Pengertian Paru-Paru, dan Bagian-Bagian Paru-Paru beserta 10 fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Terlengkap

Diposting pada
Pengertian Paru-Paru, dan Bagian-Bagian Paru-Paru beserta 10 fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Terlengkap – Paru-paru ialah salah satu organ yang terpenting bagi suatu tubuh manusia, karena paru-paru memiliki fungsi yang sangat vital dalam tubuh manusia, karena jika paru-paru tidak berfungsi dengan baik, maka akan menyebabkan suatu kematian. karena manusia butuh oksigen setiap detiknya untuk bertahan hidup dengan cara bernafas, sehingga paru-paru sangat berperan aktif bagi pernafasan manusia.

Pengertian Paru-Paru

Paru-paru (pulmo) ialah suatu organ yang bertanggung jawab untuk suatu proses respirasi yang terdiri dari suatu pulmo dekstra (paru kanan) dan pulmo sinistra (paru kiri). Paru-paru sangat vital bagi tubuh manusia, karena salah satu fungsinya untuk memasukan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida saat tubuh menghirup udara

Bagian-Bagian Paru-Paru 

1. Bronkus
Bronkus ialah bercabang batang yang menghubungkan antara paru-paru kiri, paru-paru kanan, dan trakea. Bronkial yang terdiri dari tulang rawan, lapisan mukosa dan otot polos. Cartilage memiliki fungsi sebagai suatu kerangka bronkial lapisan mukosa yang menghasilkan lendir untuk menjebak suatu partikel asing yang memasuki paru-paru, dan otot polos yang memungkinkan kita untuk bernapas secara otomatis tanpa kita sadari.
 
2. Bronkiolus
Bronkiolus ialah suatu cabang bronkus yang bermuara di suatu alveoli. Struktur bronkus tidak mempunyai tulang rawan, silia, dan akhirnya terdiri dari suatu bersilia yang berbentuk kubus jaringan epitel.
 
3. Alveolus
Alveoli ialah yang mana suatu pertukaran oksigen dan suatu karbon dioksida difusi. yang Struktur alveolarnya terdiri dari suatu membran tipis dan ada banyak kapiler darah. Dalam suatu alveolar rilis darah karbon dioksida ke udara dan mengambil oksigen dari udara.
 
4. Pleura
Pleura ialah suatu selaput yang melapisi suatu organ paru-paru. Struktur kantongnya juga halus dan licin. Fungsi pleura yaitu untuk mengurangi suatu gesekan ketika paru-paru saat mengembang atau mengempis. Pleura memiliki dua lapisan yaitu, pleura parietalis dan pleura visceral. dan ada suatu cairan sedikit yang mengandung glikosaminoglikan antara kedua daerah.
 
5. Diafragma
Diafragma ialah suatu serat otot yang membentuk perbatasan antara suatu rongga dada dan rongga perut. Diafragma juga meemiliki peran penting dalam proses pernapasan perut. Diafragma yang terdiri dari otot, pembuluh darah, dan saraf yang disebut juga saraf frenikus.
 
6. Trakea (Tenggorokan)
Trakea ialah suatu tabung dengan panjang nya sekitar 5 inci yang menghubungkan antara laring ke bronkus. Trakea yang terdiri dari tulang rawan hialin yang berbentuk seperti huruf C yang dilapisi oleh epitel bersilia. Fungsi trakea ialah sebagai saluran pernapasan. Silia ditemukan didalam sel-sel epitel yang berfungsi untuk menangkap suatu partikel asing dan membawanya ke faring sehingga bisa memasuki sistem pencernaan.

Fungsi Paru-Paru

  • Paru-paru ialah organ respirasi untuk pertukaran gas pernapasan karbon dan oksigen diaksida.
  • Karena ketika bernapas karbon kita memancarkan limbah dungsi diaksida paru merupakan bagian dari sistem ekskresi.
  • Untuk mengontrol pH darah dengan mengubah suatu tekanan karbon dioksida.
  • Untuk menyaring bekuan darah yang terbentuk di suatu vena.
  • Untuk mempengaruhi suatu konsentrasi beberapa zat biologis dan obat yang yang digunakan dalam pengobatan darah.
  • Untuk mengubah suatu angiotensin I menjadi angiotensin II oleh suatu enzim angiotensin-converting.
  • Untuk dapat berfungsi sebagai suatu lapisan pelindung shock jantung.
  • Untuk memberikan suatu aliran udara untuk membuat suara.
  • Fungsi paru-paru juga sebagai reservoir darah didalam tubuh. Volume darah paru ialah rata-rata sekitar 450 mililiter, dan sekitar 9 persen dari total volume darah dari seluruh sistem peredaran darah.
  • Eskalator ialah suatu sistem pertahanan yang penting terhadap infeksi udara ditanggung. Partikel debu dan bakteri di udara yang dihirup terperangkap di suatu lapisan lendir hadir pada permukaan mukosa dari saluran pernapasan dan naik menuju faring oleh berirama ke atas pemukulan silia.
Manusia membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup dengan cara pernafasan, tanpa menghirup oksigen manusia akan mengakibatkan kematian.  Itulah penjelasan tentang Pengertian Paru-Paru, dan Bagian-Bagian Paru-Paru beserta 10 fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Terlengkap. Semoga apa yang diulas disini bermanfaat dan akan menambah ilmu bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga :

Baca Juga :  Pengertian, Bagian-Bagian, dan 10 Fungsi Hati Menurut Para Ahli Biologi Terlengkap