√ Opini : Pengertian, Ciri – Ciri, Jenis -Jenis, Unsur – Unsur dan Contohnya Terlengkap

Diposting pada
√ Opini : Pengertian, Ciri – Ciri, Jenis -Jenis, Unsur – Unsur dan Contohnya Terlengkap
Rate this post

√ Opini : Pengertian, Ciri – Ciri, Jenis -Jenis, Unsur – Unsur dan Contohnya Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa lagi dalam artikel seputarilmu.com yang akan membahas mengenai Opini dan pengertiannya secara lengkap. Apa yang kamu ketahui mengenai Opini ?

Jika kamu ingin mengetahuinya lebih dalam lagi mengenai Opini dikehidupan sehari-hari kamu, mari simak penjelasannya secara lengkap dibawah ini.

 

√ Opini : Pengertian, Ciri - Ciri, Jenis -Jenis, Unsur - Unsur dan Contohnya Terlengkap
√ Opini : Pengertian, Ciri – Ciri, Jenis -Jenis, Unsur – Unsur dan Contohnya Terlengkap

 

Pengertian Opini

 

Opini merupakan suatu pendapat yang disampaikan oleh seseorang atau sekelompok orang dalam menyikapi sebuah masalah dengan memberikan prediksi atau harapan tentang kejadian tersebut.

Sebuah opini tidak dapat dijamin atas kebenarannya karena tidak diperkuat dengan adanya fakta, bersifat subjektif, dan adanya perbedaan pendapat tentang suatu kejadian.

Setiap orang memiliki pandangan yang sangat berbeda-beda dan memiliki hak yang sama untuk menyampaikan pendapat atau mengeluarkan opini pada setiap kejadian atau peristiwa tertentu.

Opini dapat disampaikan dengan berbagai cara, misalnya seperti :

  1. Secara aktif
  2. Secara pasif
  3. Melalui verbal
  4. Melalui bahasa konotatif
  5. Melalui gestur
  6. Melalui cara berpakaian

 

 

Pengertian Opini Menurut Para Ahli

 

1. Wikipedia

Opini (opinion) adalah suatu pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian.

 

2. Leonardo W. Dood Via Sumirat

Opini adalah salah satu sikap atau pendapat yang dikeluarkan seseorang mengenai sebuah masalah, atau persolaan dan keadaan yang sedang terjadi maupun sudah terjadi.

 

3. Webster’s New Collegiate Dictionary

Opini merupakan suatu pandangan, keputusan atau sebuah taksiran yang terbentuk di dalam pikiran mengenai suatu persoalan terntentu.

 

4. Frazier Moore (2004)

Opini lebih kuat dari pada sebuah kesan tetapi juga lebih lemah dari pada pengetahuan yang positif. Opini merupakan suatu kesimpulan yang ada dalam sebuah pikiran dan belum dikeluarkan untuk di perdebatkan.

 

5. Albig (1939:4)

Opini : “An opinion is any expression on a controversial topic.”

 

6. Abelson dalam Soemirat (2004)

Opini mempunyai unsur pembentuk yaitu sebagai berikut :

  • Belief
  • Attitude
  • Perception

 

 

Ciri – Ciri Opini

 

Opini memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya seperti berikut ini :

  1. Isi dari Opini merupakan sebuah hasil pemahaman atau penilaian seseorang terhadap suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi.
  2. Opini juga belum tentu benar, jadi perlu pembuktian untuk mengetahui kebenarannya oleh karena itu memerlukan bukti-bukti yang tepat.
  3. Biasanya pernyataan opini hanya berupa suatu saran atau usul saja terhadap suatu peristiwa atau kejadian.
  4. Dalam mengungkapkan sebuah opini umumnya selalu di awali menggunakan kalimat mungkin, misal, bisa saja, bisa jadi, menurut pendapat saya, menurut saya, dan lain-lain.

 

 

Ciri – Ciri Kalimat Opini

 

Adapun beberapa ciri dari kalimat Opini, diantaranya seperti berikut ini :

  1. Kalimat yang belum dapat dibuktikan kebenaranya.
  2. Kalimat yang sifatnya subjektif, biasanya ada yang dilengkapi dengan sebuah saran, pendapat, ataupun prediksi mengenai sebab maupun akibat suatu peristiwa atau kejadian.
  3. Kalimatnya dari sebuah pemikiran sendiri, atau merupakan pendapat seseorang dari pemikirannya sendiri.
  4. Tidak ada data akurat yang dapat mendukung sebuah kebenaran kalimat opini tersebut. Jadi kalimat opini tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya.
  5. Kalimat yang bisa berisi pendapat mengenai suatu peristiwa atau kejadian. Kalimat pendapat tersebut bisa juga mengenai jawaban pertanyaan dari apa, mengapa, bagaimana, dan lain-lain.
  6. Kalimat dapat berupa sebuah rencana mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang belum atau akan terjadi.
  7. Kalimat opini bisa saja berisi sebuah kalimat yang belum tentu kejadiannya. Kalimat ini juga umumnya diawali dengan kata rasanya, menurut saya, dan lain-lain.
  8. Kalimat opini biasanya dapat diawali menggunakan kata-kata seperti: bisa jadi, menurut saya, tidak mungkin, sebaiknya, seharusnya, bisa saja,bisa jadi,dan lain-lain.
  9. Jika kalimat opini tersebut berupa suatu informasi, maka informasi tersebut belum tentu kebenarannya.

 

 

Jenis – Jenis Opini

Dalam ilmu komunikasi, opini dikenal memiliki berbagai jenis, di antaranya yaitu seperti :

 

  • Opini Individual

Opini individual merupakan salah satu pendapat seseorang mengenai sesuatu yang terjadi di masyarakat. Untuk dapat mengetahui orang lain disekitar ada yang sependapat atau tidak, seseorang harus melakukan perbincangan kepada orang lain terlebih dahulu, sehingga sesuatu yang dibicarakan tersebut kini menjadi opini publik.

 

  • Opini Pribadi

Opini pribadi merupakan salah satu pendapat asli seseorang mengenai suatu masalah sosial. Opini pribadi timbul apabila seseorang tanpa dapat dipengaruhi oleh orang lain, menyetujui atau tidaknya suatu masalah sosial, kemudian dalam nalarnya ia menemukan sebuah kesimpulan sebagai tanggapan atas masalah sosial tersebut.

 

  • Opini Kelompok

Opini kelompok merupakan salah satu pendapat sekelompok orang mengenai masalah sosial yang menyangkut kepentingan orang banyak. Contohnya yaitu keharusan pancasila dijadikan asas tungal bagi organisasi kemasyarakatan, maka diantara kelompok itu ada yang pro dan ada yang kontra.

 

  • Opini Minoritas

Opini minoritas yakni salah satu pendapat dari orang-orang yang jumlahnya sangat relatif lebih sedikit dari mereka yang terkait suatu masalah sosial, baik yang pro, kontra, atau dengan pandangan lainnya. Lawan dari opini minoritas yaitu opini mayoritas.

 

  • Opini Mayoritas

Opini mayoritas yaitu salah satu pendapat orang-orang yang terbanyak dari mereka yang berkaitan dengan suatu masalah sosial, baik sebagai yang pro, kontra, maupun yang memiliki penilaian lainnya.

 

  • Opini Massa

Opini massa ialah suatu kelanjutan dari sebuah opini publik. Opini massa adalah salah satu pendapat seluruh masyarakat sebagai hasil dari perkembangan pendapat yang berbeda mengenai masalah yang menyangkut kepentingan umum.

 

  • Opini Umum

Opini umum adalah serangkaian pendapat yang sama dari semua orang dalam suatu masyarakat mengenai masalah yang menyangkut kepentingan umum. Secara sederhana, opini umum ini merupakan satu pendapat yang diamini oleh masyarakat pada umumnya.

 

 

Fungsi Opini

 

  1. Fungsi tajuk rencana yang umumnya menjelaskan berita dan akibatnya pada masyarakat.
  2. Mengisi latar belakang dari kaitan berita tersebut dengan suatu kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh.
  3. Terkadang ada suatu analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang bisa terjadi.
  4. Meneruskan suatu penilaian moral mengenai berita tersebut.

 

 

Unsur – Unsur dalam Opini

 

1. Nilai Kepercayaan

Pada umumnya seseorang mengungkapkan sebuah opini terhadap suatu hal didasari oleh adanya kepercayaan. Nilai kepercayaan ini juga terbentuk dapat dipengaruhi oleh Agama, Politik, Budaya, dan lain-lain.

Nilai kepercayaan yang memiliki pengaruh yang sangat besar bagi seseorang ketika menyampaikan pendapatnya. Itulah sebabnya mengapa orang-orang yang mempunyai latar belakang suatu kepercayaan yang sama cenderung memiliki opini yang sama.

 

2. Sikap

Sikap seseorang dalam menyikapi suatu peristiwa akan dapat melahirkan suatu opini. Adapun pernyataan sikap tersebut yang bentuknya bisa membenarkan atau menyanggah informasi lain yang dilihat atau didengar melalui suatu media.

 

3. Persepsi

Opini publik dapat terbentuk karena adanya suatu persepsi karena persepsi merupakan pemberian makna terhadap suatu peristiwa. Ketika seseorang ini mendapatkan suatu informasi tertentu maka pada saat itu akan terjadi penilaian terhadap penyebab dan kemungkinan yang dapat terjadi, dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu opini.

 

 

Struktur Opini

 

  • Pernyataan Pendapat (Tesis) yaitu salah satu bagian berisi sudut pandang penulis mengenai masalah yang dibahas. Biasanya juga sebuah teori yang akan diperkuat oleh argumen.
  • Argumentasi yaitu salah satu alasan atau sebuah bukti yang digunakan guna memperkuat pernyataan dalam tesis, walau secara umum argumentasi diartikan untuk menolak suatu pendapat. Argumen ini bisa berbentuk pertanyaan umum atau data hasil penelitian, pernyataan para ahli, maupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya.
  • Penyataan atau Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration) yakni salah satu bagian berisi penegasan ulang pendapat yang didorong oleh fakta di bagian argumentasi guna memperkuat atau menegaskan. Ada pada bagian akhir teks.

 

 

Kaidah Kebahasaan Opini

 

  1. Adverbia yakni ditujukan agar pembaca meyakini teks yang dibahas, dengan menegaskan atau menggunakan kata keterangan (adverbia frekuentatif). Kata yang biasa digunakan diantaranya yaitu : selalu, biasanya, sering, kadang-kadang, sebagian besar waktu, jarang, dan lainnya.
  2. Konjungsi  adalah salah satu kata penghubung pada teks, contohnya seperti : bahkan.
  3. Verba Material adalah salah satu verba yang menunjukkan perbuatan fisik atau peristiwa.
  4. Verba Relasional ialah salah satu verba yang dapat menunjukkan hubungan intensitas (pengertian A adalah B), dan milik (mengandung pengertian A mempunyai B).
  5. Verba Mental merupakan suatu verba yang dapat juga menerangkan persepsi (misalnya melihat, merasa), afeksi (misalnya suka, khawatir), dan kognisi (misalnya berpikir, mengerti). Pada verba mental terdapat partisipan pengindra (senser) dan fenomena.

 

 

Contoh – Contoh Kalimat Opini

 

Berikut ini adalah beberapa ciri yang dapat dilihat dari kalimat opini diantaranya :

  • Hidup di pedesaan akan jauh lebih enak daripada hidup di perkotaan.
  • Menjadi orang kaya itu tidaklah mudah.
  • Mungkin lusa akan terjadi badai.
  • Menurut saya, sebuah permasalahan banjir Jakarta sangat sulit untuk diatasi.
  • Buah pisang rasanya jauh lebih enak daripada buah durian.
  • Udara di kota Bandung sangat dingin dibandingkan kota Jakarta.
  • Kopi ini lebih enak bila diminum di malam hari.
  • Mungkin para koruptor akan lebih jera bila pemerintah menerapkan hukuman mati.
  • Indonesia akan jaya, bila negara ini dipimpin oleh seorang pemuda.
  • Batagor adalah makanan terbaik dan khas yang ada di kota Bandung.
  • Es jeruk ini rasanya sangat asam.
  • Bila kita rajin olahraga dan tidak merokok, maka umur akan jauh lebih panjang.
  • Menurut saya, main game adalah salah satu hobi yang paling mengasyikan.
  • Mereka tidak menyukainya, mungkin karena dia adalah seorang mantan napi.

 

Demikianlah pembahasan terlengkap mengenai √ Opini : Pengertian, Ciri – Ciri, Jenis -Jenis, Unsur – Unsur dan Contohnya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Teks Prosedur : Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Macam dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Struktur, Pola, Kaidah, Tujuan dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Opini : Pengertian, Ciri - Ciri, Jenis -Jenis, Unsur - Unsur dan Contohnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Pengertian Teks Anekdot : Struktur, Ciri-Ciri, Unsur Kebahasaan, Tujuan dan Contoh Terlengkap