Intervensi Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Intervensi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Intervensi? Oke, mari simak penjelasan secara lengkapnya dibawah ini ya.


Pengertian Intervensi

Intervensi yakni sebuah istilah dalam dunia politik. Istilah ini juga akan mengacu pada negara yang ikut campur urusan suatu negara yang jelas-jelas bukan termasuk urusannya.

Intervensi merupakan sebuah tindakan atau juga perbuatan campur tangan yang pelakunya adalah suatu badan (lembaga) terhadap suatu konflik (permasalahan) yang sedang terjadi diantara dua belah pihak ataupun lebih, dimana suatu tindakan yang diperbuat tersebut akan membuat rugi salah satu pihak yang sedang terkena masalah (konflik) itu.

Berdasarkan hukum internasional yang juga mengartikan intervensi dalam arti tidak lah begitu berarti luas sebagai suatu bentuk campur tangan negara asing dalam satu urusan suatu negara.

Melainkan juga bisa berarti sempit, yaitu suatu campur tangan negara asing yang sudah memiliki sifat menekan dengan alat kekerasan (force) atau dengan suatu ancaman melakukan kekerasan, ketika keinginannya tidak lagi terpenuhi.

Kecenderungan untuk dapat menjalankan intervensi sebagai salah satu dari instrumen politik luar negeri terus meningkat dan juga dilatar belakangnya sanggup menjadi semakin kompleks.

Negara-negara adidaya maupun juga dari negara yang mempunyai suatu kemampuan politik, ekonomi dan juga militer yang patut untuk diragukan, sama-sama ulet dalam soal mencampuri suatu urusan negara lain.


Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

1. Oppenheiman Lauterpacht

Intervensi yakni kegiatan suatu tindakan campur tangan oleh satu negara kepada negara lain yang besifat diktator. Umumnya dapat dilakukan demi melakukan suatu upaya untuk merubah keadaan atau pun produk ekonomi ke arah yang lebih baik lagi.


2. Dr. Wirjono Prodojodikoro

Dalam hukum internasional intervention ini tidak akan selalu mengacu pada semua bentuk campur tangan negara asing dalam urusan negara lain.

Karena campur tangan ini juga bersifat menekan dengan media kekerasan atau ancaman untuk melakukan sebuah tindak kekerasan apabila suatu keinginannya tidak dipenuhi.


3. Parry dan Grant

Intervensi ialah sebuah ikut campurnya sebuah negara dengan cara diktator dalam kaitannya sama negara lain dengan sebuah tujuan untuk dapat menjaga sebuah negara atau juga untuk mengubah kondisi aktual tertentu.


4. Black’s Law Dictionary

Intervensi yaitu sebuah hal ikut campur suatu negara dalam urusan negara lain dengan menggunakan berbagai ancaman kekuatan atau langsung dengan kekuatan.


5. J.G. Starke

Intervensi yakni yang mengacu kepada propaganda atau kegiatan lainnya yang dilakukan oleh suatu negara dengan tujuan untuk dapat mendorong terjadinya revolusi atau perang saudara di negara lain.


6. James Rosenau

Intervensi ini bisa dibedakan dari instrumen politik luar negeri lain, dengan cara dua faktor yakni sebagai berikut :

  • Bahwa intervensi dapat membedakan diri dengan tajam dalam hal cara menyelenggarakan hubungan antar negara yang konvensional.
  • Bahwa intervensi secara sadar dapat dilakukan untuk bisa mengakibatkan perubahan politik yang mendasar di negara yang dijadikan sasaran intervensi.

7. Gordon

Intervensi yakni salah satu campur tangan dokter atau perawat yang dilakukan untuk membantu kesembuhan pasien seperti sediakala.


Macam-Macam Pengertian Intervensi Menurut Bidangnya

  • Intervensi Hukum Perdata ialah adanya sebuah campur tangan dari pihak ke-3 dalam sebuah kasus atau permasalahan perdata yang sedang berlangsung diantara para pihak tergugat dan penggugat.
  • Intervensi Pemerintah ialah pada beberapa usaha dan tindakan untuk menekan pihak-pihak tertentu yang dapat dilakukan oleh pemerintah dalam sebuah perancangan kerja yang tujuannya untuk segala sesuatu pencapaian yang lebih baik lagi.
  • Intervensi Psikologi ialah suatu bentuk layanan psikologi individu, berpasangan, keluarga atau berkelompok yang mana para klien atau pasien datang ke biro atau pusat psikologi guna mengobati suatu kondisi mengenai psikis tertentu. Misalnya saja, terapi depresi atau kondisi rasa trauma.
  • Intervensi Keperawatan adalah sebuah campur tangan dan tindakan perawat atau dokter yang keberadaannya untuk dapat membantu klien atau pasien beralih ketahap kesehatan yang diinginkan atau kesembuhan yang menyeluruh.

Jenis-Jenis Intervensi

1. Intervensi Berdasarkan Dampaknya

A. Intervensi Positif

Intervensi positif ini merupakan suatu intervensi yang dapat dilakukan oleh sebuah negara lain atau pun lembaga dunia yang bertujuan untuk dapat menegakkan keadilan atau pun hak asasi manusia. Salah satu lembaga yang juga sering melakukan intervensi positif yaitu PBB.


B. Intervensi Negatif

Intervensi negatif merupakan salah satu bentuk intervensi yang dilakukan oleh negara lain dengan memanfaatkan produk – produk internasional yang biasanya dapat dilakukan oleh negara – negara maju dan negara berkembang terhadap  berbagai negara – negara berkembang lainnya, negara miskin ataupun negara tertinggal.

Contoh intervensi negatif yaitu pada intervensi negara China ke negara – negara yang ada di daerah Asia Tenggara.


2. Intervensi Berdasarkan Jangkauannya

A. Intervensi Internal

Intervensi Internal merupakan suatu campur tangan negara lain untuk dapat membela kelompok tertentu dalam rangka aktivitas pemberontakan atas pemerintahan yang sedang memimpin.


B. Intervensi Eksternal

Intervensi Eksternal merupakan sebuah campur tangan negara lain atas perang yang sudah terjadi pada dua negara dengan maksud mendamaikan ataupun dapat membela salah satu negara yang terlibat perang.


C. Intervensi Reprisal

Intervensi Reprisal adalah salah satu bentuk intervensi yang dilakukan dengan tujuan membalas kerugian yang diderita oleh negara lain dengan cara mengadakan suatu perang kecil atau pun blockade.


D. Intervensi Punitive

Intervensi Punitive yaitu salah satu jenis dari intervensi sebuah Negara terhadap Negara lain sebagai balasan atas kerugian yang diderita oleh Negara tersebut.


Bentuk-Bentuk Intervensi

1. Intervensi Diplomatik

Macam-macam intervensi salah satunya ialah Intervensi diplomatik. Pengertian intervensi diplomatik ini bahwa biasanya terjadi apabila seorang diplomat yang memperlihatkan komentar terhadap atau memihak dalam suatu krisis atau suatu masalah politik yang sedang melanda negara tempatnya bertugas.


2. Intervensi Klasik

Macam-macam intervensi diantara salah satunya intervensi diplomatik. Pengertian intervensi klasik yaitu yang berupa suatu kegiatan gelap atau misi rahasia.

Bentuk yang sesuai paling rentan yaitu dengan melalui penyuapan atau penyogokan pejabat negara yang dijadikan sasarannya.


3. Pameran Kekuatan Militer

Yang relatif murah dan juga mengandung suatu resiko rendah, tetapi sering justru lebih efektif dari pada pengiriman ekspedisi militer yang sesungguhnya.


4. Subversi atau Gerakan Bawah Tanah

Subversi yaitu salah satu gerakan politik dan militer yang dapat diorganisasikan, ditunjang dan diarahkan oleh suatu negara absurd yang bertujuan sendiri dengan amat sangat memanfaatkan situasi dan juga elemen-elemen setempat di negara sasaran.


5. Gerilya

Salah satu macam-macam bentuk yang berupa gerilya, merupakan perpaduan antara subversi dengan suatu sistem perang konvensional.

Gerilya ini tidak selalu merupakan hasil intervensi kekuatan absurd tetapi cukup banyak dari kegiatan gerilya yang merupakan manifestasi dari intervensi.


6.Intervensi Militer

Adapun dari macam-macam dari bentuk intervensi yaitu sebuah intervensi militer. Pengertian intervensi militer ini yaitu diwujudkan dalam bentuk pengiriman suatu ekspedisi militer untuk dapat menunjang suatu pemerintahan yang sedang berkuasa ataupun membantu suatu kelompok pemberontak.


7. Voeging

Adalah ikut sertanya pihak ketiga dalam sebuah perkara yang sedang yang sedang berlangsung antara penggugat dan tergugat dengan bersikap memihak kepada salah satu pihak.


8. Tussenkomst

Yakni ikut sertanya pihak ketiga dalam suatu perkara yang sedang yang sedang berlangsung antara penggugat dan tergugat dengan bersikap membela kepentingan sendiri.


Contoh Tindakan Intervensi

  1. Mengirimkan para prajurit suatu negara ke negara yang bertikai yang jelas bukan menjadi urusannya.
  2. Melakukan suatu embargo di sebuah negara yang dimusuhi oleh lembaga negara lainnya.
  3. Melakukan suatu peperangan dengan cara blokade ke negara lainnya, padahal tidak ada sangkut pautnya sama sekali.

Contoh Perbuatan Intervensi

  1. Intervensi kolektif yang sesuai dengan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  2. Intervensi untuk dapat melindungi hak dan kepentingan dan juga keselamatan jiwa warga negara di luar yang menjadi dasar untuk suatu pemerintah Amerika Serikat yang membenarkan adanya suatu tindakan dalam bentuk pengiriman para tentara multinasional di Pulau Grenada di bulan Oktober 1983.
  3. Pertahanan diri, ketika intervensi juga diperlakukan untuk bisa menghilangkan bahaya serangan bersenjata yang terlihat jelas.
  4. Dalam suatu urusan protektorat yang berada di bawah kekuasaannya.
  5. Apabila negara yang menjadi sebuah subjek intervensi dipersahkan melakukan pelanggaran berat terhadap hukum internasional yang juga berkaitan negara yang melakukan suatu intervensi, sebagai contohnya yakni apabila negara pelaku intervensi sendiri sudah diintervensi secara melawan hukum.

Dampak Negatif Intervensi

Ikut campur yang berlebihan justru akan bisa memperkeruh suatu keadaan yang sedang tidak baik. Oleh karena itu,intervensi ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh suatu negara.

Namun ternyata ada juga negara yang senang melakukan intervensi. Tentu ada niat terselubung dibalik semua itu. Pengertian intervensi ini juga bisa membuka wawasan warga negara supaya bisa lebih berhati hati jika ternyata ada yang melakukan intervensi.


Demikianlah penjelasan mengenai √ Intervensi : Pengertian, Bentuk, Macam, Dampak & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :