Hewan Karnivora

Diposting pada

Hewan Karnivora : Pengertian, Ciri dan Contohnya Lengkap – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Karnivora.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Karnivora? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Karnivora : Pengertian, Ciri - Ciri dan Contoh Terlengkap


Pengertian Karnivora

Kata Karnivora berasal dari bahasa Latin “caro” yaitu “daging” dan “vorare” yaitu “makanan”. Hewan Karnivora merupakan salah satu hewan yang memakan daging.


Ciri-Ciri Hewan Karnivora

  • Makanan utamanya daging.
  • Sebagian hewan karnivora masuk kedalam hewan menyusui atau mamalia.
  • Termasuk kedalam hewan buas, meskipun ada juga yang tidak (seperti kucing).
  • Memiliki kuku dan taring yang tajam, berguna untuk mengoyak ngoyak daging mangsanya.
  • Memiliki kemampuan dalam berburu mangsa.
  • Sebagian besar nya hidup di darat.
  • Memiliki gerakan yang cepat
  • Sebagian besar hewan karnivora memiliki tulang belakang (vertebrata).
  • Penglihatan dan pendengarannya tajam

Contoh Hewan Karnivora

1. Ikan Hiu

Ikan hiu merupakan sekelompok ikan yang mempunyai kerangka tulang lengkap dan memiliki bentuk tubuh ramping. Hewan yang satu ini merupakan hewan karnivora yang hidup di dalam air.

Binatang ini bernafas dengan mengunakan lima liang insang bahkan kadang-kadang dengan enam sampai tujuh insang. Hal itu tergantung pada jenis spesies hiu itu sendiri.

Binatang ini memiliki tubuh yang dilapisi kulit demal denticles untuk melindungi tubuhnya dari kerusakan dan untuk menambah dinamika air. Hiu biasanya memiliki deret gigi yang bisa digantikan. Sebagian besar jenis hiu menjadi ikan pemangsa yang ganas.


2. Harimau

Harimau ialah hewan yang tergolong dalam hewan mamalia yang mempunyai tulang belakang dan berdarah panas. Harimau merupakan spesies kucing terbesar dari jenisnya, bahkan melebihi ukuran singa.

Harimau juga termasuk hewan karnivora, umumnya mereka memburu mangsa dengan ukuran badan agak besar.

Contohnya seperti rusa, kijang, domba, zebra, babi dan jenis hewan mamalia lainnya. jika hewan-hewan tesebut tidak ditemukan harimau, maka mereka mencari hewan dengan ukuran lebih kecil. Contohnya seperti landak.


3. Rajawali

Nama hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang ke-12 adalah Rajawali Totol. Hewan Rajawali Totol merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang banyak tersebar di hutan dataran rendah di Benua Eropa dan Benua Asia, seperti di Finlandia sampai ke Tiongkok.

Secara umum, hewan karnivora atau hewan pemakan daging ini mempunyai ciri yaitu, berukuran antara 62-74 centimeter, mempunyai bulu berwarna gelap pucat, dan bentuknya yang ramping. Kelebihan dari Rajawali Totol ini adalah dapat terbang tinggi dalam waktu yang lama.


4. Buaya

Buaya, selain binatang yang pemakan daging buaya juga termasuk anggota hewan reptil.

Hewan ini memiliki habitat utama di air tawar, danau, rawa dan lahan yang lembab. Meskipun ada sebagian kecil jenis buaya yang hidup di daerah perairan air payau atau danau.


5. Serigala

Serigala (Canis lupus) yaitu seekor hewan yang yang termasuk keluarga canidae (anjing) dengan kebiasaan melolongnya yang sangat mengerikan di tengah malam.

Hewan ini memburu beragam jenis animalia, terutama dari bangsa aves dan pengerat. Manusia juga bisa menjadi target buruannya jika persediaan makanannya sudah sangat terbatas.

Giginya yang tajam dan cakarnya yang runcing merupakan senjata utamanya dalam melumpuhkan mangsa.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Karnivora : Pengertian, Ciri – Ciri dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :