Persebaran Flora di Indonesia Secara Lengkap

Diposting pada
Persebaran Flora di Indonesia– Wilayah Indonesia merupakan negara yang kaya ke anekaragaman sumber daya alam baik yang terdapat didarat, laut maupun di udara. persebran flora di Indonesia terbagi dalam ekosistem, yaitu sebagai berikut :


1. Hutan Pegunungan
Hutan pegunungan ini luas wilayah nya sampai 65% dari seluruh hutan yang ada di Indonesia. jenis tumbuhan ini kebanyakan didominasi oleh jenis Dipterocarpaceae yaitu meranti merah, keruing, nyatoh dan lain-lain. tersebar di wilayah, Sumatera, kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

2. Hutan Sub Montana dan Montana
Hutan ini terdapat pada ketinggian antara 1300-2500M, tumbuhan yang tumbuh jenis lauraaceae dan Faga-ceae, sedangkan suku Diterocarpaceae sedikit dijumpai.

3. Hutan Savana
Hutan Savana tersebar di, Nusa Tenggara Timur, serta sedikit dijumpai di Maluku. Di vegetasi hutan savana ialah asosiasi antara padang rumput dan Ecalyptus sp di Maluku merupakan Papua asosiasi antar padang rumput dengan Ecalyptus alba, serta penyebaran wilayah nya tidak merata pohon lontar (sejenis palem-paleman).

4. Hutan Rawa 
Hutan rawa ialah hutan yang terus tergenang oleh air tawar baik musiman ataupun sepanjang tahun. Hutan Rawa banyak tersebar disepanjang pantai Kalimantan, pantai Timur Sumatera, Jawa, dan beberapa di Papua. vegetasi yang tumbuh pada hutan ini diantaranya jelutung, binuang, rengas, nibun, rot, pandan, dan palem-paleman.

5. Hutan Gambut
Hutan gambut terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan di zaman dulu yang berjalan terus menerus sehingga terbentuk suatu lapisan tanah. Dilihat dari proses pembentukan tanah dihutan gambut menunjukan kalo hutan ini memiliki kandungan bahan organik yang cukup tinggi. tumbuhan yang tumbuh ialah jenis ramin (Gonystilus bancanaus) serta beberapa terdapat meranti rawa dan jenis dari agathis.

6. Hutan Pasang Surut
Hutan ini berada dikawasan terjadi nya pasang surut pantai, hutan ini juga sering disebut sebagai hutan mangrove. ciri khas dari hutan ini merupakan sistem perakaran tumbuhan bakau yang menonjol disebut sebagai akar nafas (pneumatofor) adalah bentuk adaptasi tumbuhan untuk mendapatkan oksigen karena tanah pada hutan ini miskin oksigen bahkan anaerob. Vegetasi yang tumbuh merupakan rhizopora, avecinia, sonneratia, bruguinera, dan ceriop. Tersebar di Sumatera, Kalimantan, Maluku, Bali, Jawa, dan Papua.

Itulah ulasan tentang Persebaran Flora di Indonesia, semoga bermanfaat bagi pembaca, sekia dan terimakasih.

Baca Juga :  Pengertian, Macam-Macam, Sifat, dan Manfaat Angin Beserta 4 Faktor Terjadi Adanya Angin Menurut Para Ahli Secara Lengkap