Newsgroup Adalah

Diposting pada

Newsgroup : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Katagori Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Newsgroup.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Newsgroup? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Newsgroup : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Katagori Terlengkap


Pengertian Newsgroup

Newsgroup merupakan salah satu tempat penyimpanan yang biasanya digunakan oleh usenet dalam berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak usernya (Penggunanya) pada lokasi yang berbeda.

Istilah ini kadang membingungkan, karena kebanyakan orang menggunakan newsgroup untuk berdiskusi kelompok. Adapun aplikasi (Perangkat Lunak) yang digunakan untuk membaca Newsgroup yaitu Newsreader.

Anggota Newsgroup biasanya memiliki kepentingan serta ketertarikan yang sama dalam membahas tema atau topik tertentu.

Newsgroup bisa dianggap sebagai bulletin board yang dimana setiap orang dapat dengan bebas memberikan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang juga tergabung ke dalam kelompok tersebut.


Sejarah Newsgroup

Newsgroup memiliki sejarah tentang pengelompokkan atau hirarki yang berawal ketika penggunaan newsgroup ini ada di seluruh berita yang masuk kedalam hirarki dengan nama ‘net’ yang berisi macam-macam jenis berita.

Pada tahun 1986-1987 terjadi suatu penamaan atau pengelompokkan yang lebih mendetai utnuk dapat mempermudah dalam pemilahan jenis berita.

Pengelompokkan ini membuat 7 hirarki yang di namakan ‘The Big 7’ yang anggotanya news.*, comp.*, sci.*, soc.*, rec.*, talk. *, dan misc.*

Kelompok yang menjalankan The Big 7 ini di namakan dengan ‘Usenet’ yang dalam perkembangannya memiliki beberapa topic, obat-obatan, dan semacamnya yang tidak di perbolehkan untuk dapat masuk ke dalam The Big 7. Maka untuk dapat memecahkan masalahnya di buatlah hirarki baru yaitu ‘alt’.

Di tahun 1995 munculah hirarki baru yang di namakan ‘humanities’. Yang di dalamnya berisi tentang berita atau bahasa yang menyangkut akan literature, humaniora, filsafat, dan yang lainnya.

Semakin poppuler di gunakan maka pada akhirnya humanities masuk menjadi hirarki The Big 7 dan berubah Menjadi The Big 8.


Fungsi Newsgroup

  • Mengelompokkan berita-berita yang berguna untuk kelompok-kelompok berita tertentu.
  • Untuk saling berkomunikasi satu sama lain yang terdapat didalam sebuah forum.

Kategori Newsgroup

  • comp* – Sebuah diskusi dengan tema atau topik yang berhubungan dengan komputer.
  • news* – Sebuah diskusi dengan tema yang digunakan seputar usenet.
  • sci* – Sebuah diskusi dengan tema yang berkaitan dengan topik ilmiah.
  • rec* – Sebuah diskusi dengan tema yang berkaitan dengan rekreasi seperti game dan hobi.
  • soc* – Sebuah diskusi dengan tema atau topik yang berhubungan dengan sosial.
  • talk* – Sebuah diskusi dengan topik mengenai persoalan yang dapat diperdebatkan seperti tentang politik.
  • misc* – Sebuah diskusi dengan tema atau topik yang beragam yang tidak dalam kategori diatas.
  • humanities* – Sebuah diskusi yang digunakan untuk topik yang berhubungan dengan filsafat, literatur, dan sebagainya.

Cara Kerja Newsgroup

Cara kerja news group hampir sama dengan forum diskusi namun pemakaian news group ditujukan khusus untuk para anggota atau pelanggan.

Sebuah instansi atau perusahaan umumnya mempunyai sebuah server sendiri khusus untuk menampung news group mereka.

Mereka juga bisa mnyewa sebuah newsgroup yang dimiliki oleh perusahaan atau instansi lain, dan instansi atau perusahaan lain juga ada yang menyewakan newsgroup mereka untuk perusahaan lain.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Newsgroup : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Katagori Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :