Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi

Diposting pada

Pengertian Zaman Prasejarah

Zaman Prasejarah sering disebut zaman nirleka, artinya dimana manusia belum mengenal tulisan, nir artinya “tidak” dan leka artinya “tulisan/aksara”. jadi zaman prasejarah adalah zaman sebelum memasuki zaman sejarah dan belum mengenal tulisan/aksara.

sebelum dapat didiami manusia pada zaman ini, bumi telah mengalami perubahan secara perlahan. Kulit bumi beberapa kali mengalami perubahan, terjadinya perubahan dikarenakan gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor dan terjadinya banjir. gejala tersebut mengubah penampakan bumi. untuk mengetahui pembentukan bumi, pembentukan bumi dibagi menjadi 2, salah satu nya berdasarkan geologi yang mau saya jelaskan.

Pengertian Geologi

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan geologi, terjadinya perubahan bumi sampai sekarang dibagi kedalam empat zaman

Perubahan zaman dibagi menjadi 4, yaitu  :

1. Zaman Masa Arkaikum
Masa ini berlangsung sekitar 2.500 juta tahun yang lalu. masa arkaikum merupakan masa awal yang artinya masa awal pembentukan bumi dari inti sampai kulit bumi.

2. Zaman Masa Palaeozoikum
Masa ini terjadi kira-kira 340 juta tahun yang lalu. palaeozoikum artinya adalah zaman bumi purba. pada masa ini dipermukaan bumi mulai terbentuk hidrosfer dan atmosfer. pada masa itu telah muncul tumbuhan, dan hewan yang berkembang pertama kali nya, termasuk tumbuhan paku, paku ekor kuda, amfibi, serangga, dan reptilia.

3. Zaman Masa Mesozoikum
Pada zaman mesozoikum ini, bumi mengalami perkembangan yang sangat cepat dengan ditandai dengan muncul nya hewan-hewan bertubuh besar, seperti hewan reptilia pemakan daging. seperti dinosaurus menguasai daratan, ichtiyosaurus berburu didalam lautan, dan pterosaurus merajai angkasa. pada zaman ini muncul juga hewan mamalia.

4.  Masa Neozoikum
Zaman ini berlangsung kira-kira 60 juta tahun yang lalu, dan dibagi menjadi dua masa yaitu :
  • Zaman Tersier 
  • Zaman Kuarter
  • Kala Pleistosen
  • Kala Holosen
Terimakasih telah mengunjungi blog saya, untuk mempelajari tentang zaman prasejarah berdasarkan geologi,  saya ucapkan terimakasih 🙂

Baca Juga :  Jenis-Jenis Manusia Purba di Indonesia