Penjelasan Letak Wilayah Indonesia Secara Lengkap

Diposting pada
Penjelasan Letak Wilayah Indonesia Secara Lengkap – Indonesia Memiliki bentang alam atau bentuk permukaan bumi yang ada didaratan berbeda-beda. Ada yang disebut dataran tinggi, dataran rendah dan pantai. Untuk lebih memahami kondisi geografis Indonesia tentunya kita akan mempelajari juga hal-hal yang mempengaruhi nya, yaitu : letak fisiografis, dan letak sosiografis. Letak fisiografis adalah letak suatu tempat berdasarkan segi fisiknya, seperti dari segi garis lintang dan garis bujur, posisi dengan daerah lain, batuan yang ada didalam bumi, relief permukaan bumi, serta kaitannya dengan laut. Letak fisiografis ini meliputi : Letak astronomis, letak geologis, letak geografis, letak geomografis, dan letak maritim. Untuk lebih memahami letak fisiografis. perhatikan penjelasan dibawah berikut.

1. Letak Astronomis

Letak astronomis adalah letak suatu tempat atau wilayah atau negara berdasarkan batas-batas lintang dan bujurnya. Secara Astronomis, Indonesia terletak pada 95 derajat BT – 141 Derajat BT dan 6 Derjat LU – 11 Derajat LS.

Letak Lintangnya menyebabkan Indonesia beriklim tropis dengan ciri-ciri :
  • Memiliki curah hujan yang tinggi 
  • Memiliki hujan hutan tropis yang luas dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.
  • Menerima penyinaran matahari sepanjang tahun
  • Banyak terjadi penguapan sehingga kelembaban udara cukup tinggi.
Letak bujurnya membagi wilayah Indonesia ke dalam tiga daerah waktu, yaitu :
  • Waktu Indonesia Barat (WIB), dengan patokan garis bujur 105 Derajat BT dengan selisih waktu 7 jam lebiah awal dari GMT. Daerah waktunya meliputi sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.
  • Waktu Indonesia Tengah (WIT), dengan patokan garis bujur 120 Derajat BT dan selisih waktu 8 jam lebih awal dari GMT. Daerah waktu nya meliputi Kalimantan Selatan, Kalimanatan Timur, Bali, NTT, NTB, Sulawesi, dan pulau-pulau kecil disekitarnya.
  • Waktu Indonesia Timur (WIT), dengan patokan garis bujur 135 Derajat BT dan selisih waktu 9 jam lebih awal dari GMT. Daerah waktunya meliputi kepulauan Maluku, Papua, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

2. Letak Geografis

Letak geografis adalah letak suatu tempat atau wilayah atau negara berdasarkan kenyataan di permukaan bumi atau letak ditinjau dengan daerah-daerah disekitarnya. Secara geografis, Indonesia terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia, serta antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Letak Geografis Indonesia menempatkan Indonesia diposisi silang, sehingga Indonesia berada pada jalur transportasi perdagangan yang ramai. Bahkan sejak Zaman dahulu, perairan Nusantara merupakan perairan yang ramai dilalui kapal-kapal dagang dari India, Eropa dan Cina. Dampak dari posisi silang ini menyebabkan Indonesia kaya akan keragaman budaya dan suku bangsa. Selain itu letak diantara dua benua samudra mempengaruhi kondisi cuaca dan iklim. 

3. Letak Geologis

Letak Geologis merupakan letak suatu tempat atau wilayah atau negara berdasarkan susunan batuan yang ada dibumi. Letak geologis inilah yang menyebabkan wilayah Indonesia banyak dijumpai gunung berapi, sehingga banyak wilayah di Indonesia yang kesuburannya cukup tinggi. Namun perlu disadari pula bahwa letak geologis yang demikian itu menyebabkan wilayah Indonesia rawan dengan bencana alam seperti gunung meletus dan gempa bumi.

4. Letak Geomorfologis

Letak Geomorfologis adalah letak suatu tempat berdasarkan tinggi rendahnya tempat tersebut terhadap permukaan air laut atau dilihat dari bentuk permukaan bumi. Letak Geomorfologis Indonesia sangat bervariasi. Perbedaan letak geomorfologis mempunyai pengaruh bermacam-macam, yaitu sebagai berikut : 
  • Adanya suhu yang berbeda-beda sangat berpengaruh terhadap jenis tanaman 
  • Menentukan ada tidaknya mineral-mineral yang dikandung oleh batuan tersebut 
  • Menentukan kepadatan penduduk, misalnya tempat-tempat yang morfologi daratannya berbukit atau terjal kepadatan penduduknya kecil
  • Perlu memperhitungkan morfologi daerah sebelum membangun bangunan-bangunan, jembatan-jembatan, gedung-gedung, dan jalan-jalan raya.

5. Letak Maritim

Letak Maritim merupakan letak suatu tempat ditinjau dari keadaan kelautan dan sekitarnya, yaitu apakah tempat itu dekat atau jauh dari laut serta apakah sebagian atau seluruhnya dilingkungi oleh laut, dan sebagainya.
Letak maritim atau letak kelautan Indonesia sangat baik sebab wilayahnya yang berbentuk kepulauan dikelilingi oleh tiga lautan besar, yaitu, bagian timur Indonesia berhadapan dengan samudra pasifik, bagian selatan Indonesia berhadapan dengan samudra hindia, dan bagian utara Indonesia berhadapan dengan laut Cina Selatan. Dampak letak maritim bagi Indonesia, yaitu sebagi berikut :
  • Adanya usaha atau kegiatan dibidang pelayaran, usaha dibidang perikanan, serta dibidang pelabuhan di wilayah Indonesia
  • Indonesia memipunyai potensi ekonomi besar unuk dikembangkan
  • Indonesia memiliki peranan penting dalam suatu percaturan politik dunia.
Itulah penjelasan tentang  Penjelasan Letak Wilayah Indonesia Secara Lengkap. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga :  Pengertian Litosfer dan Lapisan-Lapisan Bumi Lengkap