Report Text

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Report Text.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Report Text? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


Pengertian Report Text

Report Text merupakan salah satu jenis teks yang mengumumkan suatu hasil penyelidikan atau mengumumkan sesuatu. Informasi yang dapat diberikan dalam teks laporan yaitu suatu informasi yang sangat umum.

Setiap teks ini memiliki sebuah tujuan komunikatif. Komunikatif tujuan laporan teks yaitu untuk dapat menyajikan informasi tentang sesuatu yang pada umumnya.

Report Text ini masuk dalam sebuah genre of text yang masuk pada kategori descriptive, yang genre atau jenis teks yang berusaha untuk menggambarkan sesuatu seperti benda, manusia, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya yang masih sangat umum.


Tujuan Report Text

Tujuan komunikatif pada Report text yakni untuk dapat menggambarkan tentang sesuatu secara apa adanya yang merupakan sebuah hasil observasi atau penelitian dan analisa secara sistematis.

Intinya text Report berisi berbagai fakta-fakta sebuah objek yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Jadi, memberi deskripsi mengenai sebuah objek.

Kedua teks tersebut mencoba untuk dapat menunjukkan pembaca mengenai kondisi sebuah fakta dari objek yang dibicarakan tersebut.

Report Text ini juga dikenal dengan sebuah informational report, yang secara bahasa memiliki fungsi untuk dapat memberikan informasi tentang suatu peristiwa atau situasi, setelah diadakannya suatu investigasi dan melalui berbagai pertimbangan.

Intinya, di dalam Report Text ini biasanya berisikan fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah.


Ciri-Ciri Report Text

  • Berisikan berbagai fakta-fakta ilmiah.
  • Judulnya akan terlihat secara umum.
  • Disertai sebuah gambar dan data statistik.
  • Menggunakan suatu pola kalimat Simple Present Tense.
  • Menggunakan kata benda yang umum (general nouns).
  • Menggunakan sebuah kata kerja yang saling berhubungan (relating verbs).
  • Terdiri dari sebuah objek yang ditambah objek tentang alam lainnya.
  • Menjelaskan berbagai kelompok atau aspek umum, bukan individu secara khusus.
  • Menggunakan conditional logical conjunction seperti : when, so, etc.

Jenis-Jenis Report Text

  • Reference articles
  • Lectures
  • Scientific articles
  • Textbooks

Unsur Kebahasaan Report Text

  • General Nouns : Suatu benda (baik itu hidup atau mati) yang bersifat secara umum. Coba saja bandingkan : Hunting dogs >< My dog. Hunting dogs ini bersifat umum. Sedangkan my dog ini bersifat khusus.
  • Relating Verbs : Dalam sebuah grammar disebut juga dengan linking verbs. Seperti pada to be [is, am, are: present], seem, look, taste dan lain-lain.
  • Timeless Present Tense : Salah satu penanda waktu dalam simple present yang menyerupai “often, usually, always” dan lain sebagainya.
  • Technical Terms : Istilah-istilah yang mencakup pada teks report tersebut. Misalnya pada wacana “music” maka, istilah-istilah musik yang seharusnya.
  • Introducing Group or General Aspect : Karena report text merupakan suatu hasil penjabaran dari sebuah penelitian, bahasa yang digunakan yakni berbagai bahasa-bahasa yang memperkenalkan suatu objek secara umum.

Struktur Umum Report Text

1. General Classification

Pada bagian pertama report text ini merupakan general classification. Bagian ini berisi tentang berbagai informasi-informasi umum yang berdasarkan pada sebuah hasil pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya baik tentang fenomena alam, hewan binatang, tumbuhan dan lain-lain. Berbeda dengan descriptive text, report text memaparkan berbagai informasi-informasi yang umum.


2. Description

Paragraph selanjutnya ini disebut dengan description. Bagian description pada sebuah report text ini memiliki fungsi yang sama pada descriptive text yaitu untuk dapat mendeskripsikan lebih jauh untuk detail berbagai hasil-hasil dari penelitian tersebut secara lebih terperinci.


Contoh Report Text

The Tambora Eruption

In the middle of 1815, there was a great eruption which destroyed some of the Indonesia because of the Tambora mountain.

Tambora mountain itself was located in the Sumbawa island in Indonesia which erupted at the first on April 5th it came in the dawn when all of the people were enjoying the bed in the night with their family.

There was a great rumbling of water, wind and explosion heard hard. The people were so shocked of it, they looked out the home, and saw the eruption of Tambora mountain and the ash.

They were so busy to keep and brought the family and important thing from the home. They ran to the other place which away from the mountain. The goat, cow and buffalo ran down from the mountain too.

There was no any preparation and could not see out side clearly only the moon light as their torch. Many victim were killed by the Tambora mountain around 100.000 people, the homes were burning, many goat and animals killed too.

The lava fell down rapidly and made the people were panic and did not know what they should do. The plants burnt. They survived their self. They climbed the hill and mountain .

Unfortunately, five days after the first eruption, there was a greater eruption later from the Tambora mountain on April 10th and it had killed many people more than 100.000, animal and others.

Flaming hot debris thrown into the surrounding ocean and caused the explosions of stream. And more tragic the moderate –sized tsunami storm.

It flew the much rock and ash was thrown away of Tambora mountain so that all the height of volcano was reduced from 14.000 until 9.000 feet.

Everything will give the bad and good effect, same with the eruption of Tambora, it gave the fertilized ground, the spectacular colored sunset throughout the world, snow and frost in the New England during in June or summer.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Report Text : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Unsur Kebahasaan, Struktur & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :