Atlas Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Atlas.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Atlas? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Atlas : Pengertian, Fungsi, Ciri, Syarat, Jenis dan Unsur Terlengkap


Pengertian Atlas

Atlas merupakan suatu kumpulan peta yang disatukan dan dijilid menjadi sebuah buku. Nama atlas berasal dari nama dewa bangsa Yunani, yaitu Atlas, dewa yang memegang bumi di atas pundaknya.

Peta dunia yang berbentuk dari atlas modern pertama oleh Ortelius-Theatrum Orbis Terrarum pada tahun 1570. Meskipun terdiri atas beberapa peta, tetapi sebenarnya atlas bukanlah peta, tapi atlas berupa buku yang berisi bermacam-macam peta yang dilengkapi dengan diagram, gambar, data statistik, dan uraian penjelasannya dan berwarna.


Syarat – Syarat Atlas

  • Judul atlas, yang mencerminkan isi atlas tersebut, misalnya Atlas Indonesia, Atlas Dunia, Atlas Sejarah Indonesia, dan lain-lain.
  • Memuat daftar isi, yang bertujuan untuk memudahkan dalam mencari peta yang diinginkan dalam atlas.
  • Peta yang terdapat di setiap halaman atlas diberi judul tersendiri sesuai dengan peta yang digambarkan, dan jika halaman tersebut menggambarkan peta tematik,, dilengkapi dengan legendanya.
  • Pada peta-peta umum memakai tata warna sesuai dengan simbol-simbol peta yang terdapat dalam legenda.
  • Pada halaman depan dicantumkan legenda peta yang menjelaskan arti dari simbol-simbol yang terdapat dalam atlas.
  • Pada halaman-halaman akhir dari atlas, terdapat sebuah indeks yang memuat nama-nama yang ada di dalam atlas tersebut, seperti nama-nama kota, pulau, kepulauan, sungai, laut, selat, gunung, pegunungan dan lain sebagainya.
  • Dengan adanya syarat-syarat atlas yang lengkap dan baik, berbagai informasi yang hendak kita cari di atlas, baik berupa informasi fisik maupun informasi kondisi sosial ekonomi suatu wilayah bisa dengan mudah ditemukan.

Fungsi Atlas

  • Menunjukan lokasi suatu tempat dalam pemetaan suatu wilayah.
  • Menginformasikan luas, posisi dan letak suatu lokasi atau wilayah.
  • Menunjukan relief-relief kenampakan bumi di suatu wilayah atau daerah.

Ciri – Ciri Atlas

  • Menggunakan tata warna pada peta pada dasarnya disesuaikan dengan simbol yang ada.
  • Pada halaman depan mencantumkan sebuah legenda peta yang menjelaskan mengenai arti dari simbol di dalam atlas.
  • Pada halaman akhir pada atlas memuat indeks berisikan nama-nama terkait yang terdapat dalam peta.

Jenis-Jenis Atlas

A. Jenis Atlas Berdasarkan Jenisnya

1. Atlas Umum

  • Atlas Umum yaitu salah satu jenis atlas yang memberi sebuah informasi secara umum tentang sebuah kenampakan geografi di permukaan bumi. Jenis atlas umum antara lain adalah:
  • Atlas Nasional yakni salah satu jenis atlas yang berisikan sebuah kumpulan peta-peta yang mencakup satu negara dengan lengkap dengan kenampakan fisik dan sosial.
  • Atlas Regional ialah suatu jenis atlas yang berisikan sebuah kumpulan peta-peta yang mencakup beberapa negara yang berada dalam satu kawasan.
  • Atlas Dunia adalah sebuah jenis atlas yang berisikan sebuah kumpulan peta-peta yang mencakup seluruh dunia secara lengkap.

2. Atlas Khusus

Atlas khusus merupakan sebuah jenis atlas yang hanya satu jenis informasi saja yang sesuai dengan judulnya, contohnya :

  • Atlas Penduduk yaitu suatu jenis atlas yang memaparkan suatu persebaran penduduk.
  • Atlas Geologi yakni salah satu jenis atlas yang memaparkan keadaan geologi atau batuan.

3. Atlas Semesta

Atlas Semesta yakni suatu jenis atlas yang memaparkan sebuah keadaan semesta alam yang antara lain berhubungan dengan galaksi, tata surya, ilmu bintang dan peredaran benda-benda angkasa.


B. Jenis Atlas Berdasarkan Tujuan dan Isinya

1. Atlas Referensi

Atlas referensi yakni salah satu jenis atlas yang digunakan untuk mengetahui kenampakan geografi dan batas negara (batas wilayah).

2. Atlas Pendidikan atau Atlas Sekolah

3. Atlas Tematik

Atlas tematik ialah suatu atlas yang berisi dengan peta-peta dengan tema tertentu. Contoh atlas tematik adalah peta persebaran penduduk, peta pertanian, peta pariwisata dan lain sebagainya.


Unsur-Unsur Atlas

1. Judul Atlas

Judul atlas merupakan informasi awal dari atlas dan harus mencerminkan keseluruhan isi atlas. Misalnya Atlas Dunia di dalamnya berisi peta permukaan bumi baik daratan maupun perairan, peta benua-benua, peta wilayah Kutub Utara dan Kutub Selatan dan peta negara-negara di benua.


2. Daftar Isi

Daftar Isi merupakan nama-nama peta yang disusun lengkap dengan halaman tempat peta disajikan. Daftar isi berguna untuk membantu pengguna mempermudah dalam mencari peta yang diinginkan.


3. Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan ungkapan pembuat atlas berkenaan dengan isi dan tujuan pembuatan atlas.


4. Legenda

Legenda merupakan keterangan yang menjelaskan tentang simbol-simbol yang digunakan pada peta yang terdapat dalam atlas.


5. Tahun Pembuatan Atlas

Tahun Pembuatan Atlas dicantumkan agar pengguna mengetahui kapan atlas itu dibuat berkenaan dengan kesesuaian data yang disajikan dengan waktu penggunaan.


6. Daftar Indeks

Daftar Indeks berisi daftar nama-nama objek geografi, baik fisik maupun sosial budaya yang disusun berdasarkan kelompok-kelompok tertentu.

Misalnya kota, gunung, pegunungan, pulau, kepulauan, sungai, danau, waduk, teluk, selat, laut, samudra tanjung, dan pelabuhan udara, sedangkan setiap kelompok disusun berdasarkan abjad.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Atlas : Pengertian, Ciri, Unsur, Syarat, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :