Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli di Dunia Terlengkap

Diposting pada

Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli di Dunia – Untuk menghindari terjadinya berbagai prilaku menyimpang dimasyarkat sehingga dapat tercipta kehidupan dalam masyarakat yang lancar, tertib, dan teratur, maka perlu ada nya pengendalian sosial. Untuk mempelajari tentang pengendalian sosial yang dikemukakan oleh para ahli didunia sebagai berikut.

Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli di Dunia

1. Peter L. Berger
Pengendalian sosial Merupakan berbagai cara yang digunakan masyarakat untuk mentertibkan anggotanya yang menyimpang.

2. Bruce J. cohen 
Menurut Bruce J. Cohen pengendalian sosial merupakan cara-cara atau metode yang digunakan untuk mendorong seseorang agar berprilaku selaras dengan kehendak kelompok atau masyarakat luas tertentu.

3. Joseph S. Roucek
Menurut Joseph S. Roucek pengendalian sosial ialah segenap cara dan proses pengawasan yang direncanakan atau tidak direncanakan yang bertujuan mengajak, mendidik, atau bahkan memaksa warga masyarakat agar mematuhi norma dan nilai yang berlaku.

4. Horton
Menurut Horton pengendalian sosial merupakan segenap cara dan proses yang ditempuh oleh sekelompok orang atau masyarakat, sehingga para anggota nya dapat bertindak sesuai harapan kelompok atau masyarakat. 

5. Soetandyo Wignyo Subroto
Menurut Soetandyo pengendalian sosial merupakan sanksi, yang merupakan bentuk penderitaan yang sengaja disediakan oleh masyarakat.

6. Astrid S. Susanto
Menurut Astri S. susanto pengendalian sosial merupakan mengontrol psikologis dan non-fisik karena merupakan “tekanan mental� terhadap individu sehingga individu akan bersikap dan bertindak sesuai dengan penilaian dalam kelompok.


Dari beberapa definisi diatas , dapat disimpulkan bahwa pengendalian sosial merupakan proses yang digunakan oleh seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi, mengajak, bahkan memaksa individu atau masyarakat agar berprilaku sesuai dengan norma dan nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat, sehingga tercipta ketertiban masyarakat.

Itulah ulasan tentang Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli di Dunia, semoga bermanfaat bagi pembaca sekian dan terimakasih.

Baca Juga :  10 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli di Dunia