Analisis SWOT

Diposting pada

SeputarIlmu.ComMenjalankan sebuah perusahaan yang bisa mengelola bisnis tertentu pasti membutuhkan sistem dan pengaturan tertentu. Tujuannya tentu saja untuk bisa membuat perusahaan bisa tetap berjalan dan mampu bersaing dengan suatu kompetitornya.

Untuk itu setiap perusahaan biasanya dapat menerapkan adanya analisa SWOT guna mewujudkan hal tersebut. Apa itu SWOT dan bagaimana perannya dalam hal membantu kelancaran bisnis sebuah perusahaan? Berikut ini penjelasan lengkapnya.


Pengertian Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT adalah suatu metode perencanaan strategis untuk dapat mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan, yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats), baik itu tujuan jangka pendek maupun pada jangka panjang.

SWOT adalah singkatan dari :

S = Strength (kekuatan)
W = Weaknesses (kelemahan)
O = Opportunities (Peluang)
T = Threats (hambatan)

Istilah analisis SWOT seringkali kita temukan dalam suatu ruang lingkup ekonomi dan bisnis. Metode analisis ini tujuannya adalah untuk dapat menggambarkan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi dan bukan merupakan alat analisis yang dapat memberikan solusi terhadap masalah yang tengah dihadapi.

Analisis SWOT ini berperan penting dalam bisnis karena tujuannya untuk membuat kerangka suatu situasi dan kondisi dalam suatu perusahaan dari sudut pandang SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats).


Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu analisis SWOT, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli sebagai berikut ini :

1. Philip Kotler

Analisis SWOT adalah suatu evaluasi terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang terdapat pada individu atau organisasi.


2. Pearce dan Robinson

Analisis SWOT adalah suatu bagian dari proses manajemen strategik perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan. Kelemahan dan kekuatan utama tersebut dibandingkan dengan peluang dan ancaman ekstern sebagai suatu landasan untuk menghasilkan berbagai alternatif strategi.


3. Yusanto dan Wijdajakusuma

Analisis SWOT adalah suatu instrumen internal dan eksternal perusahaan yang bertumpu pada basis data tahunan dengan pola 3-1-5. Penjelasan mengenai pola ini adalah suatu data yang ada diupayakan mencakup data perkembangan perusahaan pada tiga tahun sebelum analisis, apa yang diinginkan pada tahun saat dilakukan analisis dan kecenderungan suatu perusahaan pada lima tahun pasca analisis.


4. Freddy Rangkuti

Analisis SWOT adalah suatu usaha yang dilakukan berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, dan pada saat yang sama untuk dapat meminimalisir kelemahan dan ancamana. Analisis ini bertujuan untuk dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.


5. Rais

Analisis SWOT adalah suatu metode analisis yang paling mendasar yang berguna untuk mengetahui topik dan permasalahan dari empat sisi yang berbeda. Hasil akhir dari analisis ini adalah suatu arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta dapat mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.


Manfaat Analisis SWOT

Banyak sumber yang mengatakan bahwa analisis SWOT adalah suatu metode analisis yang paling dasar. Analisis ini bermanfaat untuk dapat mengetahui suatu permasalahan dari empat sisi yang berbeda, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang dimilki oleh sebuah perusahaan.

Hasil dari suatu analisis ini dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kekuatan dan mempertahankan peluang, serta pada saat yang bersamaan mengurangi kelemahan dan dapat menghindari potensi ancaman.

Analisis SWOT  ini juga berperan sebagai instrumen yang bermanfaat dalam aktivitas analisis strategis. Dengan analisis ini, suatu organisasi dapat meminimalisir kelemahan dan menekan dampak ancaman yang harus dihadapi.

Jadi, secara umum manfaat analisis SWOT yaitu  sebagai berikut :

  • Perusahaan akan menjadi lebih memahami kekuatannya dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya.
  • Perusahaan akan dapat melihat suatu peluang dan dapat mempertahankan peluang.
  • Perusahaan mengetahui suatu kelemahan serta mencari solusi untuk mengurangi kelemahan tersebut.
  • Perusahaan mengetahui suatu potensi ancaman serta mencari solusi untuk menghindari ancaman tersebut.

Unsur-Unsur Analisis SWOT

SWOT merupakan sebuah metode yang digunakan untuk dapat membuat evaluasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam bisnis. Umumnya SWOT ini digambarkan dengan tabel pada ukuran kertas yang besar untuk memudahkan analisis hubungan antar aspeknya.

Pembuatan analisis SWOT ini melibatkan tujuan bisnis yang spesifik dan identifikasi faktor internal-eksternal untuk mencapai tujuan tersebut.

Seperti yang sudah disinggung diatas, analisis SWOT ini melibatkan empat unsur utamanya, yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Threats (ancaman). Berikut penjelasan dari masing-masing unsur tersebut diantaranya :

1. Kekuatan (Strenght)

Analisis terhadap unsur kekuatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Misalnya saja untuk menganalisis tentang kelebihan apa saja yang dimiliki perusahaan seperti dari segi teknologi, kualitas hasil produksi, lokasi strategis, atau unsur kekuatan lainnya yang lebih menekankan pada keunggulan perusahaan.

Biasanya dalam analisis SWOT pada perusahaan cenderung akan membuat sebanyak mungkin daftar kekuatan sebagai upaya kompetisi.


2. Kelemahan (Weakness)

Selain melihat unsur kekuatan suatu perusahaan, sangat penting untuk mengetahui apa kelemahan yang dimiliki perusahaan. Untuk mengetahui kelemahan suatu perusahaan bisa dengan melakukan perbandingan dengan pesaing seperti apa yang dimiliki perusahaan lain namun tidak dimiliki perusahaan Anda.

Jika ingin membuat daftar kelemahan suatu perusahaan secara lebih obyektif bisa dengan testimoni konsumen yang umumnya lebih mengetahui apa yang kurang dari sebuah perusahan.


3. Peluang (Opportunity)

Unsur peluang biasanya dibuat pada saat awal membangun suatu bisnis. Ini karena bisnis dibentuk berdasarkan peluang atau kesempatan untuk dapat menghasilkan keuntungan.

Unsur peluang termasuk daftar apa saja yang memungkinkan bisnis untuk mampu bertahan dan diterima di masyarakat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


4. Ancaman (Threats)

Analisis terhadap unsur ancaman ini sangat penting karena menentukan apakah bisnis dapat bertahan atau tidak di masa depan. Beberapa hal yang termasuk unsur ancaman misalnya pada banyaknya pesaing, ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, dan lain sebagainya.

Membuat suatu daftar ancaman perusahaan bisa untuk jangka pendek maupun jangka panjang serta bisa sewaktu-waktu bertambah atau berkurang.


Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Secara garis besar terdapat 2 faktor utama yang dapat mempengaruhi analisa SWOT, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut penjelasan singkatnya antara lain :

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah suatu faktor-faktor yang berasal dari dalam suatu perusahaan, yaitu kekuatan dan kelemahan dari perusahaan itu sendiri. Adapun beberapa hal yang merupakan bagian dari faktor internal adalah sebagai berikut ini :

  • Sumber daya keuangan yang memadai
  • Sumber daya manusia yang kompeten
  • Properti teknologi terkini
  • Kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan
  • Kemampuan pemasaran yang baik
  • Kemampuan distribusi yang baik, dll.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah semua faktor yang berasal dari luar perusahaan (ancaman dan peluang) dan dapat berpengaruh terhadap performa perusahaan tersebut. Adapun beberapa hal yang merupakan bagian faktor eksternal adalah sebagai berikut ini :

  • Tren bisnis
  • Budaya masyarakat
  • Sosial politik dan ideologi
  • Kondisi perekonomian suatu negara
  • Peraturan dan kebijakan pemerintah
  • Perkembangan teknologi, dll.

Pentingnya Analisis SWOT dalam Bisnis

Jika mengacu pada penjelasan di atas, analisis SWOT ini sangat penting untuk dilakukan, yaitu sebagai kerangka untuk menganalisis apa yang dimiliki dan tidak dimiliki suatu perusahaan.

Analisis ini bukan hanya penting untuk dapat membangun sebuah bisnis saja, namun sangat penting untuk keberlangsungan bisnis.

Analisa SWOT ini sudah dianggap sebagai metode analisis untuk mendeskripsikan perusahaan yang paling dasar. Melalui analisa SWOT dapat menjadi bahan untuk dapat membuat perencanaan strategis dan mencapai tujuan perusahaan secara lebih sistematis.

Analisis yang diterapkan dengan baik dan dapat dijalankan dengan benar dalam sebuah perusahaan akan sangat membantu untuk dapat melihat sisi-sisi perusahaan yang selama ini tidak terlihat. Tanpa melakukan suatu analisis bisa jadi bisnis yang dibangun tidak berjalan secara efisien dan efektif.


Contoh Analisis SWOT

Analisis SWOT pada brand StarBucks yang bisa kita jadikan referensi untuk membuat analisis SWOT. Perhatikan gambar sebagai berikut ini.

Dari gambar di atas kita dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi suatu bisnis Starbucks. Berikut penjelasan singkatnya diantaranya :

1. Kekuatan Starbucks

  • Memiliki suatu produk dan layanan berkualitas tinggi.
  • Brand yang terkenal secara internasional, dan memiliki kekuatan branding.
  • Lokasi store yang berada di tempat yang strategis.
  • Memiliki suatu hubungan yang baik dengan supplier.
  • Efektif dan efisien dalam suatu rantai pasok.

2. Kelemahan Starbucks

  • Efek bagi kesehatan dari mengkonsumsi suatu produk Starbucks.
  • Pertumbuhan masa depan semakin bergantung pada suatu segmen internasional.
  • Bergantung pada suatu segmen operasi di Amerika.
  • Bencana alam ini sangat mempengaruhi pasokan.
  • Bergantung pada suatu hubungan dengan pemasok.

3. Peluang Starbucks

  • Memanfaatkan suatu merek Starbucks lebih banyak lagi selain gerai.
  • Kelompok suatu produk konsumen global.
  • Perluasan pada segmen operasi internasional.
  • Inovasi suatu produk dan platform pertumbuhan baru.
  • Pertumbuhan masa depan yang semakin bergantung pada segmen internasional.

4. Ancaman Bagi Starbucks

  • Studi kesehatan yang terbaru tentang dampak gula.
  • Sejumlah besar pesaing dalam bisnis kopi yang spesial.
  • Suplai dan harga kopi tunduk pada volatilitas yang sangat signifikan.
  • Kondisi ekonomi di Amerika yang bisa menurunkan belanja konsumen.
  • Lonjakan upah minimum yang menurunkan profitabilitas dan menurunkan pasokan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai √ Analisis SWOT : Pengertian, Unsur, Manfaat, Faktor, Contoh, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel lainnya :