√ 38 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 38 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli [ TERLENGKAP ]


Beberapa ahli menyatakan akuntansi merupakan sebagai salah satu seni (keahlian), seni di estimasi, korespondensi dan menerjemahkan ataupun menguraikan latihan anggaran. Sebuah pemahaman yang lebih mendalam dari akuntansi merupakan estimasi gerakan, estimasi, interpretasi, menawarkan kepercayaan pada informasi, data yang akan membantu atau membantu ahli keuangan, brooker, direktur, ototritas biaya, kepala lain sehingga usaha, asosiasi, atau yayasan yang berbeda memiliki kapasitas untuk membuat tugas kekuatan aset. akuntansi rasa cara ini untuk, spesialis moneter dan akuntansi telah ditandai kontras dan lebih persamaan.

Akuntansi


38  Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli :

1. ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)

Mendefinisikan Akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang fadalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.


2. American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA)

Menyatakan bahwa akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya. dan meringkas dengan cara tertentu dalam ukuran fiskal, pertukaran dan kesempatan yang pada umumnya yang bersifat moneter dan dalam menguraikan hasil.


3. American Acounting Association (AAA)

Menyatakan bahwa akuntansi sebagai proses pengidentifikasian, pengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian, keputusan yang jelas dan tegas bagi semua yang menggunakan informasi tersebut.


4. Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison (Horngren Harrison,2007:4)

Menyatakan bahwa: Akuntansi merupakan sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.


5. Pengertian akuntansi menurut Warren dkk (2005:10)

Menyatakan bahwa: “secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.


6. Littleton (Muhammad, 2002:10)

Menyatakan: “tujuan utama dari akuntansi merupakan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). definis ini adalah inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.


7. Rudianto

Menyatakan bahwa akuntansi merupkan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.


8. Suparwoto L (1990 : 2)

Menyatakan bahwa akuntansi sebagai suatu system atau tehnik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak ekstern ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.


9. Arnold

Arnold mendefiniskani akuntansi dipandang sebagai suatu sistem untuk memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.


10. C. West Churman

sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.


11. Ikatan Akuntan Amerika

Menyatakan bahwa Akuntansi merupakan suatu potongan, estimasi, dan pelaporan data keuangan, yang memungkinkan sebuah penilaian dan pilihan membuat yang jelas dan tegas bagi individu yang memanfaatkan data.


12. AbuBakar A, & Wibowo

Menyatakan Bahwa Akuntansi merupakan prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.


13. Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Menyatakan bahwa Akuntansi merupakan sebuah proses pengindentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi supaya memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

Baca Juga :  √ Solidaritas Sosial : Pengertian Menurut Para Ahli, Bentuk dan Jenisnya Terlengkap

14. Soemarsono S.R (2004)

Menyatakan bahwa akuntansi merupakan suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang memakai informasi tersebut.


15. S. Munawir (2005)

Menyatakan bahwa akuntansi ialah sebuah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari pada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya sebagaian sifatnya keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, dan penafsiran terhadap hal-hal yang timbul dari padanya.


16. Henry Simamora (2005)

Menyatakan bahwa akuntansi ialah sebuah proses pengukuran kegiatan ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang bersangkutan.


17. Sofyan Harahap (2005)

Menyatakan bahwa akuntansi ialah sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi dalam hal mempertimbangkan berbagai alternatif dalam mengambil sebuah kesimpulan oleh para pemakainya.


18. Zaki Baridwan (2000)

Menyatakan bahwa akuntasi ialah sebuah aktivitas jasa, fungsinya yaitu memberikan data-data kuantitatif, utamanya yang mempunyai sifat keuangan, dari usaha ekonomi yang dapat dipakai dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam mempunyai alternatif-alternatif dalam suatu keadaan.


19. Mulyadi

Menyatakan bahwa akuntansi yang fungsinya sebagai alat mencatat dan menyajikan laporan keuangan untuk mempermudah manajemen dalam mengelola perusahaan.


20. Financial Accounting Standars Board (FASB)

Menyatakan bahwa akuntansi ialah sebuah kegiatan jasa yang fungsinya menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian dipakai untuk pengambilan keputusan ekonomi.


21. Warren dkk

Menyatakan bahwa akuntansi secara umum ialah sebuah sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak-pihak yang terkait atau yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.


22. Keputusan Menteri Keuangan

Menyatakan bahwa akuntansi ialah sebuah laporan pengumpulan, penganalisaan, pengklarifikasian, pencatatan, peringkasan dan pelaporan terhadap sebuah transaksi transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi yang membutuhkan informasi tersebut yang berguna untuk pengambilan sebuah keputusan.


23. Dr. M. Gede

Menyatakan bahwa akuntansi ialah suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dikerjakan secara terus menerus menurut aturan dan sistemnya, pengolahannya dan analisis catatan tersebut sehingga tersusun sebuah laporan keuangan sebagai suatu pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan ataupun lembaga terhadap kinerjanya.


24. Sophar Lumbantoruan

Akuntansi adalah alat yang digunakan sebagai bahasa bisnis dimana informasi yang disampaikan hanya mampu dipahami jika mekanisme akuntansi sudah dimengerti.


25. Accounting Principles Board

Menyatakan bahwa akuntansi ialah suatu aktivitas jasa yang fungsinya menyediakan informasi kuantitatif terutama yang sifatnya keuangan yang kemudian bisa dipakai untuk pengambilan keputusan ekonomi.


26. Kohler’s Dictionary

Menyatakan bahwa Akuntansi ialah sebuah seni pencatatan dari proses transaksi keuangan.


27. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menyatakan bahwa akuntansi ialah teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua aktivitasnya; hal yang berhubungan dengan akuntan; seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat sebuah transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.


28. Pengertian akuntansi menurut para ahli dalam bukunya tahun 2016 :

Menurut Kieso, et al. (2016:2) pengertian akuntansi ialah : “Accounting consist of the three basic activities —it identifies, records, and communicates the economft events of an organization to interest users. A company identifies the economic events relevant to its business and then records those events in order to provide a history of financial activities. Recording consists of keeping a systematic, chronological diary of events, measured in dollar and cents. Finally, communicates the collected information to interest user by means accounting reports are called financial statement”.

Penjelasan diatas bisa diartikan Akuntansi terdiri dari 3 aktivitas yang mendasar yakni identifikasi, pencatatan dan pengkomunikasian peristiwa ekonomi sebuah organisasi kepada pihak yang berkepentingan. Perusahaan mengidentifikasi peristiwa ekonomi sesuai dengan aktivitas usahanya dan mencatat peristiwa tersebut untuk menyediakan catatan kegiatan keuangan. Pencatatan dilaksanakan secara sistematis, kronologis setiap peristiwa, dalam satuan mata uang. Akhirnya pada pengkomunikasian kumpulan informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan dalam sebuah bentuk laporan akuntansi atau dikenal dengan laporan keuangan.

Baca Juga :  Persebaran Fauna di Inodensia Lengkap

29. Menurut Hans Kartikahadi, dkk. (2016:3) pengertian akuntansi adalah :

“Menyatakan bahwa akuntansi ialah suatu sistem informasi keuangan, yang bertujuan untuk menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan bagi berbagai pihak yang berkepentingan”.

Kesimpulan nya berarti akuntansi merupakan sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan Sebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan dan penginterpretasian hasil proses tersebut.


30. Paul Grady

Menurut Paul Grady menyatakan bahwa Akuntansi ialah sebagai tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, mengintepretasi semua transaksi dan kejadian serta karakters keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.


31. Menurut Firdaus A. Dunia

Menurut Firdaus A. Dunia menyatakan bahwa akuntansi adalah sebagai suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada berbagai pemakai atau pembuat keputusan mengenai kegiatan bisnis dari suatu kesatuan ekonomi.


32. Horngern (2000)

Menurut Horngern (2000) menyatakan bahwa akuntansi adalah sebagai proses pencatatan, pengukuran dan penyampaian-penyampaian informasi ekonomi agar dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijaksanaan.


33. Sunyanto (1999)

Menurut Sunyanto (1999) menyatakan bahwa akuntansi itu merupakan suatu tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian/pelaporan dari transaksi-transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya guna pengambilan keputusan.


34. Slamet Sugiri dan Bogat Agus Riyono (2008)

Menurut Slamet Sugiri dan Bogat Agus Riyono (2008) menyatakan bahwa akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang fungsinya ialah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, tentang entitas ekonomik yang dimaksud supaya berguna dalam pengambilan keputusan ekonomik dalam pengambilan ilihan-pilihan peralasan dari berbagai tindakan alternatif.


35. Wilopo (2005)

Menurut Wilopo (2005) menyatakan bahwa akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.


36. Winarno (2006)

Menurut Winarno (2006) menyatakan bahwa akuntansi ialah suatu proses mencatat dan mengolah data transaksi dan menyajikan sebuah informasi kepada pihak-pihak yang berhak dan berkepentingan.


37. Bastian dan Suharjono (2006)

Menurut Committee on Terminology of The American Institute of Certified Public Accountants dalam buku Bastian dan Suharjono (2006), akuntansi merupakan seni mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkan transaksi serta peristiwa yang sifatnya keuangan dengan suatu cara yang bermakna dan dalam satuan uang serta menginpretasikan hasil-hasilnya.


38. Kusnadi dalam bukunya Pengantar Akuntansi Keuangan tahun 2000

Sedangkan menurut Kusnadi dalam bukunya Pengantar Akuntansi Keuangan tahun 2000 menyatakan bahwa: “Akuntansi merupakan suatu seni atau keterampilan mengolah transaksi atau kejadian yang setidak-tidaknya dapat diukur dengan uang menjadi laporan keuangan dengan cara sedemikian rupa sistematisnya berdasarkan prinsip yang diakui umum sehingga para pihak yang berkepentingan atas perusahaan dapat mengetahui posisi keuangan dan hasil operasinya pada setiap waktu diperlukan dan daripadanya dapat diambil keputusan maupun pemilihan berbagai alternatif di bidang ekonomi.”


Tujuan Akuntansi

  • Bertujuan untuk menyiapkan sebuah laporan keuangan yang akurat supaya dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, contohnya seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik.
  • bertujuan untuk sebagai Pencatatan harian yang terlibat dalam suatu proses ini dikenal dengan sebutan pembukuan. Akuntansi keuangan yakni suatu cabang dari akuntansi yang dimana sebuah informasi keuangan pada sebuah bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan.
  • Auditing, yakni bertujuan untuk satu disiplin ilmu yang terkait tapi tetap terpisah dari akuntansi, ialah suatu proses yang dimana pemeriksa independen memeriksa sebuah laporan keuangan suatu organisasi untuk memberikan suatu pendapat atau opini – yang masuk akal tapi tak dijamin dengan sepenuhnya – mengenai kewajaran dan kesesuaiannya dengan suatu prinsip akuntansi yang berterima umum.
Baca Juga :  √ Bunga : Pengertian, Fungsi, Bagian, Jenis & Contohnya Lengkap

Macam-Macam Akuntansi

1. Akuntansi Keuangan (Financial atau General Accounting)

yakni dalam menyangkut suatu pencatatan transaksi-transaksi suatu perusahaan dan penyusunan sebuah laporan berkala yang dimana laporan tersebut dapat memberikan sebuah informasi yang dapat berguna bagi manajemen, para pemilik dan kreditor.


2. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)

auditing yakni suatu bidang yang menyangkut suatu pemeriksaan laporan-laporan keuangan yang melalui catatan akuntansi secara bebas yaitu suatu laporan keuangan tersebut diperiksa mengenai kejujuran dan kebenarannya.


3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi manajamen merupakan suatu bidang akuntansi yang memakai baik data historis ataupun data data taksiran dalam membantu manajemen untuk merencanakan sebuah operasi-operasi dimasa yang akan datang.


4. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)

Akuntansi perpajakan merupakan mencakup penyusunan sebuah laporan-laporan pajak dan pertimbangan tentang suatu konsekuensi-konsekuensi dari sebuah transaksi-transaksi perusahaan yang akan terjadi.


5. Akuntansi Budgeter (Budgetary Accounting)

Akuntansi Budgeter yakni suatu bidang akuntansi yang merencanakan suatu operasi-operasi keuangan (anggaran) untuk suatu periode dan memberikan sebuah perbandingan antara operasi-operasi yang sebenarnya dengan operasi yang direncanakan.


6. Akuntansi untuk Organisasi Nirlaba (Non profit Accounting)

jenis akuntansi yang satu ini ialah suatu bidang yang mengkhususkan diri dalam suatu pencatatan transaksi-transaksi perusahaan yang tidak mencari laba misalnya seperti organisasi keagamaan dan yayasan-yayasan sosial.


7. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya merupakan suatu bidang yang menekankan penentuan dan pemakaian biaya serta pengendalian biaya tersebut yang pada umumnya terdapat dalam sebuah perusahaan industri.


8. Sistem Akuntansi (Accounting System)

Sistem akuntansi yakni meliputi semua teknik, metode dan prosedur untuk mencatat dan mengolah data akuntansi dalam rangka mendapatkan sebuah pengendalian intern yang baik, yang dimana pengendalian intern itu ialah suatu sistem pengendalian yang didapatkan dengan adanya struktur organisasi yang memungkinkan adanya sebuah pembagian tugas dan sumber daya manusia yang cakap dan praktek-praktek yangn sehat.


9. Akuntansi Sosial (Social Accounting)

Dan yang terakhir akuntansi sosial yakni suatu bidang yang terbaru dalam akuntansi dan yang paling sulit untuk diterangkan secara singkat, karena menyangkut dana-dana kesejahteraan masyarakat.


Fungsi Akuntansi

  • berfungsi untuk mengetahui besarnya modal yang dimiliki suatu perusahaan
  • Berfungsi untuk mengetahui perkembangan nya maju mundurnya suatu perusahan
  • Berfungsi untuk sebagai dasar dalam perhitunngan pajak
  • Berfungsi untuk menjelaskan suatu keadaan perusahaan sewaktu-waktu memrlukan kredit dari bank atau pihak lainnya
  • Berfungsi sebagai dasar untuk menentukan suatu kebijakan yang akan ditempuh
  • Berfungsi untuk menarik minat investor saham bila sebuah perusahaan berbentuk perseroan terbatas

Itulah ulasan tentang √ 38 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli [ TERLENGKAP ], Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya :