Pengertian Kota Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kota.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kota? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 30 Pengertian Kota Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Kota Menurut Para Ahli

1. Permendagri 2 tahun 1987

Kota yaitu sebuah pusat permukiman dan kegiatan penduduk yang mempunyai batasan wilayah administrasi yang diatur dalam peraturan perundangan, serta permukiman yang telah memperlihatkan watak dan ciri kehidupan perkotaan.


2. Bintarto

Kota sebagai suatu sistim jaringan kehidupan yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan strata ekonomi yang heterogen dan bercorak materialistis. Masyarakat kota terdiri atas penduduk asli daerah tersebut dan pendatang.


3. Louis Wirth

Kota merupakan salah satu pemukiman yang berpenduduk relatif besar dengan kepadatan tinggi, memiliki luas area terbatas, serta pada umumnya bersifat non-agraris.


4. Max Weber

Kota yakni berbagai tempat yang penghuninya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya di pasar lokal.


5. Amos Rappoport

Kota adalah

  • Klasik Kota ialah salah satu pemukiman yang relatif besar, padat, dan permanen, terdiri dari kelompok individu-individu yang heterogen dari segi sosial
  • Modern Kota yaitu suatu permukiman yang dirumuskan bukan dari ciri morfologi kota tetapi dari suatu fungsi yang menciptakan ruang-ruang efektif melalui pengorganisasian ruang dan hierarki tertentu.

6. National Urban Development Strategy

Kota ialah sebagai pusat pelayanan, kegiatan produksi, distribusi, dan jasa yang mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitarnya.


7. Ir Sutami

Kota merupakan salah satu tempat koldip (Koleksi, distribusi, dan produksi).


8. Alan S. Burger

Kota yaitu berbagai permukiman yang permanen dengan penduduk heterogen. Kota juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terintegrasi membentuk suatu sistem sosial.


9. UU No.22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah

Kota yakni semua kawasan yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.


10. Jorge E. Hardoy

Kota ialah

  • Ukuran dan Jumlah penduduk besar terhadap masa dan tempat
    Bersifat permanen
  • Memiliki fungsi perkotaan minimum yaitu sebuah pasar, pusat administrasi, pusat militer, pusat keagamaan, dan pusat intelektualitas.
  • Heterogenitas masyarakat
  • Pusat pelayanan bagi lingkungan setempat (hinterland)
  • Tempat dimana masyarakat tinggal dan atau bekerja
  • Pusat kegiatan dan interaksi ekonomi

11. Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Kota adalah sebuah tempat dimana konsentrasi penduduk lebih padat dari wilayah sekitarnya karena terjadinya pemusatan kegiatan fungsional yang berkaitan dengan kegiatan atau aktivitas penduduknya.


12. Permendagri No.4 Tahun 1980

Kota sebagai suatu wadah yang memiliki batasan administrasi wilayah seperti kotamadya dan kota administratif. Kota juga berarti suatu lingkungan kehidupan perkotaan yang mempunyai ciri non agraris.


13. Northam

Kota merupakan sebuah lokasi yang memiliki kepadatan penduduk yang lebih tinggi dibandingkan dengan populasi.

Penduduk di lokasi tersebut tidak tergantung pada sektor pertanian maupun aktivitas ekonomi primer. Pada lokasi tersebut juga dijadikan sebagai pusat kebudayaan, ekonomi maupun administrasi bagi wilayah sekitar.


14. Grunfeld

Kota yaitu berbagai permukiman yang memiliki kepadatan penduduk lebih besar kepadatan wilayah nasional. Dimana mata pencaharian penduduk adalah nonagraris, serta sistem penggunaan tanah beragam. Wilayah tersebut ditutupi oleh gedung – gedung yang tinggi dan berdekatan.


15. Burkhad Hofmeister

KOta ialah sebuah pemusatan keruangan tempat tinggal serta tempat kerja yang memiliki kegiatan umum di sektor sekunder (perdagangan dan industri) dan tersier (pelayanan masyarakat dan jasa).


16. SMSAI (Standard Metropolitan Statistical Area) USA – Canada

Kota merupakan

  • Penduduknya 50.000 jiwa atau gabungan 2 kota dengan total penduduk 50.000 jiwa.
  • Merupakan gabungan kota-kota kecil dengan masing-masing jumlah penduduknya kurang lebih 15.000 jiwa.
  • Menunjukkan hubungan antara aspek ekonomi dan sosial.
    75% penduduknya bekerja di sektor non pertanian.
  • Mayoritas penduduk bekerja di kota.
  • Kepadatan penduduknya 375 jiwa / hektar.

17. UU No. 22 th. 1999 Tentang Otonomi Daerah

Kota yakni sebuah kawasan yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial dan kegiatan ekonomi.


18. Kamus Tata Ruang

Kota ialah beberapa pemukiman yang berpenduduk relatif besar, luas area terbatas, pada umumnya bersifat non-agraris, dan kepadatan penduduk relatif tinggi.


19. National Urban Development Strategy

Kota sebagai pusat pelayanan kegiatan produksi, distribusi dan jasa-jasa yang mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitarnya.


20. John Brickerhoff Jackson

Kota yaitu suatu tempat tinggal manusia yang merupakan manifestasi dari perencanaan dan perancangan yang dipenuhi oleh berbagi unsur seperti bangunan, jalan dan ruang terbuka hijau.


21. Djoko Sujarto

Kota adalah

  • Demografi
    Pemusatan penduduk tinggi dengan kepadatan tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya.
  • Sosiologi
    Adanya sifat heterogen, budaya – urbanisasi yang mendominasi budaya desa.
  • Ekonomi
    Adanya proporsi lapangan pekerjaan yang dominan di sekitar non pertanian seperti industri, pelayanan jasa, transport dan pedagang.
  • Fisik
    Dominasi wilayah terbangun dan struktur binaan.
  • Administrasi
    Suatu wilayah wewenang yang dibatasi oleh suatu wilayah yuridikasi yang ditetapkan berdasarkan peraturan yang berlaku.

22. Kostof

Kota yaitu sebuah tujuan dan kenangan terakhir dari perjuangan dan kemuliaan kita. ia adalah dimana kebanggaan dari masa lalu untuk dipamerkan.


23. Branch

Kota sebagai tempat tinggal dari beberapa ribu atau lebih penduduk, sedangkan perkotaan diartikan sebagai area terbangun dengan struktur dan jalan-jalan, sebagai suatu permukiman terpusat pada suatu area dengan kepadatan tertentu.


24. Peraturan Menteri Dalam Negeri

Kota yakni berbagai permukiman dan kegiatan penduduk yang mempunyai batasan wilayah administrasi yang diatur dalam peraturan perundangan serta permukiman yang telah memperlihatkan watak dan ciri kehidupan kekotaan.


25. Harris dan Ullman

Kota merupakan serangkaian pusat permukiman dan pemanfaatan bumi oleh manusla. Di tempat itu manusia unggul dataran mengeksploitasi bumi.


26. Hofmeister

Kota adalah semua pemusatan keruangan dari tempat tinggal dan tempat kerja manusia pertumbuhannya sebagian besar disebabkan oleh pendatang. serta mampu melayani kebutuhan barang dan jasa bagi wilayah yang letaknya jauh.


27. Christaller

Kota merupakan sebuah pusat pelayanan yang berfungsi sebagai penyelenggara dan penyedia jasa-jasa bagi wilayah sekitarnya.


28. Ditjen Cipta Karya

Kota ialah permukiman yang juga berpenduduk relative besar, luas areal terbatas, pada umumnya bersifat nonagraris, kepadatan penduduk relatif tinggi, tempat sekelompok orang dalam jumlah tertentu dan bertempat tinggal dalam suatu wilayah geografis tertentu, cenderung berpola hubungan rasional, ekonomis, dan individualistis.


29. Bhudy Tjahyati Soegiyoko

Kota sebagai pusat pelanan jasa, produksi, serta pintu gerbang atau simpul transportasi bagi kawasan permukiman dan wilayah produksi sekitarnya.


30. Marx dan Engels

Kota sebagai perserikatan yang dibentuk guna melindungi hak milik dan memperbanyak alat-alat produksi dan alat-alat yang diperlukan agar masing-masing anggota dapat mepertahankan diri.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 30 Pengertian Kota Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :