Pengertian Brosur

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Dalam pembahasan sebelumnya kita sudah membahas tentang pamflet. Dan sekarang, dalam artikel ini kita akan lebih dalam lagi membahas tentang brosur. Tahukah kamu apa itu brosur? Jika sudah tahu tetapi belum secara paham untuk apa brosur dibuat dan bagaimana ciri-ciri dari brosur tersebut, mari kita simak penjelasan terlengkapnya di bawah ini.


Pengertian Brosur

Brosur adalah salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan suatu promosi. Brosur berfungsi memberikan suatu informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen.

Umumnya, brosur berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata dan suatu informasi suatu produk ditambah sedikit gambar pendukung.

Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat bisa mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan diantaranya ialah brosur tentang makanan, bahasa inggris, sekolah, dan lain sebagainya.

Brosur adalah sebuah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, yang tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit.

Halamannya sering juga dijadikan satu dengan stapler, benang, atau kawat, biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.

Jika terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet ini umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk panel yang terpisah.

Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar atau halaman sering disebut juga selebaran. Selain itu, brosur yang memuat suatu informasi mengenai produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.


Pengertian Brosur Menurut Para Ahli

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Brosur merupakan suatu media informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem atau cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid atau selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat.


2. Hampton (2013:1)

Menyebutkan definisi brosur ini berdasarkan bentuk fisiknya, yaitu sepotong kecil kertas yang dicetak, pada umumnya menggunakan satu lembar kertas yang berukuran 8.5 inci x 11 inci atau 8.5 inci x 14 inci dengan tiga lipatan atau dapat pula yang berukuran lainnya dengan banyak lipatan yang berbeda atau tanpa lipatan.


Ciri – Ciri Brosur

Dibawah ini merupakan ciri-ciri atau karakteristik brosur, diantaranya sebagai berikut ini :

  • Umumnya terdapat pesan yang tunggal.
  • Bertujuan untuk dapat mengiformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk atau juga mempengaruhi seseorang atau pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Hanya sekali yang diterbitkan.
  • Dibuat semenarik mungkin supaya menarik suatu perhatian publik.
  • Didistribusikan dengan secara tersendiri oleh pembuat suatu brosur tersebut.
  • Memiliki desain yang menarik serta mempunyai juga isinya jelas.

Fungsi Brosur

Fungsi brosur, dibagi menjadi 3 (tiga) bagian diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Fungsi Informatif adalah suatu brosur biasanya dipakai untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial kamu yang berkaitan dengan perusahaan kamu. Informasi ini berkaitan dengan presentasi suatu perusahaan, produk baru atau layanan yang perusahaan yang ingin kamu tawarkan, ataupun perubahan terbaru dalam nama perusahaan, dan lain-lain.
  2. Fungsi Iklan adalah suatu brosur benar-benar sangatlah penting sebagai alat iklan atau alat promosi, yang menarik dan juga memungkinkan untuk bisa mempromosikan satu atau lebih produk maupun jasa.
  3. Fungsi Identifikasi adalah suatu desain dari brosur yang baik memungkinkan untuk mempertahankan kriteria yang sama melalui semua brosur suatu perusahaan. Jika kriteria tersebut (kadang disebut juga dengan konsep) disatukan dalam semua jenis brosur, itu akan membuat suatu perusahaan sangat mudah di identifikasi. Ini akan memberikan prestise dan juga kredibilitas bagi perusahaan. Hal ini sangat penting untuk brosur suatu perusahaan tidak hanya memiliki “konsep”, akan tetapi juga memiliki logo, sebuah logo yang dirancang dengan baik sangatlah penting bagi setiap perusahaan, yaitu salah satu langkah pertama untuk dapat memulai kampanye iklan.

Tujuan Brosur

Sedangkan, tujuan brosur dalam bahasa Inggris, yaitu sebagai berikut :

  • Information ( Informasi ).
  • Promotion (Promosi ).
  • To increase attractiveness for a product ( Untuk dapat meningkatkan daya tarik suatu produk ).
  • As an identy for a product ( Sebagai suatu identitas untuk suatu produk ).

Jenis – Jenis Brosur

1. Jenis Brosur Berdasarkan Warna

Warna brosur terkadang juga mempengaruhi harga cetak brosur. Dalam percetakan ada dua tipe jenis brosur berdasarkan warna, yakni:

A. Brosur Fullcolour
Brosur ini memiliki warna yang menarik dan banyak, warna untuk cetak brosur ini adalah perpaduan antara Cyan, Magenta, Yellow, dan Key (Black). Harga cetak brosur dengan fullcolour tentu berbeda dengan yang BW (Hitam Putih).

Harga cetak brosur yang fullcolour bisa 2 kali lebih mahal daripada brosur B/W (hitam putih).


B. Brosur B/W (Black White)

Brosur Hitam Putih bisa menjadi opsi anda agar lebih ekonomis, karena anda bisa menghemat dana anda hingga 50% jika menggunakan brosur hitam-putih daripada yang full colour.

Brosur hitam putih tetap akan menarik jika anda dapat mendesain nya dengan baik, saya berikan contoh desain brosur hitam putih yang baik di bawah.


2. Jenis Brosur Berdasarkan Sisi

Brosur bisa anda cetak di salah satu atau di kedua sisinya. Harga cetak brosur satu sisi pun lebih murah dibanding dua sisi. Tetapi untuk brosur dua sisi harganya akan lebih mahal 2 kali lipat dari pada brosur satu sisi.

Satu atau dua sisi adalah tergantung dari selera promosi dan budget anda. Yang terpenting dari brosur dua sisi adalah kesesuaian penempatan konten informasinya.

Sebagai contoh anda bisa melihat contoh brosur Merek Handphone. Di sisi satu dia menampilkan gambar handphone dan spesifikasi secara umum, tetapi di sisi brosur yang lain dia menyampaikan informasi yang lebih spesifisik.


Contoh Brosur

1. Contoh Brosur Makanan

Brosur makanan ini biasanya memberikan informasi tentang menu makanan yang ditawarkan lengkap dengan gambar makanannya. Berikut ini adalah contoh brosur makanan :


2. Contoh Brosur Bahasa Inggris

Brosur ini biasanya ditulis juga dalam bahasa Inggris atau seluruh informasi yang diuraikan ditulis memakai bahasa Inggris. Berikut ini adalah contoh brosur bahasa Inggirs :


3. Contoh Brosur Sekolah

Brosur sekolah ini biasanya berisi informasi tentang jadwal penerimaan siswa baru, berikut ini contoh brosur sekolah yaitu :


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Brosur : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan yan lebih lagi bagi para pembaca. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :