Diskriminasi Adalah

Diposting pada

Diskriminasi : Pengertian, Bentuk, Karakteristik, Penyebab, Jenis & Contohnya Lengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Diskriminasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Diskriminasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Diskriminasi : Pengertian, Bentuk, Penyebab dan Jenis Terlengkap


Pengertian Diskriminasi

Diskriminasi merupakan salah satu tindakan atau perlakuan yang mencerminkan ketidakadilan terhadap individu atau kelompok tertentu yang disebabkan oleh adanya karakteristik khusus yang dimiliki oleh individu atau kelompok tersebut.


Perbedaan Karakteristik Diskriminasi

  • Perbedaan suku dan ras
  • Perbedaan kelas sosial
  • Perbedaan jenis kelamin (gender)
  • Perbedaan agama atau kepercayaan
  • Perbedaan pandangan politik
  • Perbedaan kondisi fisik

Jenis-Jenis Diskriminasi

1. Diskriminasi Langsung

Jenis diskriminasi langsung terjadi ketika hukum, peraturan atau suatu kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu.

Misalnya jenis kelamin, ras dan sebagainya dan memperlambat adanya peluang yang sama.


2. Diskriminasi Tidak Langsung

Terjadi ketika peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.


Penyebab Diskriminasi

1. Mekanisme Pertahanan Psikologi

Di dalam diri manusia terdapat suatu mekanisme pertahanan psikologi (projection) dimana seseorang memindahkan suatu karakteristik yang tidak disukai dalam dirinya kepada orang lain.


2. Perasaan Kecewa

Diskriminasi juga bisa terjadi karena adanya kekecewaan di dalam dirinya. Kekecewaan tersebut kemudian dilampiaskan kepada pihak yang dianggap sebagai ‘kambing hitam’ rasa kecewanya.


3. Adanya Sejarah

Diskriminasi terhadap negara atau ras tertentu dapat terjadi karena adanya sejarah masa lalu yang tidak menyenangkan terkait dengan negara atau ras tersebut.


4. Perasaan Tidak Selamat dan Rendah Diri

Ada banyak orang yang merasa terancam (insecure) dan rendah diri lalu kemudian berusaha untuk menenangkan dirinya dengan cara merendahkan orang lain. Hal tersebut kemudian menimbulkan perlakukan diskriminasi.


5. Persaingan dan Eksploitasi

Masyarakat modern pada umumnya lebih materialistik dan selalu bersaing satu sama lainnya.

Persaingan tersebut kemudian dapat menimbulkan diskriminasi terhadap individu atau kelompok tertentu agar dapat melakukan eksploitasi, mendapatkan kekayaan, kemewahan, dan kekuasaan.


6. Corak Sosialisasi

Sikap diskriminasi ternyata dapat dipelajari dan diwariskan oleh suatu generasi ke generasi berikutnya malalui proses sosialisasi.

Hal tersebut kemudian membentuk pandangan stereotip di dalam masyarakat terkait perilaku, cara kehidupan, dan lain-lain.


Bentuk Diskriminasi

1. Diskriminasi Umur

Individu mendapat pelayanan tidak adil karena tergolong dalam lingkungan umur tertentu. Seperti di negara Malaysia, remaja dianggap orang yang menimbulkan masalah hinggal muncul istilah masalah remaja.


2. Diskriminasi Gender (Jenis Kelamin)

Pelayanan tidak adil dikarenakan terhadap jenis kelamin mereka. Contoh adalah diperusahaan biasanya wanita menerima gaji lebih kecil daripada lelaki yang sama-sama satu bidang pekerjaan.


3. Diskriminasi Kesehatan

Pelayanan terhadap individu tidak adil dikarenakan kecacatan atau menderita penyakit tertentu.

Contohnya seseorang yang pernah mengalami sakit jiwa ditolak untuk mengisi jawatan tertentu, meskipun sudah sembuh dan mempunyai kemampuan yang diperlukan.


4. Diskriminasi Ras

Dikarenakan perpedaan ras, terkadang individu tidak diberikan pelayanan yang adil.


5. Diskriminasi Agama

Dalam agama juga ada diskriminasi berdasarkan agama yang dianut, terkadang diberikan pelayanan yang tidak sama/adil.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Diskriminasi : Pengertian, Bentuk, Penyebab dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :