Metamorfosis Semut

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Metamorfosis Semut.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Metamorfosis Semut? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Metamorfosis Semut : Pengertian dan Tahapan Proses Terlengkap


Pengertian Metamorfosis Semut

Semut merupakan salah satu serangga yang memiliki bentuk yang kecil, Meskipun kecil, warnanya cukup rumit.

Makhluk mungil ini mengalami banyak perubahan dan perkembangan selama masa hidupnya, dari telur hingga menjadi semut dewasa.

Ukuran tubuh semut hanya berkisar dari 2 hingga 25 milimeter. Warna semut biasanya kuning, coklat, merah hingga hitam. Semut adalah hewan yang sifatnya mirip dengan manusia yakni makhluk sosial.


Proses Tahapan Metamorfosis Semut

1. Fase Telur

Kehidupan semut dimulai dari telur. Apabila sel telur dibuahi, progeni akan diploid betina, namun jika tidak, itu akan menjadi haploid pria.


2. Fase Larva

Setelah melalui fase telur selanjutnya ke fase larva, Telur kecil menetas menjadi larva berbentuk cacing tanpa mata dan juga tanpa kaki.

Larva semut sebagian besar tidak bergerak dan diberi makan serta dirawat oleh semut pekerja.

Makanan diberikan pada larva oleh trophallaxis, sebuah proses yang unik di mana seekor semut memuntahkan makanan cair yang ada di temboloknya. Hal ini juga dilakukan oleh semut dewasa.

Larva, terutama pada tahap selanjutnya, mungkin juga diberikan makanan yang berbentuk padat, seperti telur trofik, potonfgan mangsa, dan benih yang dibawa oleh semut pekerja.

Larva tumbuh melalui serangkaian 4 bahkan 5 tahap molting dan memasuki tahap pupal.


3. Pupa

Bilamana larva cukup besar, maka metamorfosis menjadi pupa. Pupa terlihat seperti dengan semut dewasa, yang memebedakan antena dan sayapnya dilipat ke tubuh mereka.

Pada beberapa spesies, pupa tersebut diselubungi oleh kepompong yang ada di sekelilingnya untuk mendapat perlindungan.

Pada spesies lain, pupa masih belum ditemukan. Selama masa ini, pupa berubah menjadi semut dewasa.


4. Semut Dewasa (Imago)

Setelah memalui tahap-tahap diatas, akhirnya, pupa itu muncul sebagai semut dewasa. Semut dewasa bisa menjadi salah satu dari tiga kasta : Ratu, Pekerja wanita atau laki-laki.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Metamorfosis Semut : Pengertian, Tahapan Proses & Gambarnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :