Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Pemerintahan. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Pemerintahan? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 27 Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli

1. S. T. Simorangkir

Pemerintahan yaitu sebagai salah satu alat negara yang menjalankan tugas dan fungsi dari pemerintah.

2. C.F. Strong

Pemerintahan yakni salah satu aktivitas badan-badan publik yang terdiri dari kegiatan-kegiatan eksekutif, legislatif dan yuridis dalam upaya mencapai tujuan sebuah negara.

3. Ramlan Surbakti

Pemerintahan menyangkut tugas dan kewenangan, sedangkan pada pemerintah merupakan  suatu aparat yang menyelenggarakan tugas dan kewenangan negara.

4. Soewargono

Ilmu pemerintahan juga masih sering dipandang sebagai ilmu yang kurang jelas sosoknya. Pemerintahan dalam bahasa inggris disebut dengan government yang berasal dari bahasa latin gobernare, greek kybernan yang berarti mengemudikan, atau mengendalikan.

Baca Juga : Sistem Pemerintahan

5. Mac Iver

Pemerintahan merupakan suatu ilmu yang mengenai suatu cara bagaimana orang-orang bisa diperintah.

6. W.S. Sayre

Pemerintahan merupakan sebuah organisasi di suatu negara yang sedang menjalankan kekuasaannya.

7. H. A. Brasz

Pemerintahan ialah ilmu yang mempelajari bagaimana cara lembaga umum disusun & di fungsikan dengan baik secara ekstern & intern terhadap warga negaranya.

8. Rosenal

Pemerintahan ialah sebuah ilmu yang mempelajari tentang cara petunjuk kerja ekstern dan intern struktur juga melibatkan sebuah  proses pemerintahan secara global.

9. D. G. A. Van Poelje

Pemerintahan juga mengajarkan bagaimana dinas umum dapat disusun dan dipimpin dengan sebaik-baiknya.

10. U. Rosenthal

Pemerintahan yakni suatu ilmu yang menggeluti studi tentang penunjukkan cara kerja ke dalam dan keluar struktur dan proses pemerintahan umum.

11. Taliziduhu Ndraha

Pemerintahan yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana memenuhi dan melindungi kebutuhan dan tuntutan tiap orang akan jasa publik dan layanan sipil dalam suatu hubungan pemerintahan pada saat dibutuhkan oleh yang bersangkutan.

12. Musanaf

Pemerintahan ialah suatu ilmu yang dapat menguasai dan memimpin serta menyelidiki unsur-unsur dinas, berhubungan dengan keserasian ke dalam dan hubungan antara dinas-dinas itu dengan masyarakat yang kepentingannya diwakili oleh dinas itu.

13. Merriam

Tujuan dari pemerintah juga meliputi external security, internal order, justice, general welfare dan freedom.

14. Syafiie

Ilmu pemerintahan yakni salah satu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana melaksanakan pengurusan (eksekutif), pengaturan (legislatif), kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan (baik pusat dengan daerah, maupun rakyat dengan pemerintahnya) dalam berbagai peristiwa dan gejala pemerintahan, secara baik dan benar.

Baca Juga : Sistem Pemerintahan Presidensial

15. Woodrow Wilson

Pemerintahan merupakan suatu pengorganisasian kekuatan, tidak selalu berhubungan dengan organisasi kekuatan angkatan bersenjata, tetapi dua atau sekelompok orang dari sekian banyak kelompok orang yang dipersiapkan oleh suatu organisasi untuk mewujudkan maksud-maksud bersama mereka, dengan hal-hal yang memberikan keterangan bagi urusan-urusan umum kemasyarakatan.

16. Wilson

Pemerintah ialah suatu kekuatan pengorganisasian, tidak semua selalu dikaitkan dengan organisasi angkatan bersenjata, tetapi 2 atau sekelompok orang dari berbagai macam kelompok masyarakat yang diselenggarakan dari suatu organisasi agar mewujudkan suatu tujuan & sasaran dengan mereka, dengan cara memberikan hal-hal yang memperhatikan urusan publik.

17. Robert Mac Iver

Pemerintah adalah suatu organisasi yang dibentuk dari orang-orang yang mempunyai kekuasaan, bagaimana manusia itu bisa diperintah.

18. Samuel Edwar

Pemerintah juga harus memiliki kegiatan terus-menerus, di negara tempat kegiatan itu berlangsung, pejabat yang memerintah dengan cara dan metode serta sistem dari pemerintah terhadap masyarakat.

19. Apter

Pemerintah yaitu suatu anggota yang paling umum yang memiliki tanggung jawab tertentu untuk mempertahankan sistem yang mencakupnya itu adalah bagian dan monopoli praktis mengenai kekuasaan paksaaan.

20. Haryanto, dkk

Pemerintahan secara fungsional ialah sistem struktur & organisasi dari berbagai macam fungsi yang dijalankan atas dasar tertentu dalam mencapai tujuan sebuah negara.

21. Kusnardi

Pemerintahan sebagai urusan-urusan yng dilakukan oleh suatu negara dalam menyelenggarakan kesejahteraan rakyat atau warganya & kepentingan rakyatnya serta menjalankan dan melaksanakan tugas eksekutif, lehislatif dan yudikatif.

22. Syafie Inu Kencana

Pemerintahan merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara melaksanakan pengurusan badan eksekutif, pengaturan badan llegistlatif, kepemimpinan dan juga koordinasi pemerintahan baik pusat dengan daerahnya ataupun rakyat dengan pemerintahnya dalam segala peristiwa & gejala pemerintahan.

23. Utrech

Pemerintahan menjadi tiga (3) bentuk, yaitu sebagai berikut :

  • Pemerintahan sebgai gabungan dari semua badan kenegaraan yang berkuasa memerintah.
  • Pemerintahan sebagai gabungan badan-badn kenegaraaan tertinggi yang berkuasa memerintah disuatu negara.
  • Pemerintahan dalam arti kepada negara bersama dengan kabinetnya.

24. Suradinata

Pemerintah merupakan suatu yang mempunyai kekuatan yang sangat besar di sebuah negeri, termasuk urusan publik, teritorial, dan suatu urusan kekuasaan untuk mencapai tujuan negara.

25. H. Muhammad Rohidin Pranadjaja

Pemerintah kata perintah, yang memiliki arti kata-kata yang bertujuan disuruh melakukan sesuatu kegiatan, sesuatu yang harus dilakukan. Pemerintah merupakan orang-orang, badan ataupun aparat dihapus dan memberi perintah.

Baca Juga : Sistem Pemerintahan Semipresidensial

26. Ndraha

Pemerintah merupakan sesuatu peralatan di negara ataupun negara lembaga yang sangat memiliki fungsi sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan.

27. Affan

Pemerintah adalah kegiatan terorganisir oleh warga di wilayah negara berdasarkan atas dasar kedaulatan negara dan bersumber untuk mencapai tujuan dari warga di daerah itu sendiri.

Fungsi Pemerintahan

1. Fungsi Pelayanan

Secara umum pelayanan yang dilakukan pemerintah juga meliputi tentang pelayanan publik dan pelayanan sipil yang mengedepankan kesetaraan.

Beberapa pelayanan yang dilakukan pemerintah pusat mencakup masalah hubungan luar negeri, peradilan, keuangan, agama, pertahanan dan keamanan.

2. Fungsi Pengaturan

Dalam hal ini pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, memiliki fungsi untuk membuat suatu peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang hubungan manusia di dalam masyarakat agar kehidupan berjalan lebih harmonis dan dinamis.

3. Fungsi Pembangunan

Pemerintah juga berfungsi sebagai pemacu pembangunan, baik di pusat maupun di daerah-daerah. Pembangunan yang dimaksud di sini adalah pembangunan infrastruktur dan juga pembangunan mental spiritual warga negara.

4. Fungsi Pemberdayaan

Fungsi pemberdayaan ini bertujuan untuk mendukung otonomi daerah sehingga masing-masing daerah dapat mengelola sumber daya secara maksimal.

Untuk mencapai suatu tujuan tersebut maka pemerintah daerah harus meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam kegiatan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan.

Baca Juga : Presiden Adalah

Tujuan Pemerintahan

  • Melindungi hak asasi manusia, kebebasan, kesetaraan, perdamaian, dan keadilan bagi seluruh rakyatnya.
  • Menjunjung tinggi dan menjalankan konstitusi sehingga setiap warga negara diperlakukan dengan adil.
  • Menjaga perdamaian dan keamanan di dalam masyarakat dengan menerapkan hukum secara adil.
  • Melindungi kedaulatan bangsa dari berbagai unsur yang mengancam, baik dari dalam maupun dari luar.
  • Membuat dan menjaga sistem moneter sehingga memungkinkan perdagangan domestik dan internasional berjalan dengan baik.
  • Menarik pajak dan menetapkan APBN secara bijak sehingga pengeluaran negara tepat sasaran.
  • Membuka dan menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik.
  • Menjaga hubungan diplomatik dengan negara lain dengan cara membangun kerjasama di berbagai bidang.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.