). Interferensi Konstruktif ini terjadi saat 2 gelombang bertemu pada fase yang sama, sedangkan pada interferensi destruktif terjadi pada saat 2 gelombang bertemu pada fase yang berlawanan.
 
4. Dibelokkan/disebarkan (Difraksi)
Difraksi gelombang ialah suatu pembelokkan/penyebaran gelombang bila gelombang tersebut melalui celah. Geja difraksi akan semakin tampak jelas jika celah yang dilewati semakin sempit.
 
5. Dispersi Gelombang
Dispersi ialah suatu penyebaran bentuk gelombang ketika merambat melalui suatu medium. Dispersi tidak akan terjadi pada gelombang bunyi yang merambat melalui sebuah udara atau ruang hampa. Medium yang bisa mempertahankan bentuk gelombang tersebut disebut medium nondispersi.
 
6. Dispolarisasi (diserap arah getarnya)
Polarisasi ialah suatu peristiwa terserapnya sebagian arah getar gelombang yang sehingga hanya tinggal mempunyai satu arah saja. Polarisasi hanya akan terjadi pada suatu gelombang transversal, karena pada arah gelombang sesuai dengan arah polarisasi, dan sebaliknya, akan terserap jika arah pada gelombang tidak sesuai dengan arah polarisasi celah tersebut.  

Macam-Macam Gelombang 

1. Berdasarkan Mediumnya Gelombang dibagi dua, yaitu :
 
  • Gelombang Mekanik, yaitu sebuah gelombang yang dalam proses perambatannya memerlukan medium (zat perantara) . Yang artinya bila tidak ada medium, maka gelombang tidak akan terjadi. Contohnya : Pada gelombang Bunyi yang zat perantaranya yaitu udara, jadi jika tidak ada udara bunyi tidak akan terdengar.
  • Gelombang Elektromagnetik, Yaitu sebuah gelombang yang dalam proses perambatannya tidak memerlukan medium (zat perantara). Yang artinya gelombang ini bisa merambat dalam keadaan apapun tanpa memerlukan medium. Contohnya : pada gelombang cahaya yang terus ada dan tidak memerlukan sebuah zat perantara.

2. Berdasarkan Arah Getar dan Arah Rambatnya, Gelombang dibagi menjadi dua, yaitu : 
  • Gelombang Transversal yaitu sebuah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatannya. Bentuk Getarannya yang berupa lembah dan bukit. Contohnya : pada gelombang tali jika diayunkan
  • Gelombang Longitudinal yaitu sebuah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarannya. Bentuk getarannya berupa rapatan dan renggangan
3. Berdasarkan Amplitudonya(simpangan terjauh) Gelombang juga dibagi menjadi dua : 
  • Gelombang Berjalan yaitu sebuah gelombang yang amplitudonya tetap pada setiap titik yang dilalui suatu gelombang, Contohnya pada gelombang pada tali.
  • Gelombang diam yaitu sebuah gelombang yang amplitudonya berubah, Contohnya pada gelombang pada senar gitar yang dipetik. 
Itulah ulsan tentang Pengertian, Manfaat, Sifat Dan Macam-Macam Gelombang Beserta Contohnya Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.


Baca juga artikel terkait lainnya disini :

Baca Juga :  Pengertian, Contoh, dan Sifat Cahaya Beserta 4 Manfaatnya Menurut Para Ahli Terlengkap